TwitterRssFacebook
Submit a New Listing

MARKETING INTERNET GAGAL? BAGAIMANA BISA?

MARKETING INTERNET GAGAL? BAGAIMANA BISA?

Banyak sekali tehnik dalam hal pemasaran, salah satunya adalah melalui internet yang disebut-sebut sebagai cara yang paling efektif dalam strategi dalam hal menambah jumlah pelanggan dan lebih cepat dalam hal meningkatkan penjualan. Banyak diantara para pemilik bisnis konvensional dan offline bahkan semakin menyadari pentingnya online marketing dan sekarang sudah mulai membangun website mereka sendiri atau bahkan tidak mau kalah dalam mempromosikan produk/jasa mereka melalui situs jejaring sosial.


Namun yang menjadi pertanyaan dalam pikiran sebagian pengusaha tersebut adalah, “Apakah dengan melakukan internet marketing, bisnis saya sudah pasti lancar?”, “Apakah semua pebisnis online itu akan sukses?”, “Mungkinkah internet marketing akan gagal?”. Lalu bagaimana jawabannya? Ingat baik-baik, dari setiap usaha atau perjuangan dalam hal memulai bisnis atau pemasaran itu akan selalu mengandung resiko mengalami kegagalan.
Berikut ini merupakan beberapa hal yang dapat menyebabkan strategi internet marketing banyak mengalami kegagalam :
1.    Tidak Ingin Melakukan Riset Terhadap Pasar Terlebih Dahulu.
Satu hal yang harus dipahami sebelum Anda melakukan internet marketing, yaitu melakukan riset pasar, hal itu sangat penting sebelum menyusun rencana bisnis online. Tanpa ini, para pebisnis pemula akan “buta internet” dan tidak akan mempertimbangkan faktor apa yang dapat menyokong kesuksesan bisnis mereka. Adapun tujuan riset pasar yakni mencakup pengembangan produk, minat konsumen, dan analisis kompetitor. Pencarian lokasi dan penentuan harga juga merupakan termasuk bagian di dalamnya. Bisa dibayangkan apabila riset pasar tidak dilakukan dengan baik, Anda tidak tahu bagaimana trend yang sedang berkembang dan tidak tahu permintaan pasar saat ini. Banyak sekali kegagalan dalam berbisnis terjadi karena sebelumnya tidak melakukan riset pasar.
2.    Tidak Mempelajari Tentang Strategi SEO.
SEO atau pengoptimasian website di mesin pencarian merupakan salah satu bagian penting dari internet marketing. SEO marketing. Setiap pemilik bisnis online harus memiliki pengetahuan yang baik dan keterampilan dalam melakukan SEO untuk membuat situs web mereka mendapatkan peringkat tertinggi atau muncul di posisi teratas pada hasil pencarian di Google.
Metode termudah dan paling efektif untuk mempelajari dasar-dasar SEO adalah dengan membaca dan menonton video tutorial. Alternatif lain adalah dengan mengambil kursus SEO yang umumnya dilakukan secara online. Jika Anda malas belajar tentang ini, Anda tidak akan memahami seluk beluk SEO dan dapat dengan mudah dikalahkan oleh para kompetitor bisnis Anda.
3.    Tidak Mau Memanfaatkan Sosmed dengan Optimal.
Pemasaran dari media sosial juga tak kalah pentingnya dalam hal mensukseskan internet marketing Anda.
Salah satunya adalah facebook merupakan salah satu di antara situs jaringan sosial paling populer saat ini. Untuk menjangkau pelanggan, Anda harus mampu membuat fans page di facebook. Dari sini Anda akan dapat berbagi dan link dari website bisnis Anda untuk mempromosikan produk atau jasa Anda. Pelanggan dapat menyukai dan mengomentari postingan. Situs jejaring sosial yang bagus untuk bisnis lainnya adalah Twitter, LinkedIn, dan Instagram.
Pastikan Anda harus selalu meng-update akun di sosmed dan berinteraksi dengan audience. Apabila tidak melakukan pemasaran dari media sosial secara optimal, ini juga akan menghambat kesuksesan internet marketing bisnis Anda.
4.    Tidak Mampu Menjaga Kepercayaan & Kepuasan dari Para Pelanggan.
Tingkat dari kepercayaan dan kepuasan para pelanggan akan memberikan pengaruh besar dalam kesuksesan berbisnis online. Jika Anda tidak mampu untuk mempertahankannya, mereka akan dengan mudahnya meninggalkan Anda dan berpaling kepada pesaing.
Bagaimana cara menjaga kepercayaan & kepuasan konsumen? Selalu jaga terus kualitas produk dan berikan pelayanan terbaik Anda tanpa pernah membeda-bedakan mereka. Memberi respon dengan cepat dan tanggap, menjawab setiap keluhan mereka, dan memberikan bantuan atas kesulitan mereka adalah tiga hal simpel yang harus selalu Anda terapkan.
Kurangnya pengetahuan dan minimnya kemampuan tentang internet marketing sebaiknya tidak menjadikan penghalang untuk mengembangkan bisnis Anda di dunia digital. Selalu gunakan jasa para ahli untuk membantu Anda jika diperlukan. Selamat mencoba dan semoga sukses selalu!

 

Groedu Inti Global Inovasi (Groedu Trainer Pengembangan SDM)
Cito Mall – Jl. A. Yani 288 (Bunderan Waru), Lantai UG, US 23, No. 3 & 5 Surabaya.

Telepon : 031-33311179
Hp : Frans : 0818521172 / Burhan : 088217561006
Fast Resopon Email : groedu_inti@hotmail.com

Submit a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>