TwitterRssFacebook
Submit a New Listing

PENYUSUNAN STRATEGI PEMASARAN BISNIS SUKSES

PENYUSUNAN STRATEGI PEMASARAN BISNIS SUKSES

Setiap bisnis selalu memiliki strategi mereka sendiri-sendiri. Namun unsur penyusunnya secara umum memang tetaplah sama dan beberapa unsur yang paling sering diterapkan dalam berbagai unsur strategi bisnis yang rata-rata sudah berhasil adalah beberapa mengandung unsur-unsur berikut ini di dalamnya.

1. Bermacam-macam Variasi Produk.

Suatu variasi produk atau jasa banyak memuungkinkan pelanggan untuk memenuhi kebutuhan mereka hanya dalam satu tempat saja. Hal ini juga dapat mendorong pertumbuhan perekonomian yang pada akhirnya akan memberikan keuntungan kepada para konsumen.
Namun sebaliknya, suatu variasi produk yang sedikit dapat memungkinkan Anda untuk menggali potensi produk tersebut dengan lebih dalam, dan mungkin termasuk banyak alternatif dalam hal berbagai jenis produk yang sama. Variasi produk yang sedikit juga dapat disandingkan dengan keahlian yang seksama pula.

2. Teknik Harga dan Kualitas Produk.

Dari segi harga dan kualitas adalah unsur strategi yang paling utama dan paling sering ditemukan dari kebanyakan bisnis. Strategi ini dapat digunakan dalam hal menghasilkan jenis produk atau jenis jasa yang berkualitas prima dan harga yang sesuai atau menghasilkan barang yang berbiaya tinggi dan menjualnya dengan harga yang tinggi, atau produk dengan rendah serta menjualnya dengan harga yang murah pula.

3. Produk Update Terbaru dan Lebih Canggih.

Selain dari ke dua unsur strategi diatas, kita juga harus menerapkan strategi penawaran produk yang terupdate, terbaru dan lebih canggih sebagai strategi bisnis kita. Biasanya produk-produk dengan teknologi yang terkini sudah memiliki harga yang lebih mahal apabila dibandingkan dengan produk yang telah lama ketinggalan zaman.

4. Produk yang Sedang Menjadi Trend.

Produk-produk yang selalu bergaya dan sudah menjadi trend masa kini dapat juga untuk dijual dengan harga premium, namun juga membutuhkan biaya desain yang lebih tinggi dan lebih berisiko tinggi karena keharusan untuk membeli dengan harga yang lebih mahal.

5. Produk yang Flexibel dan Terdesain (tercustomisasi).

Dari sekian banyak unsure strategi, salah satunya yang paling tidak berisiko tinggi dan kebanyakan untuk bisnis kecil adalah dengan menawarkan sejumlah customisasi (desain) yang biasanya tidak dapat disediakan oleh pabrikan/ corporat besar. Dengan begitu, bisnis kecil ini dapat membedakan penawaran mereka dari tawaran-tawaran yang selama ini sudah sangat baku dari perusahaan yang lebih besar.

6. Lahan Pasar.

Menawarkan suatu produk atau jasa yang lebih unik dan dapat memenuhi kebutuhan konsumen dari sebuah lahan pasar yang masih sangat terabaikan adalah strategi lain yang juga berisiko rendah dan bisa dilakukan oleh bisnis kecil. Biasanya volume produk yang lebih kecil membutuhkan biaya operasional yang lebih besar namun memiliki kompetitor yang lebih rendah juga dapat menjadi kompensasi dari biaya tersebut yang telah dikeluarkan.

7. Layanan Berkualitas Baik.

Unsur strategi lain yang secara umum mampu untuk diterapkan adalah dengan menyertakan sebuah layanan berkualitas pada saat menjual suatu produk. Cara ini diyakini akan dapat membedakan bisnis Anda secara lebih baik daripada para pesaing Anda yang hanya menawarkan sedikit atau bahkan tidak sama sekali menawarkan layanan tambahan.

 

Groedu Inti Global Inovasi (Groedu Trainer Pengembangan SDM)
Cito Mall – Jl. A. Yani 288 (Bunderan Waru), Lantai UG, US 23, No. 3 & 5 Surabaya.

Telepon : 031-33311179
Hp : Frans : 0818521172 / Burhan : 088217561006
Fast Resopon Email : groedu_inti@hotmail.com

Submit a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>