TwitterRssFacebook
Submit a New Listing

TIDAK MEMILIKI MODAL UNTUK PENGEMBANGAN BISNIS? INI SOLUSINYA

TIDAK MEMILIKI MODAL UNTUK PENGEMBANGAN BISNIS? INI SOLUSINYA

Jika sudah memiliki bisnis dan bisnis Anda sudah lama berjalan. Kini saatnya, Anda hanya fokus kepada bagaimana cara untuk mengembangkan bisnis tersebut.

Mengembangkan bisnis dapat dilakukan dengan berbagai macam cara.

 

Termasuk salah satunya urusan modal tentu merupakan prioritas utama yang harus Anda persiapkan. Meminjam modal dari perbankan dapat menjadi salah satu pilihannya. Namun apakah Anda mampu meneruskan bisnis tanpa pinjaman? Jawabanya tentu bisa TIDAK bisa juga IYA.

 

Anda dapat terus mengembangkan bisnis tanpa harus melalui pinjaman dana. Namun, pastikan saja arus kas dalam operasional bisnis Anda dalam posisi yang masih aman, stabil, dan terbilang baik.

 

Biasanya, yang menjadi ukuran utama dari keberhasilan suatu bisnis adalah seberapa besar profit yang telah dihasilkan oleh bisnisnya selama ini. Namun, yang tidak kalah pentingnya adalah neraca keuangan dari bisnis Anda. Selalu pastikan bahwa arus kas bisnis Anda terbilang bagus.

 

Ketika Anda mengetahui bahwa posisi kas mulai kosong pada neraca keuangan, hal ini merupakan salah satu indikasi bahwa bisnis Anda sedang tidak berjalan dengan baik. Segera perbaiki terlebih dahulu urusan arus keuangan perusahaan, sebelum memutuskan untuk mengembangkan bisnis Anda, apalagi dengan bermodalkan pinjaman dari bank sangatlah beresiko tinggi apabila dirasa tidak mampu untuk mengembalikan beserta bunganya. Jangan terlalu memaksakan diri jika belum siap untuk meminjam dari bank. karena, beban bunga yang tinggi akan semakin menjadikan keuangan perusahaan menjadi lebih memburuk lagi.

 

Jika Anda merasa ragu untuk meminjam dari bank, apakah ada solusi lain? Tentu saja ada. Anda dapat menggunakan alternatif lain selain meminjam uang dari bank.

 

Carilah (malaikat penyelamat) angel investor atau rekanan bisnis. Dana-dana CSR perusahaan, dana yang dengan mudah dapat cair dari pemerintah, atau dana bantuan bisa jadi sumber modal untuk pengembangan bisnis Anda. Diperlukan kredibilitas yangg sangat tinggi agar mampu mendapatkan modal tambahan ini.

 

Artinya adalah, selalu buktikan bahwa pengembangan bisnis Anda sangat berhak untuk mendapatkan pinjaman/suntikan/tambahan dana dalam proses mengembangkan bisnis Anda. Jika ide bisnis Anda sudah cemerlang, maka dengan mengajukan proposal yang baik, Anda bisa dengan mudah menarik perhatian para dermawan-dermawan ini untuk memberikan pinjaman lunak terhadap perkembangan bisnis Anda.

 

Tentu saja dengan, menunjukkan terlebih dahulu tingkat kredibilitas Anda yang sangat tinggi sebagai seorang pebisnis yang akan sukses dimasa mendatang.

 

Groedu Inti Global Inovasi (Groedu Trainer Pengembangan SDM)
Cito Mall – Jl. A. Yani 288 (Bunderan Waru), Lantai UG, US 23, No. 3 & 5 Surabaya.

Telepon : 031-33311179
Hp : Frans : 0818521172 / Burhan : 088217561006
Fast Resopon Email : groedu_inti@hotmail.com

Submit a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>