TwitterRssFacebook
Submit a New Listing

STRATEGI BAGAIMANA BERTAHAN DENGAN BISNIS MUSIMAN

STRATEGI BAGAIMANA BERTAHAN DENGAN BISNIS MUSIMAN

Seperti kebanyakan bisnis pada umumnya, memiliki bisnis yang bersifat musiman juga terdapat resiko dan tantangan tersendiri. Baik untuk tetap bertahan maupun ingin meraih untung besar, tentunya diperlukan suatu strategi yang terarah dan cukup matang.


Namun berikut ini merupakan beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam memulai dan menjalankan bisnis musiman :

1.    Product Knowledge (Mempelajari Kelebihan dan Kekurangan Produk)

Akan lebih baik jika Anda mau untuk mengkhususkan diri pada salah satu produk terlebih dahulu sebelum menawarkan aneka produk. Pejari betul tentang bagaimana proses produksinya sehingga menghasilkan produk tersebut yang bagus dan berkualitas.
Tidak perlu khawatir jika tetangga Anda juga membuat produk yang sama, pada akhirnya konsumen akan melihat bagaimana kualitas dari setiap produk.

2.    Strengthen Marketing (Memperkuat Pemasaran)

Sebagai salah satu kunci kesuksesan bisnis terdapat pada bagaimana strategi pemasarannya. Marketing harus selalu diperhatikan gunakanlah berbagai jalan pemasaran, berbagai layanan online diperuntukkan bagaimana untuk menjangkau pasar yang lebih luas lagi sedangkan media offline adalah untuk menjaga hubungan baik dengan konsumen yang sudah ada.

3.    Excess Production (Kelebihan Produksi)

Kasus dari kelebihan produksi menjadi salah satu yang paling sering terjadi, apalagi jika ternyata permintaan sampai tidak sesuai dengan harapan. Stok dari tahun kemarin dapat kita simpan rapi dan kita keluarkan lagi. Hanya tinggal menambahkan saja dengan pesanan baru, hal ini sekaligus akan banyak menghemat biaya produksi yang seringkali naik dari tahun ke tahun. Namun, pastikan produk tetap terjaga dengan baik kualitasnya agar selalu layak untuk jual lagi dan kualitasnya tetap bagus.

4.    Keuntungan Umumnya Datang Dalam Waktu Sekitar 1-2 Tahun Mendatang

Keuntungan dari bisnis musiman biasanya baru dapat dinikmati sekitar 1-2 tahun mendatang. Dua tahun pertama adalah saat yang paling sulit untuk bertahan, sedangkan tahun ke dua adalah tahun perkembangan dari bisnis jika sudah melewatu masa bertahan.

5.    Menjelajahi Bisnis Sama untuk Sepanjang Tahun

Bisnis musiman dapat dikembangkan menjadi bisnis sepanjang tahun. Kuncinya adalah, usahakan untuk selalu berinovasi dalam menyesuaikan produk dengan permintaan dari pasar.

 

Groedu Inti Global Inovasi (Groedu Trainer Pengembangan SDM)
Cito Mall – Jl. A. Yani 288 (Bunderan Waru), Lantai UG, US 23, No. 3 & 5 Surabaya.

Telepon : 031-33311179
Hp : Frans : 0818521172 / Burhan : 088217561006
Fast Respon Email : groedu_inti@hotmail.com

Submit a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>