TwitterRssFacebook
Submit a New Listing

HAL TERPENTING SEBELUM MEMASARKAN PRODUK UNTUK GO INTERNATIONAL

HAL TERPENTING SEBELUM MEMASARKAN PRODUK UNTUK GO INTERNATIONAL

Untuk kebanyakan pengusaha terutama dalam lingkup kerajinan tangan Nasional sangat berpotensi besar agar dapat memasarkan produknya sampai menembus ke luar negeri. Apalagi jika melihat begitu besarnya potensi Indonesia dengan beraneka ragam banyaknya produk usaha kecil menengah (UKM) kreatif dari berbagai sektor pada setiap daerah penghasil kerajinan tangan yang jenisnya sangat beragam.
Hal pertama kali yang harus dilakukan untuk seorang pengusaha kerajinan yang ingin sekali memasarkan produknya berskala luar negeri adalah dengan start awal memulai tes pasar dengan cara browsing online terlebih dahulu. karena, tentunya, harus melakukan tindakan manajemen resiko terlebih dahulu sebelum memulai untuk melangkah ke tahap yang lebih jauh.

 


Ya tentunya jika menginginkan produknya untuk Go International harus dicoba dengan yang tidak ada resikonya terlebih dahulu. Misalnya sekarang browsing melalui internet terlebih dahulu, nanti jika sudah mendapat sambutan positif baru langkah selanjutnya adalah mencoba dengan cara offline, cara yang paling aman kan hanya menggunakan internet. Tetapi, di internet kita juga harus ingat, bahwa kita akan bersaing dengan banyak orang pengguna internet lain.
Manajemen resiko sangat perlu untuk dilakukan bagi seorang pengusaha, agar dapat meminimalisir sekecil mungkin akan terjadinya resiko yang tidak diinginkan. Karena, perlu adanya pertimbangan perihal resiko dalam setiap pengambilan keputusan dalam dunia usaha.
Dengan negara lain itu melalu cara online terlebih dahulu baru langkah selanjutnya jika sudah jalan maka dilanjutkan dengan cara offline.
Perkembangan dunia bisnis saat ini yang membutuhkan para pebisnis yang bejiwa wirausahawan atau enterpreneurship di Indonesia sangat perlu untuk dikembangkan dan ditingkatkan kepada level yang lebih tinggi lagi.
Hal ini sangatlah beralasan, lantaran dari 57 juta pengusaha usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia, mayoritasnya adalah pengusaha dengan skala mikro sebesar 90 persen, sementara untuk usaha skala kecil dan menengah masih sangat sedikit sekali.
“Jadi harapan selanjutnya adalah UMKM ini benar-benar harus berjiwa enterpreunership, artinya adalah jiwa pengusaha itu kan tidak pernah merasa putus asa, jatuh bangun lagi, begitu jatuh langsung bangun lagi, terus begitu selanjutnya benar-benar merasakan apa itu yang namanya kesuksesan. Setidaknya pengusaha juga harus memili tiga syarat penting yang mutlak harus sepenuhnya dimiliki oleh seorang wirausahawan sejati yaitu :
1. Enterprenership (Berjiwa Wirausahawan).
2. Produktivity (Produktivitas).
dan
3. Creativity (Kreativitas).

 

Groedu Inti Global Inovasi (Groedu Trainer Pengembangan SDM)
Cito Mall – Jl. A. Yani 288 (Bunderan Waru), Lantai UG, US 23, No. 3 & 5 Surabaya.

Telepon : 031-33311179
Hp : Frans : 0818521172 / Burhan : 088217561006
Fast Respon Email : groedu_inti@hotmail.com

Submit a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>