TwitterRssFacebook
Submit a New Listing

BAGAIMANA MEMPERTAHANKAN CIRI KHAS BISNIS SENDIRI

BAGAIMANA MEMPERTAHANKAN CIRI KHAS BISNIS SENDIRI

Saat Anda sedang menjalankan operasional suatu bisnis, tentunya Anda akan mulai menghadapi bermacam-macam kendala dan tantangan dalam mengembangkan sayap bisnis Anda, tak terkecuali berusaha untuk mengimbangi persaingan bisnis.

Setiap bisnis apapun yang sedang Anda jalankan tentunya memiliki ciri khasnya masing-masing menurut jenisnya masing-masing. Dan dalam rangka untuk mempertahankan suatu ciri khas bisnis memanglah bukan suatu perkara yang mudah. Namun bukan berarti tidak mungkin bagi Anda untuk tidak mampu untuk melakukannya.

Berikut beberapa tips pertahankan ciri khas bisnis agar tak seragam dengan pelaku bisnis lainnya :

1. Mentukan Identitas Warna Produk.

Dalam kehidupan sehari-hari tanpa Anda sadari sudah melihat begitu banyak warna, mulai dari bangun tidur, sampai ketika Anda akan tertidur kembali. Warna sebenarnya juga sangat penting terhadap sebuah produk atau bisnis. Kebanyakan, dari pelanggan akan selalu teringat dengan warna tertentu dari bisnis Anda dan akan langsung menghubungkannya dengan suatu bisnis tertentu. Sehingga, sangat penting untuk sebuah warna sebagai ciri khas atau identitas bagi bisnis Anda.

2. Panggilan dan Sapaan Terhadap Para Konsumen Anda.

Bisnis yang ideal adalah bisnis yang seringkali menyapa para konsumennya dengan panggilan tertentu. Hal tersebut akan banyak memberikan kesan santai dan hangat pada Anda maupun pada bisnis Anda, juga agar tidak terkesan terlalu kaku terhadap konsumen. Berhati-hatilah dalam pemilihan panggilan sapa terhadap mereka, usahakan agar tidak terkesan menyinggung perasaan dari para calon konsumen Anda.

3. Bagaimana Menyajikan Produk Pada Media Sosial.

Apapun dapat ditampilkan pada media sosial, setidaknya Anda harus memperhatikan sampai kepada kualitas penyajian dari produk atau tawaran jasa dari bisnis yang sedang Anda jalankan. Untuk mendapatkan kualitas dari produk terbaik, seorang pebisnis professional harus pandai dalam mengetahui seberapa besar ukuran dari calon konsumen yang akan menggunakan bisnis. Pastikan penyajian bisnis Anda sudah bersifat universal, tidak terlalu kaku, dan juga sama sekali tidak terkesan kekanak-kanakan.

4. Usahakan Untuk Tidak Menjiplak Gaya dari Bisnis Para Pesaing.

Selalu behati-hatilah, bahwa berbisnis bukan hanya tentang bagaimana bisa mengikuti berbagai peluang-peluang bisnis yang muncul dan selalu berkembang. Akan tetapi sebaiknya bisnis Anda dapat memberikan hal baru yang tidak sama dengan bisnis yang lainnya.
Walaupun pada akhirnya akan selalu ada saja yang mengikuti atau plagiat terhadap bisnis Anda, namun setidaknya konsumen akan tahu mana yang berkualitas baik dan mana juga yang hanya berusaha untuk ikut-ikutan saja. Percayalah terhadap diri sendiri dan gaya konten dari bisnis yang sudah Anda miliki.

5. Tidak Hanya Sekedar Keuntungan Semata. Namun Hadiah Sangatlah Penting.

Banyak diantara sebagian besar dari para pebisnis yang mengira bahwa berbisnis hanya sekedar tentang untung dan rugi. Namun akan lebih bagus lagi jika Anda dapat membuat konsumen menjadi sangat loyal terhadap bisnis Anda. Sekali-kali, berikan mereka hadiah agar hubungan bisnis Anda dengan para konsumen menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya.

 

Groedu Inti Global Inovasi (Groedu Trainer Pengembangan SDM)
Cito Mall – Jl. A. Yani 288 (Bunderan Waru), Lantai UG, US 23, No. 3 & 5 Surabaya.

Telepon : 031-33311179
Hp : Frans : 0818521172 / Burhan : 088217561006
Fast Respon Email : groedu_inti@hotmail.com

Submit a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>