TwitterRssFacebook
Submit a New Listing

MEMINIMALKAN KEGAGALAN BISNIS DENGAN TIPS INI

MEMINIMALKAN KEGAGALAN BISNIS DENGAN TIPS INI

Bagi kebanyakan pengusaha yang sudah mulai merintis bisnisnya sejak mulai dari nol. Membangun dan berusaha untuk mengembangkan bisnisnya sendiri merupakan hal yang sama sekali tidak mudah untuk dilakukan, banyak diantara para calon pebisnis yang sudah mulai merasa ketakutan terlebih dahulu akan bayangan resiko apa saja yang akan menimpa mereka sebelum akhirnya akan melangkah secara lebih jauh untuk pengembangan bisnisnya. Banyak hal yang menjadikan mereka semakin takut, salah satunya diantaranya banyak dialami oleh para pebisnis amatiran adalah bayangan kegagalan bisnisnya atau dihantui rasa akan kegagal berkembang dan ancaman kebangkrutan yang sudah diujung tanduk.


Kegagalan merupakan hal yang wajar dan biasanya ditakuti oleh para pebisnis muda, bagaimana tidak, saat situasi tersebut terjadi seseorang akan dapat sangat terpuruk bahkan merasa hidupnya tidak sudah tidak ada harapan lagi.

Lalu bagaimana seharusnya strategi untuk membangun bisnis agar tidak mudah gagal, atau memiliki resiko kegagalan yang terlampau kecil? Perhatikan baik-baik tips berikut ini.

1. Memilih Bisnis yang Minim Persaingan.

Jika Anda sudah memilih bisnis yang minim akan persaingan, maka Anda tidak akan pernah kalah. Bagaimana bisa dengan mudah dikalahkan, jika tidak ada persaingan. Tahukah Anda, bahwa masih banyak peluang-peluang bisnis yang minim persaingan? Yang terpenting adalah Anda harus lebih jeli untuk menangkap peluang tersebut secepatnya. Anda tidak akan merasa gagal, jika tidak ada persaingan yang penting.

2. Memilih Ide Bisnis yang Differensial.

Apabila Anda bayangkan, saat Anda sudah berada pada zona tanpa persaingan, kemudian Anda mendapatkan ide bisnis yang brilian dan lebih berbeda dengan para pebisnis lain. Maka ide bisnis terbaik tersebut, bukan sekedar ide asal-asalan saja. Uang datang dari ide hebat Anda. Maka sudah menjadi jaminan bahwa Anda tidak akan gagal, jika ide bisnis Anda benar-benar berbeda dengan ide orang lain.

3. Mengetahui Apa Saja Yang Menjadi Kebutuhan Dan Bagaimana Cara Untuk Mendapatkannya.

Bingung merupakan salah satu penyebab utama dari kegagalan bisnis Anda. Bagaimana jika Anda tidak bingung lagi? Selama Anda tidak malas untuk bertindak, maka Anda tidak akan pernah gagal.

4. Tetap Terus Berusaha yang Terbaik.

Sangat penting artinya bagi Anda untuk memiliki semangat pantang menyerah dan pantang mundur, penuh determinasi, selalu berusaha untuk menghasilkan, dan otomatis mengarah kepada keberhasilan. Intinya adalah jangan berhenti untuk berusaha, mencoba, dan memperbaiki kesalahan dimasa lalu.

5. Mengelola Sumber Daya Menjadi Sebaik Mungkin.

Mencoba untuk mengarahkan segala sumber daya yang ada agar mampu bergerak secara bersamaan ke arah tujuan bisnis yang sudah Anda tetapkan sebelumnya. Kuncinya adalah : dengan menggali potensi seoptimal mungkin dari segala sumber daya yang Anda miliki saat ini. Jika Anda mampu untuk menggali segala potensi yang ada di dalam bisnis Anda, maka bisnis Anda akan dapat berjalan dan berkembang dengan baik dimasa mendatang.

 

Groedu Inti Global Inovasi (Groedu Trainer Pengembangan SDM)
Cito Mall – Jl. A. Yani 288 (Bunderan Waru), Lantai UG, US 23, No. 3 & 5 Surabaya.

Telepon : 031-33311179
Hp : Frans : 0818521172 / Burhan : 088217561006
Fast Respon Email : groedu_inti@hotmail.com

Submit a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>