TwitterRssFacebook
Submit a New Listing

STRATEGI MARKETING BERBIAYA MURAH UNTUK MEMAKSIMALKAN PENJUALAN

STRATEGI MARKETING BERBIAYA MURAH UNTUK MEMAKSIMALKAN PENJUALAN

Apakah Anda berkeinginan untuk dapat menggenjot nilai dari peningkatan penjualan dengan marketing yang semakin heboh dan wah, apakah kekuatan dana Anda masih belum mencukupi untuk melakukannya. Mungkinkah dapat membayar marketing dengan biaya murah namun lebih efektif dalam menghasilkan penjualan secara maksimal?

 

 

Sebenarnya sangat banyak sekali cara pemasaran dari marketing yang termasuk berbiaya murah, dan ini hanyalah beberapanya saja. Kreatifitas Anda sangat diperlukan dalam hal ini. Karena keterbatasan dana hanyalah tantangan yang harus bisa Anda taklukkan sendiri sebagai seorang entrepreneur sejati.

1. Mempergunakan Komunitas Bisnis.

Jika Anda suka bersosialisasi maka inilah gunanya berkomunitas, Anda bisa dengan mudah untuk mendapatkan pelanggan dari komunitas ini. Anda tidak perlu repot-repot berpikir bagaimana untuk mengiklankan bisnis Anda. Lihatlah terlebih dahulu disekeliling Anda, Anda juga harus lebih cermat dalam memanfaatkan komunitas yang sudah ada disekitar Anda. Jika Anda tidak pernah mengikuti komunitas, maka Anda harus segera bergabung dan sesegera mungkin untuk menjjelaskan seperti apa model bisnis Anda kepada mereka semua.

2. Teknik Kolaborasi Kerjasama Pemasaran dengan Para Pengusaha Lain.

Anda bisa melakukan kolaborasi dengan bisnis lain. Ini bukan kolaborasi yang mengharuskan Anda merger. Anda bisa menggunakan cara lain seperti bertukar pamphlet atau menggunakan voucher promosi. Cara ini juga berguna untuk bertukar pengalaman antar pebisnis. Ini sering juga disebut bundling. Ajaklah teman anda yang juga menjual barang untuk membuat paket jualan bersama. Misal, jika anda berjualan sabun atau shampo, anda bisa bekerjasama dengan teman anda yang buka jasa Salon Kecantikan untuk promo bersama. Misal, bersama-sama bikin brosur atau alat promosi lain seperti ini: Dapatkan paket perawatan wajah plus-plus, gratis shampo “anda”. Dan sebagainya.

3. Dengan Halus Meminta Para Pelanggan Untuk Mengajak Teman Mereka.

Meskipun sebenarnya seperti terlihat sebagai strategi yang sangat remeh dan sepele, hal ini merupakan hal yang lumayan penting dalam dunia bisnis. Misalnya saja, Anda dapat melihat mana pelanggan yang senang dengan produk Anda. Dan jangan ragu untuk memberitahu mereka agar lebih banyak mengajak beberapa teman agar juga menggunakan produk dari Anda. Cara ini sangat ampuh, jika Anda bingung sebenarnya ini merupakan cara apa, ini adalah cara promosi dari mulut ke mulut. Atau Anda bisa mempergunakan sistem member-get-member, yang memberikan komisi kepada pelanggan Anda yang mengajak temannya. Komisi tidak harus berupa uang, namun bisa berupa diskon produk Anda yang lain atau sekedar buah tangan atau gift saja.

4. Berikan Diskon Yang Sesuai.

Jangan malu dan ragu-ragu dalam memberikan diskon kepada para pelanggan setia Anda. Misalnya saja, Anda dapat memberikan diskon ketika sudah membeli produk Anda 3 sampai 4 kali. Cara ini terbukti sangat ampuh untuk dapat menarik pelanggan baru. Gunakan juga kupon yang dapat dikumpulkan beberapa kali untuk mendapatkan potongan harga atau bahkan barang gratis dari produk Anda. Selain diskon, Anda juga dapat memberikan sample atau gratisan terlebih dahulu.

5. Andalah Marketer Profesionalnya.

Hal ini merupakan cara terakhir, Anda yang menjadi marketing untuk bisnis Anda sendiri. Sebenarnya, ini adalah hal yang wajib Anda lakukan, Anda harus habis-habisan dalam mempromosikan bisnis Anda sendiri. Ini adalah cara marketing yang paling murah dan bahkan gratis serta lebih efisien. Walaupun Anda tidak terlalu bisa dalam hal berpromosi, Anda dapat mempergunakan cara lain. Misalnya saja bertukar kartu nama atau berpromosi melalui media sosial pribadi Anda. Pertama yang bisa Anda lakukan adalah Anda dapat berpromosi kepada keluarga, saudara dan teman-teman terdekat Anda sendiri.

 

Groedu Inti Global Inovasi (Groedu Trainer Pengembangan SDM)
Cito Mall – Jl. A. Yani 288 (Bunderan Waru), Lantai UG, US 23, No. 3 & 5 Surabaya.

Telepon : 031-33311179
Hp : Frans : 0818521172 / Burhan : 088217561006
Fast Respon Email : groedu_inti@hotmail.com

Submit a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>