TwitterRssFacebook
Submit a New Listing

STRATEGI BAGAIMANA MENJALANKAN BISNIS DENGAN KELUARGA SENDIRI

STRATEGI BAGAIMANA MENJALANKAN BISNIS DENGAN KELUARGA SENDIRI

Banyak diantara para pebisnis, terutama pebisnis baru yang memilih untuk menjalankan bisnis milik sendiri dengan keluarga. Diantara alasan mereka adalah agar segala sesuatunya dapat berjalan dengan lebih baik dan dapat memperoleh keuntungan yang lebih besar daripada Anda harus melakukan bisnis dengan orang selain keluarga. Namun, beberapa kendala pun terkadang pasti akan terjadi apabila Anda melakukan bisnis dengan keluarga. Lalu bagaimana cara kita dalam menghadapinya?

1. Menjalin Komunikasi yang Baik.

Syarat Pertama dan yang terpenting, sebelum Anda menjalankan bisnis dengan keluarga adalah bagaimana cara Anda dalam melakukan komunikasi dengan baik dan jelas terhadap mereka. Karenanya, jika suatu ketika saat bisnis Anda sudah berjalan dengan baik dan terjadi suatu hal yang sama sekali tidak Anda diinginkan, setidaknya Anda sudah tidak merasa terkejut karena segala sesuatunya sebelumnya sudah dibicarakan sejak dari awal. Sampaikan apapun segala sesuatunya sedetil dan sejelas mungkin agar bisnis Anda dapat berjalan dengan lancar.

2. Perjanjian Hitam di Atas Putih.

Meskipun Anda sedang menjalankan bisnis dengan keluarga, bukan berarti Anda dapat melupakan perjanjian hitam di atas putih karena memandang hubungan keluarga. Mengapa hal ini harus dilakukan? Untuk berjaga-jaga, jika suatu saat nanti terjadi suatu kendala yang dapat merugikan bisnis kita serta diri sendiri, maka untuk penyelesaian masalah ini dapat dilakukan dengan baik dengan perjanjian hitam diatas putih.

Selain itu, manfaat lainnya membuat perjanjian terhadap keluarga sendiri juga akan dapat memberikan keuntungan dan menghindari kerugian dari kedua belah pihak. Gunakanlah jasa pengacara (bila perlu) untuk dapat menjadi saksi dalam melakukan perjanjian tersebut. Agar bisnis dapat berjalan dan hubungan baik keluarga pun akan tetap terjaga dengan harmonis.

3. Adanya Pembagian Tugas Kerja.

Satu Hal terpenting sebelum Anda menjalin hubungan bisnis dengan keluarga adalah dengan cara menentukan pembagian kerja yang jelas untuk kedua belah pihak. Lakukanlah pekerjaan yang memang sudah menjadi tanggungjawab Anda sendiri. Dengan adanya pembagian tersebut, maka saat bisnis Anda sudah berjalan, Anda tidak akan menemui banyak kendala yang berarti tentang tanggungjawab kerja.

4. Menjaga Tingkat Profesionalisme.

Menjadi profesional adalah satu satu hal terpenting yang perlu untuk dilakukan jika Anda sudah menjalankan bisnis bersama dengan keluarga. Jika seandainya suatu saat terjadi konflik pribadi diantara Anda dan keluarga, maka sebaiknya segera selesaikanlah dengan jalan baik-baik. Jangan pula selalu menghubung-hubungkan permasalahan tersebut dalam bisnis Anda karena akan dapat menjadikan bisnis Anda sampai terbengkalai dan tidak akan berjalan dengan sewajarnya.

 

 

Groedu Inti Global Inovasi (Groedu Trainer Pengembangan SDM)
Cito Mall – Jl. A. Yani 288 (Bunderan Waru), Lantai UG, US 23, No. 3 & 5 Surabaya.

Telepon : 031-33311179
Hp : Frans : 0818521172 / Burhan : 088217561006
Fast Respon Email : groedu_inti@hotmail.com

Submit a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>