TwitterRssFacebook
Submit a New Listing

TIPS SUKSES SUKSES BAGAIMANA DALAM MERANCANG DAN MELAKSANAKAN MARKETING PLAN DARI BISNIS ANDA SENDIRI

TIPS SUKSES SUKSES BAGAIMANA DALAM MERANCANG DAN MELAKSANAKAN MARKETING PLAN DARI BISNIS ANDA SENDIRI

Bagaimana untuk kiat sukses dalam merancang dan mengaplikasikan marketing plan? Kunci utamanya adalah melalui eksekusi  plan, kemudian selenjutnya adalah eksekusi, eksekusi, dan eksekusi lagi.

Untuk apa sebenarnya marketing plan yang hebat, namun sama sekali tidak diwujudkan?
Kehebatan dari dibuatnya marketing plan, sama sekali tidak akan ada artinya jika sama sekali tidak dilakukan (hanya akan menjadi sebuah omong kosong belaka). Bagaimana caranya untuk dapat merancang marketing plan agar benar-benar bisa untuk dilakukan? Semuanya akan tergantung dari setiap kemampuan dan sumber-sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan.

Sebenarnya, apabila sehebat apa pun marketing plan, namun jika kita memiliki banyak waktu yang cukup dan berbagai sumber daya yang sudah memadai, maka mungkin saja kita akan bisa langsung mengeksekusinya (dan tidak semuanya bisa berjalan dengan mudah). Namun demikian adanya, kita hanya perlu memiliki keyakinan yang kuat dan mampu melihat bagaimana kondisi serta seperti apa situasi bisnis kita untuk saat ini.

Bukan berarti mana saja yang perlu dan mana saja yang sama sekali tidak perlu. Semua aspek pemasaran itus sebenarnya sangatlah penting, mulai dari branding (merek), bagaimana proses distribusi berlangsung, dan selling (ujung tombak penjualan produk). Semuanya sama-sama penting, akan tetapi kita harus melihat terlebih dahulu bagaimana kondisi bisnis kita, dari sisi mana yang harus lebih untuk kita fokuskan? Apakah dari sisi branding? ataukah dari sisi kelancaran distribusi produknya? Apakah dari sisi selling yang membutuhkan perhatian khusus? Semuanya sama sama penting, namun dari sisi mana yang memang jauh lebih penting untuk kita prioritaskan?

Bisa jadi, bagi para pebisnis pemula, tentunya akan jauh menjadi lebih baik untuk mengutamakan selling. Segala daya dan upaya dari sisi pemasaran harus diusahakan agar mampu menciptakan penjualan secara langsung, agar cash flow bisa langsung mengalir.

Akan sangt berberbeda jadinya, saat cash flow sudah benar-benar mengalir, kemudian dari proses distribusi sudah benar-benar siap, branding akan menjadi sangat penting untuk bisa menjadi prioritas. Jadi, untuk tips sukses dalam hal merancang dan mengaplikasikan dari dari marketing plan adalah sebagai berikut :

1. Prioritas Utama dan Fokus.

lalu, bagaimana dalam menentukan prioritas berikut adalah 4 langkah kecil yang setidaknya bisa Anda lakukan untuk menentukan prioritas dalam bisnis maupun dalam kehidupan Anda :

1.    Menuliskan segala aktivitas Anda dalam bisnis, baik itu adalah ativitas jangka pendek maupun juga panjang dalam waktu tertentu.
2.    Menentukan tujuan utama dalam jangka waktu tertentu, seperti dalam hal pencapaian satu minggu ataupun satu bulan kedepan dari bisnis Anda.
3.    Menyiapkan tabel perbandingan, yaitu tabel yang berisi dari hal yang paling mudah untuk dilakukan sampai dengan yang tidak mudah untuk dilakukan minimal adalah 20% dari tabel mudah yang akan Anda kerjakan terlebih dahulu.
4.    Mengevaluasi segala pekerjaan dan pencapaian apa saja yang telah Anda capai agar target yang nantinya akan Anda tetapkan bisa terpenuhi dan dapat membuat perencanaan Anda seperti strategi untuk dapat lebih meningkatkan kinerja Anda maupun pekerjaan Anda.
5.    Buatlah rutinitas Anda secara terjadwal dengan baik, hal ini akan dapat membantu Anda dalam mengatur waktu yang telah Anda miliki seperti, waktu liburan di akhir pekan untuk sekedar menghilangkan stress dari kejenuhan rutinitas Anda setiap harinya, sehingga akan mampu menumbuhkan semangat baru dan suasana baru untuk dapat melanjutkan pekerjaan Anda.

 

 

Groedu Inti Global Inovasi (Groedu Trainer Pengembangan SDM)
Cito Mall – Jl. A. Yani 288 (Bunderan Waru), Lantai UG, US 23, No. 3 & 5 Surabaya.

Hp : Frans : 0818521172 / 031-33311179
Office : 031-21100152
Fast Respon Email : groedu_inti@hotmail.com

Submit a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>