TwitterRssFacebook
Submit a New Listing

LEADERSHIP : MENJADI SEORANG LEADER BAGI BISNIS ITU MEMANG MEMBUTUHKAN KEBERANIAN EXTRA

LEADERSHIP : MENJADI SEORANG LEADER BAGI BISNIS ITU MEMANG MEMBUTUHKAN KEBERANIAN EXTRA

Keberanian pada hakikatnya adalah berani berdiri sendiri dan berbicara. Keberanian juga bisa berarti berani untuk mendengarkan orang lain. Demikianlah kutipan dari mantan Presiden Amerika Serikat beberapa tahun silam, Winston Churchill.

Membutuhkan keberanian sebagai seorang pegawai untuk mampu dalam memberikan usulan kepada pimpinan perusahaan yang terkenal lincah dan begitu menakutkan. Demikian juga Anda membutuhkan keberanian untuk bersedia mendengarkan dan memberikan persetujuan terhadap segala sesuatu hal yang mungkin sangat asing bagi Anda.

Sementara sebagai seorang leader dari perusahaan, keberanian merupakan sebuah atribut yang  sangat penting. Hal ini tentang bagaimana caranya dalam menghadapi dan mengatasi rasa takut itu sendiri.

Hasil pembagian usaha ini yang tidak bisa menjadi lebih besar. Berikut merupakan cara-cara untuk para eksekutif muda, pemilik bisnis, dan pengusaha, agar dapat menjadi pimpinan yang tetap berani dalam mengambil keputusan bisnis :

1. Tetap mengikuti kata hati sendiri saat semua orang mengatakan bahwa Anda sudah gila.

Sebagai contoh pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin yang selama bertahun-tahun berusaha untuk mendapatkan kepercayaan dari orang lain untuk mau mendengarkan ide mereka. Mereka sama sekali tidak pernah menyerah dalam melakukan hal itu sepanjang waktu.

2. Selalu siap dalam mengambil resiko dengan berbagai kemungkinan kerugian besar dan ketiadaan pengaman lainnya.

Setiap pemilik bisnis, terutama bisnis berskala kecil tahu persis bagaimana rasanya. Hal ini begitu menakutkan dan membuat tidurnya semakin tidak bisa nyenyak. Dan terkadang penyeimbangnya adalah dari kekuatan, kemauan dan tekad serta keberanian dari diri Anda sendiri.

3. Sampaikan apapun dan bagaimanapun kabar buruknya.

Salah satu hal yang paling sulit untuk dilakukan oleh para manajer atau pemilik bisnis adalah memberitahukan kepada karyawan, para pelanggan, atau bahkan para investor apa saja yang mereka tidak mau mendengarnya secara langsung.

4. Hadapi berbagai kritikan bagi Anda dan mendengarkannya secara terbuka apa yang dikatakan
kepada Anda, tentunya Anda tidak mungkin dapat melakukannya hanya apabila Anda memiliki keberanian dan kerendahan hati yang lebih besar daripada ego dan keangkuhan Anda sendiri.

5. Melakukan apa saja yang Anda yakini meskipun hal itu sangat menyakitkan bagi Anda.
6. Mengambil lebih besar, meskipun hal tersebut berasal dari para pesaing Anda.

Di seluruh dunia, bahkan diantara ribuan pengusaha bisnis kecil melakukan hal ini setiap harinya.

7. Lihatlah pada cermin dan hadapi apa saja yang Anda lihat.

Begitu banyak dari kita yang hidup dalam penyangkalan karena kita begitu takut untuk melihat diri kita sendiri untuk apa kita ini sebenarnya.

8. Tantangan zona kenyamanan Anda dan menghadapi rasa takut Anda sendiri.

Dari mana keberanian tersebut berasal? Anda memang tidak terlahir dengan itu. Namun Anda mengembangkannya melalui pengalaman yang sangat berharga. Setiap kali Anda menghadapi rasa takut itu, maka Anda sudah membangun rasa percaya diri dan keberanian diri sendiri. Tidak peduli seperti apapun hasilnya, tidak pernah seburuk dari keluarnya rasa takut Anda.

setiap kali Anda menyerah kepada rasa takut tersebut, maka ketakutan itu akan bertambah semakin kuat. Cepat atau  lambat, Anda hanya akan kehabisan kesempatan untuk menghadapinya dan pada akhirnya akan menyesal sendiri. Kembangkan potensi untuk mengatasi rasa takut dan membangun keberanian sedikit demi sedikit, kedua-duanya memilikin posisi yang sama daam diri Anda. Namun pada akhirnya, apa yang akan Anda lakukan dengan itu sepenuhnya adalah terserah Anda sendiri. (Winston Churchill).

 

 

Groedu Inti Global Inovasi (Groedu Trainer Pengembangan SDM)
Cito Mall – Jl. A. Yani 288 (Bunderan Waru), Lantai UG, US 23, No. 3 & 5 Surabaya.

Hp : Frans : 0818521172 / 031-33311179
Office (only call no sms)  : 081-59417699
Fast Respon Email : groedu_inti@hotmail.com

Submit a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>