TwitterRssFacebook
Submit a New Listing

TAHUKAH ANDA BAGAIMANA SEHARUSNYA MENERAPKAN STRATEGI PEMASARAN YANG EFEKTIF

TAHUKAH ANDA BAGAIMANA SEHARUSNYA MENERAPKAN STRATEGI PEMASARAN YANG EFEKTIF

Kemampuan dalam hal memasarkan sebuah produk bisa menjadi lebih penting daripada produk itu sendiri. Agar dapat memenangkan persaingan pasar, selain harus adanya strategi marketing juga diperlukan adanya ide pemasaran yang inovatif.

Teknik pemasaran bisa dikatakan sebagai kunci dasar dari keberhasilan terhadap penjualan sebuah produk. Kemampuan yang handal dalam memasarkan produk bisa jadi menjadi lebih penting daripada produk itu sendiri. Teknik pemasaran yang baik tentunya harus didukung oleh strategi pemasaran yang efektif.

Dengan strategi tersebut, proses marketing dapat tetap dipertahankan, bahkan cara baru dalam memasarkan produk juga bisa kita temukan dan membuat pelanggan menjadi semakin loyal. Tentu saja, jangan mengabaikan faktor kualitas dari produk yang merupakan bagian terpenting bagi seorang pemasaran itu sendiri.

Maka, setelah Anda pastikan bahwa kualitas dari produk Anda, maka rancanglah strategi pemasaran yang lebih efektif agar proses pemasaran dapat berjalan secara terkontrol, dengan baik.

Berikut ini merupakan bagaimana untuk langkah-langkah dalam strategi pemasaran yang mungkin layak untuk Anda coba terapkan.

1. Kenalilah seperti apa pelanggan Anda.

Apapun produk yang akan Anda jual nantinya, jika Anda sendiri tidak mengenali siapakah para pembeli dari produk Anda , maka jangan harap pemasaran dari produk Anda bisa semakin maksimal , dengan mengenali siapa saja para pembelinya ,maka Anda sudah bisa dipastikan akan mampu dalam menyusun kalimat per kalimat persuasi dalam isi dari iklan Anda , isi iklan yang selalu monoton , kaku , dan serba singkat, tanpa adanya kelengkapan atau kejelasan tentang produk yang Anda jual akan semakin ditinggalkan oleh para calon pembeli Anda.

2. Lakukanlah promosi online secara berkala.

Anda harus perhatikan jangan sembarangan dalam berpromosi , dan juga jangan berani bermacam-macam dengan berpromosi pada forum komunitas yang sama sekali Anda belum tahu seluk beluknya, akan sia sia saja karena team yang berpengaruh dari komunitas tersebut akan langsung menghapus semua iklan-iklan promosi Anda , Forum komunitas biasanya hanya diperuntukkan bagi para seller dan buyer yang ingin saling berbagi pengalaman dan ilmu pegetahuan yang bisa bermanfaat untuk rekan-rekan mereka lainnya.

Berpromosi iklan-iklan Anda sebenarnya tidak sulit , hanya cukup daftar dan login saja, pada iklan garis gratisan yang banyak bertebaran di internet sudah sangat cukup dalam menjaring para pengunjung yang akan mampir ke web penjualan Anda. berikanlah judul dan isi iklan yang hanya berhubungan dengan produk yang sedang Anda jual, maka tags/keyword akan langsung terindeks pada Google search.

3. Memilih lokasi yang strategis.

Ya, tentu saja dalam memilih lokasi iklan-iklan Anda sangat dianjurkan untuk memilih lokasi yang sangat tepat dan strategis seperti beriklan pada situs-situs penyedia iklan yang terpercaya, cukup mudah, aman dan terpercaya yang  memiliki jaminan SEO langsung terindeks pada mesin pencarian Google dan mesin-mesin pencari online lainnya.

4. Menggunakan internet marketing.

Apakah Anda tahu apakah itu Internet Marketing ? Saat ini, jual-beli online sudah sangat banyak dengan berbagai jumlah transaksi yang terus meningkat setiap tahunnya. Apabila Anda masih kurang puas dengan beriklan pada iklan-iklan baris gratisan, maka setidaknya Anda juga bisa berpromosi pada forum jual beli online lainnya, dengan hanya mengetik pada mesin pencarian online Google , “forum jual beli” , maka Anda sudah bisa menemukan banyak sekali situs-situs yang memiliki forum jual beli sesuai dengan yang Anda inginkan, jangan hanya menunggu saja, lakukan sekarang juga , siapa yang lebih cepat berpromosi maka dia akan langsung merasakan manfaat dan hasilnya.

5. Menjalin hubungan baik dengan para pelanggan.

Menjaga dan memelihara pelanggan lama menjadi lebih mudah apabila dibandingkan dengan mencari dan mendapatkan pelanggan baru. Konon katanya, biaya yang dibutuhkan untuk menarik pelanggan baru setidaknya 6 kali lipat lebih besar daripada hanya memelihara pelanggan lama. Maka, buatlah database pelanggan Anda, masukkan data-data penting beserta kemajuan yang telah Anda capai, hubungi mereka secara berkala, dan informasikan kepada para pelanggan tentang promo produk yang sedang berjalan saat ini, dan banyak lagi yang lainnya.

Joe Girard, seorang salesman terkenal dari dunia otomotif, mengatakan bahwa kunci suksesnya dalam pemasaran adalah selalu memelihara hubungan yang baik dengan para pelanggannya. Ayoo sekarang tunggu apalagi , segeralah untuk membuat daftar pelanggan dan mulai untuk memprogress-nya.

6. Kekuatan Fokus (The Power of Focus).

Benar sekali Bapak-bapak dan Ibu-ibu pemasar akan di tuntut untuk selalu fokus terhadap apa yang sedang ingin dicapainya , Harus memiliki modal tekad yang kuat dan satu lagi, yaitu modal fokus tentunya.

 

 

Groedu Inti Global Inovasi (Groedu Trainer Pengembangan SDM)

Cito Mall – Jl. A. Yani 288 (Bunderan Waru), Lantai UG, US 23, No. 3 & 5 Surabaya.

Hp : Frans : 0818521172
Office (only call no sms)  : 081-59417699
Fast Respon Email : groedu_inti@hotmail.com

Submit a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>