TwitterRssFacebook
Submit a New Listing

PRINSIP-PRINSIP DASAR PEMASARAN MODERN YANG HARUS ANDA PERHATIKAN SEBAGAI SOERANG PEMASAR

PRINSIP-PRINSIP DASAR PEMASARAN MODERN YANG HARUS ANDA PERHATIKAN SEBAGAI SOERANG PEMASAR

Dalam sebuah survei yang telah dilakukan oleh BtoBResearch Services and Crain Communications, definisi dari marketing modern adalah berupa kekuatan-kekuatan yang membentuk sekumpulan kemampuan baru yang harus bisa dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis dalam kondisi digital yang baru seperti saat ini.

Para pelaku bisnis untuk sekarang ini dapat memanfaatkan pendekatan marketing modern terbaru dalam meningkatkan keuntungan proses bisnis mereka.

Dan berikut ini adalah beberapa prinsip-prinsip dari penerapan strategi marketing modern:

1. Target Market (Penargetan Pasar).

Targe Market atau penargetan pasar berarti mengembangkan para pelanggan potensial dengan jalan mengetahui siapa saja yang berinteraksi dalam proses pembelian, serta peran dan bagaimana tanggungjawab mereka yang sebenarnya.

Hal ini sebenarnya membutuhkan adanya pembuatan strategi-strategi yang tepat sasaran untuk manajemen dan pengumpulan data-data, serta pemanfaatan pembuatan profil untuk menyesuaikan secara tepat target-target market Anda dengan kebutuhan-kebutuhan pasar dan bisnis yang selalu berubah. Semua hal ini akan dapat membantu Anda dalam mengumpulkan informasi yang hasilnya sudah melampaui berbagai survei secara demografi tradisional.

2. Engagement (Interaksi).

Engagement atau interaksi adalah tentang bagaimana cara Anda dalam menjangkau orang yang tepat dan pada waktu yang tepat pula, akan tetapi saat ini maknanya lebih dari itu. Untuk sekarang, bagaimana cara Anda dalam menjangkau mereka dengan cara penyampaian yang tepat, dengan konten yang tepat, melalui media yang tepat, dan menggunakan berbagai macam panduan aktivitas yang tepat, termasuk dalam hal kehumasan, situs-situs internet, media sosial, blogging, acara-acara seminar, dan hal-hal yang semakin mendorong terciptanya permintaan bagi bisnis Anda.

3. Conversion.

Pada zaman serba modern seperti sekarang ini, keputusan-keputusan pembelian sering kali dibuat sebelum staff penjualan terlibat. Mengubah pelanggan potensial menjadi pembeli, atau seorang pedagang perantara menjadi mitra baru perusahaan, tergantung kepada bagaiaman penempatan usaha-usaha pemasaran, pada perbaikan pengalaman pelanggan saat mereka mempelajari berbagai produk dan bagaimana perusahaan Anda, serta untuk menyempurnakan arus informasi diantara penjualan dan pemasaran. Hal seperti ini berarti harus merancang strategi-strategi yang cocok untuk pelanggan yang berkualitas dan sudah terkolaborasi dengan penjualan dalam memberikan arahan-arahan yang lebih tepat.

4. Analytics and Reporting.

Analisis dan pelaporan data merupakan hal yang sangat penting dalam proses marketing modern, berbagai kegiatan dan kampanye. Bahkan, untuk mengukur hasil dari proses pemasaran merupakan salah satu hal yang menjadi pembeda utama dalam marketing modern.

Memahami keuntungan-keuntungan dari investasi pemasaran dan mengukur hal tersebut sebagai kontribusi pemasaran terhadap pendapatan secara keseluruhan, akan membantu Anda dalam mengokohkan peran pemasaran secara gambaran komersial lebih luas lagi, sehingga Anda akan mengetahui tindakan-tindakan mana saja yang sukses dan mana saja yang tidak sukses.

5. Marketing Technology (Teknologi Pemasaran).

Hal terakhir dari teka-teki marketing modern ini adalah tentang marketing technology atau teknologi pemasaran yang tepat. Solusi-solusi yang sudah terintegrasi dengan platform Customer Relationship Management (CRM) dan Sales Force Automation (SFA) yang berfungsi dalam menyediakan berbagai macam fungsi pemasaran, termasuk juga dengan otomatisasi alur kerja dan pemasaran, pemantauan media sosial, dan Business Intelligence (BI).

Teknologi otomatisasi pemasaran yang tepat dapat semakin mempermudah navigasi pada setiap langkah siklus konversi, menjaga pemenuhan kebutuhan-kebutuhan, dan mengintegrasikan dari keempat prinsip marketing modern lain sepenuhnya. Prinsip dari marketing modern diciptakan berdasarkan bagaimana kondisi pemasaran untuk saat ini, yaitu pada saat para pelanggan teredukasi secara mandiri, dengan adanya gagasan yang lebih jelas tentang apa yang mereka inginkan dari proses penjualan dan pemasaran.

Para pelaku bisnis banyak yang terjebak untuk melakukan hal-hal dengan cara yang selalu mereka lakukan tanpa menyadari bahwa proses-proses yang usang milik mereka sudah tidak lagi berhasil, tidak sama lagi seperti yang telah mereka alami sebelumnya, sebagai gantinya dibutuhkan adanya sarana dan prasarana baru dan strategi-strategi yang lebih efisien.

Dari beberapa prinsip diatas, maka praktek-praktek terbaik dari marketing modern akan dapat dibentuk dan hal seperti ini akan mewarnai berbagai upaya pemasaran baru dengan cara memaksimalkan situs internet, media sosial, dan penggunaan teknologi pemasaran. Para pelaku bisnis dapat beralih dari proses-proses manual untuk lebih meningkatkan hasil dari departemen pemasaran, dan mengukur bagaimana hasil tersebut untuk memastikan kesuksesan di masa yang akan datang.

Semua hal ini bertujuan untuk menyempurnakan hubungan baik dengan para pelanggan potensial, dalam meningkatkan pertumbuhan pendapatan bersamaan dengan memangkas siklus penjualan, serta untuk melaporkan Return-On-Investment (ROI) pemasaran yang lebih tinggi terhadap pihak manajemen.

 

 

Groedu Inti Global Inovasi (Groedu Trainer Pelatihan Pemasaran Bisnis)

Cito Mall – Jl. A. Yani 288 (Bunderan Waru), Lantai UG, US 23, No. 3 & 5 Surabaya.

Hp : Frans : 0818521172
Office (only call no sms)  : 081-59417699
Fast Respon Email : groedu_inti@hotmail.com

Submit a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>