TwitterRssFacebook
Submit a New Listing

PENGERTIAN DAN LANGKAH-LANGKAH DASAR BAGAIMANA DALAM MELAKSANAKAN RISET PEMASARAN BISNIS

PENGERTIAN DAN LANGKAH-LANGKAH DASAR BAGAIMANA DALAM MELAKSANAKAN RISET PEMASARAN BISNIS

Pada dasarnya proses dari kegiatan bisnis tidak akan pernah bisa untuk dipisahkan dari riset dan penelitian. Penelitian yang sengaja dilakukan dengan tujuan agar dapat memperoleh keputusan dalam sebuah bisnis. Keputusan untuk menentukan dari banyaknya jumlah barang yang nanti akan diproduksi, perumusan strategis untuk dapat masuk ke dalam pasar, strategi meningkatan penjualan dan lain sebagainya. Hal seperti ini sangat penting untuk dilakukan dalam menunjang peningkatan dan pengembangan bisnis Anda.

Meningkatkan-Omset-Melalui-Riset-Pemasaran-e1493102919393

Kegiatan dari riset pasar harus dilakukan dengan cara melakukan kegiatan secara tersistematis penelitian mulai dari:

1. Perumusan masalah.
2. Tujuan penelitian.
3. Pengumpulan dan pengolahan data.
4. Presentasi dari hasil penelitian.

Semua urutan ini harus bisa dilakukan secara runtut agar dapat menghasilkan kesimpulan yang tepat dan bisa digunakan untuk pengambilan keputusan dalam dunia bisnis.

American Marketing Association (AMA) sejak tahun 1987 telah mendefinisikan bahwa riset pemasaran adalah sebagai sebuah “fungsi yang menghubungkan antara konsumen, pelanggan dan masyarakat umum dengan pemasar melalui adanya informasi. Informasi seperti ini digunakan untuk mengidentifikasi dan menentukan adanya peluang dan masalah dari pemasaran,  merumuskan, menyempurnakan dan mengevaluasi berbagai tindakan-tindakan pemasaran, melakukan pemantauan kinerja dari pemasaran dan selanjutnya menyempurnakan pemahaman yang dapat membuat aktivitas dari pemasaran menjadi lebih efektif.

Riset pemasaran akan menentukan informasi apa saja yang dibutuhkan dalam memenuhi tujuan tersebut, seperti: merancang metode untuk pengumpulan informasi, mengelola dan mengimplementasikan proses pengumpulan data, menganalisis hasil-hasil yang nanti akan diperoleh, dan mengkomunikasikan hasil temuan dan implikasinya”.

Langkah secara tersistematis yang harus dilakukan dalam menjalankan riset pemasaran diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Merumuskan permasalahan.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah merumuskan masalah. Proses perumusan masalah ini sangat penting untuk dilakukan agar Anda bisa mengerti betul dengan tujuan yang ingin Anda capai setelah riset selesai. Pada dasarnya riset akan disusun untuk menghasilkan informasi yang akurat dan jelas sebagai kesimpulan atas permasalahan yang sedang Anda hadapi dalam bisnis.

Misalnya masalah utama Anda adalah ingin menentukan besarnya biaya yang nanti akan digunakan untuk berpromosi. Perumusan masalahnya adalah tentang bagaimana caranya untuk mengetahui besarnya biaya yang telah diperlukan. Sedangkan kesimpulan yang nanti akan didapat adalah dalam bentuk kisaran nilai dari biaya promosi yang paling ideal.

2. Menentukan desain dari riset pemasaran.

Desain riset yang dibutuhkan dalam menentukan prosedur secara rinci tentang bagaimana cara dalam pengumpulan data, cara pengujian hipotesa dan kemungkinan dalam melakukan kuesioner dengan berbagai model yang ditentukan. Penentuan desain riset biasanya akan didasarkan pada parameter yang nanti akan diambil untuk menghasilkan sebuah kesimpulan tertentu.

3. Merancang metode sebagai pengumpulan data.

Data yang nanti akan digunakan dalam penelitian adalah data primer dan data sekunder. Data primer merupakan data yang akan diambil secara langsung dari lapangan, sedangkan data sekunder biasanya adalah berupa data yang diambil dari buku, internet, dan pustaka lainnya yang lebih relevan. Anda hanya perlu untuk menentukan tentang bagaimana caranya dalam mengumpulkan data-data tersebut dan harus dihimpun menjadi sebuah database.

4. Mengambil sampel dan melakukan pengumpulan data.

Selanjutnya anda akan melakukan pengambilan sampel dan pengumpulan data di lapangan. Anda bisa melakukan pengambilan sampel yang didasarkan pada metode sampling yang nanti akan digunakan, baik itu adalah probability atau non probability sampling. Seharusnya Anda mengetahui tentang bagaimana cara dalam pengambilan sampel yang benar.

5. Melakukan tindakan analisis dan interpretasi data.

Sebuah pengumpulan data tidak akan pernah bisa menjadi sustu kesimpulan apabila tidak dilakukan analisis dan presentasi data terlebih dahulu. Anda bisa memulainya dari cara editing, koding, tabulasi, analisis statistik dan interpretasi data. Data-data yang nanti akan diolah inilah yang pasti akan memberikan petunjuk kepada kesimpulan yang nanti akan Anda ambil.

6. Menyusun laporan riset.

Laporan riset pemasaran bisa berupa laporan dari hasil, kesimpulan serta rekomendasi penelitian yang telah diberikan terhadap pihak manajemen. Kemudian pihak manajemen yang nantinya akan mengambil keputusan berdasarkan hasil dari presentasi dari data sebelumnya. Laporan riset inilah yang nantinya akan menjadi standar dalam penelitian oleh para eksekutif dalam mengevaluasi manfaat dari riset pemasaran yang telah dilakukan tersebut.

 

 

Groedu Inti Global Inovasi (Groedu Trainer Pelatihan Pemasaran Bisnis)

Cito Mall – Jl. A. Yani 288 (Bunderan Waru), Lantai UG, US 23, No. 3 & 5 Surabaya.

Hp : Frans : 0818521172
Office (only call no sms)  : 081-59417699
Fast Respon Email : groedu_inti@hotmail.com

 

 

Submit a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>