TwitterRssFacebook
Submit a New Listing

STRATEGI PEMASARAN: TIPS BAGAIMANA DALAM MEMEMANGKAN PERSAINGAN PASAR DENGAN PRODUK UNIK

STRATEGI PEMASARAN: TIPS BAGAIMANA DALAM MEMEMANGKAN PERSAINGAN PASAR DENGAN PRODUK UNIK

Setiap produk apabila ingin bisa memiliki nilai lebih dipasaran harus memiliki differensiasi tersendiri, dalam hal ini bisa berupa adanya berbagai modifikasi, inovasi, maupun salah satunya adalah dengan memiliki keunikan tersendiri dari produk tersebut, namun yang harus Anda ingat baik-baik dari strategi inovasi keunikan produk ini adalah “Mengundang rasa penasaran mungkin iya, namun tidak selamanya produk yang unik itu bisa menjadikan konsumen merasa tertarik.”

Semakin tingginya tingkat persaingan bisnis saat ini, akan mendorong sebagian besar dari para pelaku usaha untuk saling berlomba-lomba dalam menciptakan produk baru dengan desain yang lebih unik dan menarik. Meskipun demikian, pada dasarnya memiliki produk yang unik ternyata tidak lantas akan memberikan jaminan bagi kesuksesan penjualan bagi para pelaku usaha.

Keunikan dari sebuah produk tidak akan diketahui oleh masyarakat luas, tanpa adanya strategi jitu yang mendukung strategi pemasaran dari produk tersebut. Karena itulah, berikut ini adalah beberapa tips tentang bagaimana tata cara dalam memasarkan produk-produk yang tergolong unik.

1. Informasikan keunikan dari produk Anda kepada lingkungan sekitar.

Sebagai langkah awal untuk Anda dalam mempromosikan produk unik ke pasaran, bisa dilakukan dengan cara menginformasikannya terhadap orang-orang di sekitar Anda. Misalnya mulai dari lingkungan keluarga, teman dekat, tetangga rumah, sampai kepada rekan kerja Anda di kantor. Dengan cara memanfaatkan word of mouth (strategi pemasaran dari mulut ke mulut) maka peluang bagi produk Anda agar bisa dikenal oleh masyarakat luas akan semakin terbuka lebar. Karenanya, ciptakanlah keunikan baik dari sisi rasa maupun bentuknya, agar orang di sekitar Anda tidak segan-segan untuk menginformasikannya terhadap orang lain.

2. Memilih media yang tepat dalam mempromosikan produk Anda.

Selain harus memulai dari lingkungan terdekat, selanjutnya Anda bisa memanfaatkan media promosi dalam mempublikasikan keunikan produk tersebut terhadap masyarakat. Pesatnya perkembangan informasi dan teknologi semakin memudahkan para pelaku bisnis dalam memilih media yang paling tepat untuk mendukung pemasaran produknya. Baik itu adalah dari media promosi online maupun media offline sekarang sudah bisa Anda manfaatkan untuk menjaring banyak konsumen.

Misalnya saja melalui media sosial seperti facebook, twitter, atau bisa juga dengan cara memasang iklan pada berbagai majalah, surat kabar, radio dan televisi. Semakin sering Anda mempromosikan produk tersebut, maka akan semakin besar pula kemungkinan bagi Anda untuk menarik perhatian para konsumen.

3. Melakukan optimasi dalam membangun loyalitas para konsumen.

Meskipun produk Anda sudah terbilang begitu unik, namun tidak ada salahnya apabila Anda selalu melakukan evaluasi dan berbagai perbaikan-perbaikan secara berkala dalam menciptakan kepuasan dari para pelanggan. Strategi seperti ini sangatlah penting, karena faktor keunikan saja terkadang masih belum cukup dalam memenuhi berbagai kebutuhan para pelanggan.

Jadi, alangkah baiknya apabila Anda melengkapi keunikan tersebut dengan kualitas produk yang bagus serta memberikan pelayanan terbaik Anda terhadap para konsumen. Sehingga loyalitas mereka masih tetap terjaga dengan baik dan tidak akan berpaling kepada produk yang lainnya di pasaran.

 

 

Groedu Inti Global Inovasi (Groedu Trainer Pelatihan Pemasaran Bisnis)

Cito Mall – Jl. A. Yani 288 (Bunderan Waru), Lantai UG, US 23, No. 3 & 5 Surabaya.

Hp : Frans : 0818521172
Office (only call no sms)  : 081-59417699
Fast Respon Email : groedu_inti@hotmail.com

 

 

Submit a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>