TwitterRssFacebook
Submit a New Listing

PENTINGNYA MENCARI TAHU APA YANG DIBUTUHKAN PASAR DALAM STRATEGI PEMASARAN PRODUK

PENTINGNYA MENCARI TAHU APA YANG DIBUTUHKAN PASAR DALAM STRATEGI PEMASARAN PRODUK

Melihat perkembangan bisnis-bisnis di Indonesia saat ini. Begitu banyak ang sudah mulai “berani” untuk berinovasi dalam membangun sebuah usaha, meskipun itu hanya dengan modal yang terbilang kecil.

Sampai detik ini, sering kita lihat sendiri pada media-media social maupun artikel dari internet, banyak sekali produk-produk terbaru yang sering bermunculan. Tentunya hal ini akan menjadi kabar gembira bagi para konsumen, karena mereka dengan sangat mudah akan bisa mendapatkan barang yang mereka inginkan.

Namun, tentunya tidak semua produk berkualitas yang diproduksi para pelaku bisnis akan memiliki pasar yang cukup potensial di negara kita. Karena itu, begitu pentingnya pasar dalam menjalankan sebuah bisnis harus tetap diperhatikan.

Pasar memang sangat diperlukan oleh semua pebisnis, karena tanpa adanya pasar yang potensial maka akan percuma apabila produk yang kita jual jika sampai bisa terbeli. Untuk itulah, agar Anda bisa menghilangkan resiko terburuk yaitu produk Anda tidak ada yang membeli, maka berikut ini adalah beberapa strategi pemasaran yang mungkin masih bisa Anda jalankan untuk membangun pasar dari produk Anda sendiri.

1. Membangun sebuah brand yang berkarakter produk.

Apakah Anda pernah memperhatikan iklan-iklan di TV yang seringkali diulang secara terus-menerus sampai Anda sendiri sudah menghafal nada dan kata-kata dari setiap kali iklan tersebut keluar? Dari iklan tersebut kesimpulannya adalah: untuk membangun sebuah brand memang harus selalu diulang-ulang, dan dengan menggunakan bahasa yang “persuasif” (cukup mudah untuk dimengerti konsumen).

2. Pasar sangat suka dengan sesuatu yang bersifat unik.

Pasar untuk produk yang unik, bukan berarti harus selalu yang lucu-lucu saja, tentang keunikan bukan hanya dilihat dari produk, namun bisa juga dengan bagaimana penyajian produk kita serta tentang bagiamana teknik kita dalam menyampaikan pesan dari brand produk kita para konsumen potensial kita. Sehingga tidak mengherankan apabila terkadang diperlukan tenaga marketing yang sangat handal untuk membangun sebuah brand untuk memperkuat produk yang kita jual.

3. Cukup mudah dimengerti dan jangan melupakan agar tetap natural.

Agar bisa tampil secara natural memang lebih susah, apalagi untuk perkembangan teknologi dan pasar yang selalu berubah-ubah, terkadang dengan bersikap idealis justru bisa semakin meruntuhkan kita. Untuk itulah, jangan sampai melupakapn pasar yang ingin kita jadikan sebagai target. Produk yang bersifat natural selalu dihubungkan dengan karya tersebut masih belum pernah ada sebelumnya, atau bisa juga pernah ada namun sudah redup dan kitalah yang kembali menghidupkannya dengan sebaik mungkin tanpa harus menjiplak atau meng-copy paste secara asal-asalan saja. Karena, pasar sudah sangat paham tentang mana yang benar-benar asli (original) dan mana yang hanya sekedar ikut-ikutan saja.

4. Rajinlah untuk mengikuti forum-forum bisnis.

Pasar bisa saja terbentuk berawal dari suatu komunitas atau forum yang membicarakan tentang produk. Misalnya produk yang jual adalah produk fashion, maka kita bisa saja masuk forum yang membicarakan tentang bagaimana pola pakaian, desain pakaian, dan lain sebagainya. Memang awalnya sangat dibutuhkan sikap kehati-hatian yang sangat tinggi dalam menjelaskan produk kita terhadap mereka. Namun Anda jangan merasa takut untuk mencoba, apabila masih belum sempurna untuk menjelaskan produk kita, setidaknya Anda bisa menjelaskannya pelan-pelan terlebih dahulu tentang brand Anda.

Pada dasarnya pasar bisa terbentuk, bahkan pasar itu bukan dicari. Pembentukan pasar biasanya diawali dengan adanya edukasi kepada konsumen yang masih belum paham betul tentang bagaimana produk kita.

Prinsip dasar dari pemasaran adalah untuk membangun brand image terlebih dahulu, baru kemudian selanjutnya adalah dengan edukasi pasar. Karena dengan ini, merek kita bisa menjadi semakin lebih unggul jika dibandingkan dengan yang lainnya. Dan hal lain yang sangat berpengaruh terhadap pasar adalah kitalah yang harus mengetahui tentang bagaimana karakter pasar, dan apa saja yang diinginkan oleh pasar, apa yang sering dikeluhkan oleh pasar. Dengan adanya kedua faktor tersebut, maka kita akan bisa dengan mudah untuk memberikan apa yang pasar inginkan. Semoga bisa bermanfaat dan salam sukses selalu.

 

 

 

Groedu Inti Global Inovasi (Groedu Trainer Pelatihan Pemasaran Bisnis)

Cito Mall – Jl. A. Yani 288 (Bunderan Waru), Lantai UG, US 23, No. 3 & 5 Surabaya.

Hp : Frans : 0818521172
Office (only call no sms)  : 081-59417699
Fast Respon Email : groedu_inti@hotmail.com

 

Submit a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>