TwitterRssFacebook
Submit a New Listing

PREDIKSI TREN STRATEGI PEMASARAN YANG AKAN SEGERA BOOMING MENJELANG TAHUN 2018 MENDATANG

PREDIKSI TREN STRATEGI PEMASARAN YANG AKAN SEGERA BOOMING MENJELANG TAHUN 2018 MENDATANG

Tanpa terasa sebentar lagi sudah mendekati tahun 2018. Pergantian tahun seperti ini seharusnya bisa dijadikan sebagai bahan koreksi dan evaluasi terhdap diri sendiri, terutamanya adalah bagi para pengusaha yang setiap terjadi pergantian tahun seperti ini biasanya akan terdapat beberapa hal yang bisa saja mengalami perubahan secara drastis.

Salah satu wujud dari perubahan pada dunia bisnis yang diprediksi akan berubah menjelang tahun 2018 ini adalah seputar tren pemasaran. Tentu saja pada saat kondisi pemasaran seperti sekarang ini memang tentu saja akan segera mengalami perubahan, sebagai seorang pengusaha mau tak mau Anda harus bisa menyesuaikan diri terhadap perubahan tersebut. Mengapa demikian? Karena dunia pemasaran merupakan suatu hal yang paling krusial untuk dapat menjadikan bisnis Anda agar dapat semakin berkembang pesat, jalan di tempat atau malah mengalami degradasi (kemunduran) tentunya bukanlah sebuah pilihan yang ingin diambil oleh para pengusaha bukan? Namun hal itu bisa saja tetap akan terjadi apabila Anda hanya mengabaikannya saja atau sama sekali tidak mau bertindak mulai dari sekarang.

tren 2018Lalu apa saja trend pemasaran yang diprediksi akan mengalami perubahan pada tahun 2018 mendatang? Berikut ini adalah penjelasannya.

1. Penggunaan konten pemasaran yang menjadi lebih kompleks.

Apabila Anda selama tahun 2017 lebih banyak menggunakan teknik pemasaran konten web, maka menjelang tahun 2018 mendatang setidaknya Anda harus mengikuti dan menyesuaikan jika sewaktu waktu terjadi perubahan konten dengan tren-tren dan kebutuhan pasar yang lebih kompleks. Penyebabnya adalah pada tahun 2018 mendatang, kata kunci sampai dengan algoritma dari mesin pencarian diprediksi akan dengan cepat segera mengalami perubahan besar-besaran.

Dari yang mulanya hanya membuat konten dari website, blog maupun social media, maka prediksi pada tahun 2018 mendatang semua konten diharuskan untuk juga berkembang. Jadi Anda tidak akan bisa lagi hanya mengandalkan konten tulisan saja, namun harus lebih dari itu Anda juga semestinya membuat konten berupa video maupun gambar. Indikasi seperti ini terlihat sudah semakin nyata paa saat Google nampak terus mengidentifikasikan dan menghukum para pengguna media mobile yang sudah melakukan kecurangan dalam hal pengalihan konsumen kepada konten yang sudah dibuatnya.

2. Iklan layanan yang lebih berfokus kepada target pasar yang lebih spesifik.

Tren pemasaran yang diprediksi juga akan berubah pada tahun 2018 mendatang adalah berupa iklan yang lebih berfokus kepada target pasar. Saat ini para pengusaha sudah mulai diharuskan untuk memiliki target pasar yang lebih spesifik. Penentuan target pasar yang lebih khusus seperti ini memang sudah terbukti nyata semakin efektif dan diprediksikan akan semakin berkembang menjelang tahun 2018 mendatang. Maka dari itu apabila Anda masih belum memiliki target pasar yang lebih jelas, sekarang sudah saatnya bagi Anda untuk mulai menentukannya.

Dengan memiliki  target pasar yang lebih spesifik ini maka Anda juga akan lebih mudah dalam beriklan. Untuk bisa mendapatkan target market yang lebih tepat Anda bisa menggunakan beberapa Tools seperti Google Adwords, #Facebook Ads dan platform-platform iklan yang lainnya.

3. Fokus terhadap hubungan pemasaran yang jauh lebih luas.

Konsentrasi atau fokus perhatian terhadap hubungan pemasaran. Tren fokusnya para pengusaha pada hubungan jalinan pemasaran yang jauh lebih luas ini memang bagaimanapun kondisinya harus tetap dilakukan oleh pebisnis karena saat ini Indonesia sudah mulai sedikit demi sedikit membuka jalan untuk pasar bebas Asia Tenggara.

Dengan adanya pasar bebas Asia Tenggara seperti ini tentunya akan menjadikan para pebisnis akan mendapatkan banyak sekali ruang yang luas dalam memperluas pemasarannya. Namun harus tetap diingat bahwa dari balik keleluasaan seperti itu tentunya akan selalu ada tingkat persaingan usaha yang lebih ketat diantara sesama para pengusaha.

Selain karena adanya pasar bebas Asia Tenggara, pemasaran yang akan semakin tumbuh dan meluas menjelang tahun 2018 juga karena disebabkan oleh semakin boomingnya penggunaan smartphone dalam melakukan pembelian produk dan juga pemberian saran serta testimonial. Maka dari itu cobalah untuk memulai dari sekarang dalam membentuk hubungan yang lebih baik dengan cara bermitra antara pelanggan dengan brand yang sekarang Anda miliki. Jangan lupa bahwa saat ini pelanggan akan menjadi jauh lebih pintar dalam membedakan antara pengalaman mana yang lebih baik dan yang buruk.

4. Penggunaan perangkat Mobile sebagai salah satu sarana pemasaran.

Penggunaan smartphone menjelang tahun 2018 akan semakin meningkat. Dari sinilah Anda sebagai pengusaha harus mau untuk mengikuti tren penggunaan gadget smarphone ini. Lakukan dan gunakanlah perangkat seperti ini dalam melakukan pemasaran yang diprediksi juga akan semakin efektif dan menguntungkan. Sudah menjadi kenyataan bahwa saat ini memang terbukti pencarian via mobile menjadi lebih banyak daripada via desktop atau perangkat yang keras lainnya. Bahkan keberadaan mobile yang fenomenal seperti ini memaksa Google untuk sesegera mungkin merubah sistemnya agar dapat menjadi lebih user friendly dengan pencarian via perangkat mobile.

Lebih dari itu Google pun akan memberikan hukuman bagi setiap website yang tidak mampu dalam mengoptimalkan versi mobilenya. Hal seperti ini akan dilakukan karena Google memang ingin para penggunanya bisa mendapatkan apa yang diinginkan dengan lebih mudah meskipun harus melalui perangkat mobilenya sendiri.

 

 

 

Groedu Inti Global Inovasi (Groedu Trainer Pelatihan Pemasaran Bisnis)

Cito Mall – Jl. A. Yani 288 (Bunderan Waru), Lantai UG, US 23, No. 3 & 5 Surabaya.

Hp : Frans : 0818521172
Office (only call no sms)  : 081-59417699
Fast Respon Email : groedu_inti@hotmail.com

Submit a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>