TwitterRssFacebook
Submit a New Listing

APAKAH ANDA TAHU TENTANG BUZZ MARKETING?

APAKAH ANDA TAHU TENTANG BUZZ MARKETING?

Buzz Marketing. Apakah Anda sudah pernah mendengar tentang istilah dari BUZZ MARKETING? Istilah dari buzz marketing sendiri ada yang menyebutnya sebagai grass-roots marketing, guerrilla marketing, centrifugal marketing dan atau word of mouth. Dari berbagai istilah tersebut memang memiliki maksud dan inti yang sama, yaitu usaha dalam menciptakan kondisi agar layanan, produk, perusahaan atau apapun yang akan Anda launchingkan dapat menjadi bahan perbincangan dari banyak orang.

Strategi Buzz Marketing

Saat ini dalam menciptakan “buzz” wajib Anda lakukan apabila ingin usaha Anda dapat lebih dikenal banyak orang. Produk apapun yang ingin Anda tawarkan, harus membuat “buzz” sebagai salah satu strategi yang dapat Anda lakukan agar menjadikan usaha Anda bisa lebih cepat terkenal. Contoh mudahnya adalah dari suksesnya strategi buzz marketing dalam memasarkan penjualan yaitu: pada jenis penjualan buku Harry Potter. Sebelum buku tersebut akan di luncurkan, banyak orang yang sudah begitu heboh membicarakannya, bahkan ada yang sampai rela untuk memesannya jauh-jauh hari. Sama seperti halnya dengan novel Laskar Pelangi oleh Andrea Hirata. Meskipun pada masa awal penjualan dari novel tersebut memang biasa-biasa saja namun setelah menggunakan strategi buzz marketing, penjualannya dapat langsung meningkat dengan drastis.

Bagaimana Awalnya Buzz Marketing Bisa Terjadi?

Pada masa awal proses dari buzz marketing yaitu dengan jalan menarik perhatian dari para customer serta media yang dapat menciptakan produk, jasa atau layanan dari bisnis Anda dapat menjadi semakin layak untuk dijadikan sebagai bahan perbincangan baik secara online maupun offline.

Hal itu dapat terjadi mungkin karena dari produk itu sendiri. Maksudnya adalah karena memang produk atau jasa yang sedang Anda tawarkan memang berbeda dari yang lainnya, memang terdengar bagus dan tidak ada duanya. Atau dapat juga dari cara marketing Anda dalam memasarkan atau menawarkan produk Anda. Misalnya seperti yang telah dilakukan oleh Tung Desem Waringin pada saat ingin mempromosikan bukunya dengan cara membagikan uang dari pesawat.

Dari kehebohan yang telah diciptakan tersebut, maka akan menyebabkan berita tersebut semakin cepat menyebar dengan sendirinya. Banyak orang yang ingin membicarakan kejadian tersebut dan dengan senang hati para konsumen juga akan mengabarkan berita tersebut kepada orang-orang yang berada di sekitar mereka seperti keluarga, kolega dari kantor, dan lain sebagainya. Bahkan mungkin saja karena begitu semangatnya akan membuat pesan yang telah mereka sampaikan akan menjadi di lebih-lebihkan.

Namun yang pasti, apabila buzz marketing yang telah Anda lakukan dapat berhasil? Maka akan berdapampak juga kepada bisnis Anda. Tentunya dari pertumbuhan penjualan produk atau jasa dari usaha yang sedang Anda jalankan akan terjadi dengan sangat cepat. Selama buzz marketing itu dapat di jaga perkembangannya sesuai yang Anda inginkan, maka ledakannya juga akan menjadi semakin bertambah besar pula.

Berdasarkan dari penjelasan diatas maka dapat kita simpulkan beberapa cara yang mungkin dapat Anda lakukan untuk menjalankan strategi buzz marketing ini, berikut ini merupakan beberapa cara yang dapat Anda lakukan dalam buzz marketing:

1. Melakukan Prospek Kepada Orang yang Memiliki Pengaruh Besar Dalam Satu Komunitas.

Tentunya setiap orang memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Dan salah satu dari bentuk karakteristik seseorang adalah sebagai seorang follower. Karakter follower atau pengikut itulah yang nantinya akan menjadikan mereka akan selalu mengikuti apa yang telah dan akan dilakukan oleh orang yang mereka ikuti. Dengan cara Anda harus menargetkan terlebih dahulu orang-orang yang nanti akan memberikan pengaruh atau dampak yang lebih besar dalam suatu komunitas maka Anda sudah memiliki peluang terbesar dalam membuat bisnis Anda menjadi lebih dikenal oleh banyak orang karena secara tidak langsung orang-orang yang memiliki pengaruh besar juga akan menyebar luaskan produk dari perusahaan Anda melalui para pengikutnya tersebut.

2. Memberikan Layanan yang Terbaik kepada para Konsumen.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa dengan cara memberikan pelayanan terbaik terhadap para konsumen Anda merupakan salah satu faktor yang nantinya akan semakin meningkatkan kepuasan para pelanggan Anda. Dengan cara memuaskan pelanggan Anda dengan jalan memberikan pelayanan terbaik, maka secara tidak langsung juga para pelanggan akan tetap mendasikan bisnis Anda terhadap orang-orang yang berada di sekitar mereka.

3. Menciptakan Usaha dengan Konsep yang Berbeda Dari yang Lainnya.

Apabila Anda adalah seorang pebisnis dengan jenis produk yang Anda jual sudah banyak di pasaran, maka cobalah untuk menciptakan perbedaan dari jenis bisnis Anda dengan yang lain. Caranya adalah bisa dengan jalan memberikan konsep yang berbeda agar menjadikan usaha Anda tampil di barisan terdepan dan menjadikan para konsumen merasa lebih tertarik kepada produk yang telah Anda tawarkan. Selain daripada itu juga Anda akan memiliki peluang terbesar dalam pemasaran produk secara cuma-cuma yang akan dilakukan oleh para konsumen Anda. Dengan adanya promosi tersebut, maka besar kemungkinannya adalah akan semakin banyak masyarakat yang berminat untuk menggunakan produk yang telah Anda tawarkan.

 

 

 

 

Groedu Inti Global Inovasi (Groedu Trainer Pelatihan Pemasaran Bisnis)

Cito Mall – Jl. A. Yani 288 (Bunderan Waru), Lantai UG, US 23, No. 3 & 5 Surabaya.

Hp : Frans : 0818521172 (XL)
Simpati  : 081-252982900
Office (only call no sms)  : 0811-3444-910
Fast Respon Email : groedu@gmail.com/groedu_inti@hotmail.com

 

 

Submit a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>