TwitterRssFacebook
Submit a New Listing

TIPS TENTANG BAGAIMANA MELAKUKAN STRATEGI BERPROMOSI PRODUK DAN JASA MENGIKUTI SEBUAH TREND

TIPS TENTANG BAGAIMANA MELAKUKAN STRATEGI BERPROMOSI PRODUK DAN JASA MENGIKUTI SEBUAH TREND

Strategi mempromosikan produk dan jasa yang baik sangat penting demi kelancaran dari bisnis yang sedang dijalankan. Dalam perjalanannya, pada saat menjalankan sebuah usaha tentunya akan selalu mengalami berbagai perubahan. Perubahan-perubahan tersebut selanjuutnya akan berdampak besar kepada cara tentang bagaimana Anda dalam menjalankan bisnis agar Anda dapat mengejar berbagai peluang usaha yang ada. Dalam mengejar peluang usaha tersebut, maka didalamnya pastinya akan selalu membicarakan tentang strategi berpromosi seputar produk-produk dan jasa yang lebih kreatif agar peluang usaha yang sedang dijalankan dapat berjalan dengan lancar.

Strategi Promosi Produk dan Jasa

Berbisnis sendiri tentunya akan selalu mengalami perubahan dalam banyak hal. Penyebabnya adalah karena diakibatkan berbagai macam faktor yang mungkin saja dapat mempengaruhi jalannya suatu usaha. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi jalannya suatu usaha adalah berupa teknologi komunikasi.

Mempromosikan produk dengan cara berkomunikasi dalam bisnis terkadang seringkali mengalami berbagai perubahan untuk mengikuti trend yang sedang berlaku pada saat itu. Pada saat ini, terdapat beberapa macam model dari strategi dalam berpromosi yang mungkin saja dapat Anda pertimbangkan agar mampu bersaing dengan para kompetitor Anda. Berdasarkan dari berbagai sumber informasi yang sudah didapatkan, terdapat 4 macam cara untuk mempromosikan produk dan jasa yang tentunya mengikuti trend pada saat ini dan lebih berpeluang besar agar bisnis Anda dapat berjalan dengan lebih sukses.

1. Website atau Toko Online.

Saat ini, memiliki sebuah website merupakan salah satu hal yang sudah menjadi suatu keharusan dalam berbisnis. Dengan adanya website maka akan menciptakan peluang usaha yang jauh lebih luas lagi, karena bisnis Anda akan semakin dikenal oleh banyak orang secara lebih mudah. Website tentunya akan sangat membantu bisnis Anda agar semakin mudah diketahui oleh orang banyak, karena berbagai informasi tentang usaha, produk maupun jasa yang sedang Anda tawarkan akan menjadi jauh lebih mudah didapatkan oleh para calon konsumen Anda.

Selain itu, website juga akan dapat menjadi salah satu strategi pemasaran produk terbaik dengan biaya yang sangat ringan, karena Anda tidak perlu menghubungi orang banyak secara langsung agar mereka mengetahui bisnis Anda, yang harus Anda lakukan hanya cukup dengan membuat blog gratis dengan menggunakan fasilitas secara Cuma-Cuma yang telah disediakan dari internet sebagai sa;aj satu cara berpromosi produk dan jasa. Apabila Anda memiliki modal lebih, maka Anda dapat membeli dari pihak yang menyediakan jasa tersebut.

2. Sosial Media.

Akibat dari perkembangan dunia teknologi, maka akan sangat mempengaruhi bagaimana cara pelaku bisnis salah satunya dalam hal berkomunikasi. Sosial media adalah salah satu media komunikasi terbaik dan salah satu strategi promosi yang harus Anda miliki untuk menjadi jembatan antara pelaku bisnis dan para calon pembeli agar komunikasi dapat berjalan dengan lebih mudah dapat terjalin lebih cepat dan efisien. Dengan menggunakan sosial media, maka para pengguna tidak perlu lagi untuk memikirkan dimana lokasi orang yang nantinya akan dihubungi dan waktu ketika dihubungi. Dengan jalan memanfaatkan sosial media, maka akan dapat menjadi salah satu strategi promosi produk dan jasa yang lebih kreatif, sehingga akan membuat pesan yang nantinya akan Anda kirim kepada pihak lain dan akan segera sampai dalam hitungan detik saja.

3. Perangkat Mobile.

Seiring dengan semakin berkembangnya teknologi komunikasi, maka dengan membawa perangkat sejenis mobile saat ini yang semakin canggih dan dapat berlangsung secara lebih cepat. Sudah banyak sekali diantara produk-produk dari peralatan telekomunikasi seperti tablet, phablet, smartphone yang telah mengadopsi teknologi terkini.

Dengan menggunakan smartphone, maka setiap orang akan dapat saling terhubung dengan begitu mudah. Tidak hanya dengan memanfaatkan model suara, namun juga dapat berupa teks. Selain itu model visual dan suara seperti video call juga akan semakin membuat komunikasi terasa jauh lebih dekat. Bahkan untuk saat ini smartphone bisa menggunakan aplikasi yang dapat menghubungkan banyak orang secara langsung melalui sosial media. Hal ini juga dapat Anda manfaatkan dalam melakukan promosi produk dan jasa milik Anda.

4. Video Online.

Dewasa ini, dengan membuatkan suatu produk ke dalam tampilan visual telah menjadikan suatu model terbaru dalam strategi promosi produk dan jasa. Video dapat menampilkan bisnis yang sedang Anda tawarkan terhadap para calon konsumen. Dengan memanfaatkan video, maka produk akan dapat ditampilkan secara lebih mendetail. Selain itu, fitur suara dan teks juga akan menjadi sebuah penambah informasi yang lebih detail tentang spesifikasi dari produk tersebut. Hal ini juga dapat menjadi salah satu cara dalam promosi yang lebih kreatif, seakan-akan para pembeli dapat melihat secara langsung produk yang sedang Anda tawarkan dengan lebih nyata. Saat ini sudah banyak sekali situs untuk meng upload video secara gratis yang mungkin dapat Anda manfaatkan dalam hal berpromosi produk dan jasa Anda. Selain itu situs tersebut juga dapat Anda gunakan untuk berkomunikasi lagsung kepada para anggota lain dari situs tersebut.

5. Menyebarkan Iklan Dengan Gratis.

Untuk sebagian bisnis yang berskala kecil, promosi merupakan salah satu hal yang seringkali begitu memberatkan mereka. Oleh karenanya, promosi tetap harus dilakukan, namun harus mengutamakan biaya yang lebih rendah. Media internet tentunya akan dapat menjadi salah satu andalan dengan cara melakukan penyebaran iklan secara gratis. Saat ini dari internet telah banyak sekali media online yang telah diciptakan dengan tujuan sebagai tempat untuk memasang iklan secara gratis tanpa harus membayar. Dimana pengguna akan dapat mendaftar secara Cuma-Cuma dan menulis penawaran tentang promosi produk dan jasa tanpa harus mengeluarkan uang sepeserpun. Bahkan terdapat pula beberapa jenis situs yang telah menyediakan iklan baris dengan gratis tanpa harus mendaftar terlebih dahulu. Sehingga hanya cukup tahu tentang bagaimana cara untuk membuat iklan baris dan menuliskan barang atau jasa apa saja yang Anda jual tanpa harus mendaftar terlebih dahulu.

Semoga dengan mengikuti trend dari strategi dalam berpromosi produk dan jasa yang lebih kreatif seperti diatas akan menjadikan bisnis Anda semakin lebih dekat dengan jalur kesuksesan.

 

 

 

 

Groedu Inti Global Inovasi (Groedu Trainer Pelatihan Pemasaran Bisnis)

Cito Mall – Jl. A. Yani 288 (Bunderan Waru), Lantai UG, US 23, No. 3 & 5 Surabaya.

Hp : Frans : 0818521172 (XL)
Simpati  : 081-252982900
Office (only call no sms)  : 0811-3444-910
Fast Respon Email : groedu@gmail.com/groedu_inti@hotmail.com

 

Submit a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>