TwitterRssFacebook
Submit a New Listing

SEPUTAR PENGERTIAN DAN JENIS-JENIS PELANGGAN (CUSTOMER)

SEPUTAR PENGERTIAN DAN JENIS-JENIS PELANGGAN (CUSTOMER)

Setiap bisnis pastinya bertujuan untuk bisa mendapatkan laba dan juga untuk menciptakan kepuasan bagi para konsumennya. Apabila pelanggan merasa puas dengan produk perusahaan, maka perusahaan juga akan mendapatkan banyak sekali manfaat, seperti hubungan perusahaan dengan para pelanggan menjadi semakin lebih baik dan harmonis, para pelanggan akan menjadi semakin loyal terhadap produk perusahaan serta akan membentuk efek rekomendasi dari satu pelanggan kepada pelanggan lainnya.

Hal seperti ini tentunya akan sangat menguntungkan perusahaan, karena informasi yang berasal dari mulut ke mulut jauh lebih baik daripada harus bersusah payah menpromosikan melaui iklan. Berikut ini adalah penjelasan tentang definisi pelanggan.

Apa Pengertian pelanggan?

Pelanggan adalah berupa perorangan, kelompok, instansi, lembaga, atau organisasi yang membeli produk perusahaan secara rutin karena produk yang dibelinya dirasa sangat bermanfaat. Dapat dikatakan juga pelanggan, yaitu orang-orang yang memberikan perhatian penuh terhadap produk yang dihasilkan oleh perusahaan.

Apa hubungan perusahaan dengan pelanggan?

Pelanggan bukan hanya orang yang mendatangkan keuntungan bagi perusahaan, namun pelanggan juga adalah orang yang memiliki rasa ingin dihormati dan merupakan bagian terpenting bagi perusahaan. Kepuasan pelanggan merupakan respon yang begitu emosional dari para pelanggan kepada evaluasi terhadap pengalaman saat mereka menggunakan suatu produk.

Jenis-Jenis Pelanggan

Secara umumnya pelanggan terbagi menjadi tiga jenis, yaitu:

1. Pelanggan Ekseternal.

Merupakan kelompok atau orang yang berada dari luar perusahaan yang menerima produk. Pelanggan eksternal pada setiap perusahaan merupakan masyarakat umum yang bisa dengan mudah menerima produk dari perusahaan. Adapun beberapa hal yang diperhatikan oleh pelanggan eksternal diantaranya adalah: kesesuaian dengan kebutuhan mereka, kualitas produk, harga yang kompetitif, pengiriman yang tepat waktu dan pelayanan yang baik.

2. Pelanggan Internal.

Merupakan kelompok atau orang dalam perusahaan yang memiliki pengaruh besar terhadap performa pekerjaan. Adapun hal-hal yang diperlukan oleh pelanggan internal diantaranya adalah: kerjasama, kerja tim, sistem dan struktur kerja yang lebih efesien, pekerjaan yang berkualitas serta pengiriman yang tepat waktu.

3. Pelanggan Antara.

Merupakan kelompok atau orang yang bertindak sebagai perantara produk, akan tetapi bukan sebagai pemakai akhir dari produk perusahaan. Misalnya seperti agen perjalanan yang bertindak sebagai pemesan kamar penginapan untuk para pemakai akhir (konsumen) atau seperti distributor yang bertindak dalam mendistristibusikan produk-produk milik perusahaan kepada para pengecer.

Nah, itulah beberapa penjelasan singkat seputar pengertian dan jenis-jenis pelanggan. Semoga penjelasan ini dapat memberikan manfaat bagi Anda sekalian dan  terimakasih salam sukses.

 

 

 

Groedu Inti Global Inovasi (Groedu Trainer Pelatihan Pemasaran Bisnis)

Cito Mall – Jl. A. Yani 288 (Bunderan Waru), Lantai UG, US 23, No. 3 & 5 Surabaya.

Hp : Frans : 0818521172 (XL)
Simpati  : 081-252982900
Office (only call no sms)  : 0811-3444-910
Fast Respon Email : groedu@gmail.com/groedu_inti@hotmail.com

 

 

Submit a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>