TwitterRssFacebook
Submit a New Listing

PERAN PENTING STRATEGI PSIKOLOGI WARNA DALAM UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KONVERSI PENJUALAN

PERAN PENTING STRATEGI PSIKOLOGI WARNA DALAM UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KONVERSI PENJUALAN

Perhatikanlah sekeliling Anda untuk saat ini, tentunya terdapat berbagai macam jenis warna yang sangat bervariasi. Kemudian, apakah Anda tahu bahwa warna yang sangat bervariasi tersebut tentunya bisa sangat mempengaruhi psikologi seseorang? Sebelum membahas tentang peran penting dari psikologi warna untuk meningkatkan konversi penjualan, terdapat satu hal yang ingin perlu untuk dipertanyakan, yaitu:

Apakah Anda akan langsung membaca konten yang berada di dalamnya pada saat Anda mengunjungi sebuah website maupun blog?

Jawabannya adalah : tentu saja TIDAK. Biasanya hal utama yang seringkali tertangkap langsung oleh mata kita pastinya adalah dari sebuah warna yang berasal dari home page website yang sedang kita kunjungi tersebut.

Apabila permainan warna pada suatu website yang sedang kita kunjungi sangat tepat, maka tentunya akan menjadikan para pengunjung akan memutuskan untuk senang berlama-lama berada di website kita tersebut dan selanjutnya akan berpeluang lebih besar untuk membaca semua jenis pesan informasi yang terdapat pada website tersebut.

psikologi_warna_pada_desain_grafis2Tentunya pada saat Anda sebagai seorang pelaku bisnis yang selalu melakukan usaha persuasif, target utamanya adalah dari emosi. Tidak ada gambar atau bahkan kata-kata yang setara untuk memainkan emosi seseorang selain hanya dengan komposisi warna. Namun sampai saat ini, psikologi warna masih tetap menjadi perdebatan tersendiri dalam hal pemasaran. Hal itu di karenakan oleh adanya preferensi warna akan sangat bervariasi antara satu orang dengan orang yang lainnya.

Contohnya saja pada saat pemilihan sebuah warna kaos, antara diri Anda dengan teman Anda bisa saja akan berbeda pendapat antara satu orang dengan orang yang lainnya. Namun tidak peduli apakah Anda sedang mendesain sebuah website, merek bisnis atau bahkan sebuah cover buku. Komposisi warna yang akan Anda pilih pastinya menentukan bagaimana suasana hati seseorang dan akan memberikan banyak sekali pengaruh yang begitu kuat kepada orang yang akan melihatnya.

Sebenarnya terdapat banyak sekali para merk top bisnis, yang secara terus-terusan semakin meningkatkan mengetahuan mereka dalam hal psikologi warna seperti ini. Hal itu dikarenakan warna dapat berdampak sangat besar kepada peningkatan penjualan. Sebelum kita akan lebih jauh lagi dalam membahas tentang psikologi warna, yang harus Anda ketahui bahwa psikologi warna seperti ini tidak berarti bahwa Anda harus bisa memanipulasi pelanggan Anda untuk bisa membeli apapun yang mereka tidak membutuhkannya.

Namun sebaliknya, dengan jalan menerapkan psikologi warna dalam penggunaan warna yang lebih sesuai, maka akan dapat memberikan Anda keuntungan di atas para kompetitor Anda serta akan dapat memberikan kesempatan bagi Anda untuk memenuhi berbagai kebutuhan para pelanggan, menyampaikan pesan secara lebih efektif serta salah satu hal yang terpenting adalah untuk membangun merk dari perusahaan Anda.

Psikologi Warna dan Hubungannya Dengan Pemasaran

Pada saat Anda sudah benar-benar memahami tentang psikologi warna, maka itu berarti bahwa Anda akan dapat memanfaatkan pengetahuan tersebut dalam usaha untuk peningkatan konversi Anda. Psikologi warna tentunya akan bisa semakin memungkinkan bagi Anda dalam upaya untuk memprediksikan tentang bagaimana pelanggan Anda akan menanggapi bagaimana pesan-pesan pemasaran yang ingin Anda sampaikan kepada mereka berdasarkan dari penggunaan warna yang sudah sesuai dengan psikologi mereka.

Bahkan, Anda juga bisa menggunakan pewarnaan ini ke dalam sebuah button Call to Action (CTA) dan link.  Itu semua adalah berupa dasaran dari pemahaman psikologi pelanggan (customer). Warna akan selalu dapat mendefinisikan sebagian besar dari keberadaan serta sejarah dari kita. Warna merupakan bagian terpenting dari pesan yang ingin segera disampaikan dan berupa simbol-simbol dari sebuah makna yang tersembunyi didalamnya.

Sedangkan maksud dari psikologi itu sendiri tentunya memiliki hubungan yang erat dengan studi tentang pikiran manusia. Dalam dunia internet marketing, psikologi sangat membantu dalam melakukan prediksi tentang bagaimana orang yang menjadi target pasar akan menanggapi sebuah pesan pemasaran yang berbeda-beda sebelum nantinya mereka akan memutuskan untuk membeli produk yang sedang di tawarkan.

Pada saat Anda ingin menjual pakaian, jasa, kamera digital, dan lain sebagainya tentu akan sangat penting untuk memastikan bahwa warna yang telah Anda pilih tersebut dapat memberikan pengaruh yang begitu kuat dengan setiap elemen dari pemasaran Anda.

Menurut psikologi, dikatakan bahwa foto-foto orang akan menjadi lebih efektif dalam mempengaruhi bagaimana suasana hati dari si subjek persuasif. Tentunya warna akan bisa semakin meningkatkan value dari sebuah produk yang sedang di tawarkan dan juga dari suatu website. Apabila warna yang sedang digunakan sudah tepat serta pelanggan Anda juga bisa menerima hal tersebut maka dapat dipastikan bahwa Anda tentunya akan mendapatkan dampak yang begitu luar biasa terhadap terjadinya peningkatan pembelian, terlepas dari begitu besarnya harga yang sudah Anda tetapkan.

Contohnya adalah Anda dapat melihat pewarnaan yang tepat pada website brand terkenal dengan background website yang berwarna cerah, akan semakin menjadikan halaman slider utama jauh lebih menonjol. Dengan jalan memainkan warna dan foto yang sesuai pada slider, maka hal itu akan semakin memaksa orang yang mengunjungi website tersebut untuk melihat-lihat dan menjadi lebih terfokus kepada pesan yang ingin di sampaikan pada setiap slider tersebut.

Kesalah Pahaman Tentang Psikologi Warna

Sebenarnya sangat di sayangkan bahwa akibat dari peran warna dari strategi pemasaran dan branding telah banyak sekali menyebabkan munculnya beberapa mitos umum. Apabila Anda beranggapan bahwa warna orange merupakan warna yang terbaik untuk sebuah button CTA maka hal itu adalah salah besar.

Yang perlu untuk diingat adalah bahwa, tidak terdapat satu warnapun yang terbaik untuk kampanye selain dengan melakukan pengujian dari berbagai macam jenis pilihan warna tersebut, selain itu yang terpenting juga adalah harus adanya bukti dengan jalan melampirkan sebuah data.

Namun keberhasilan yang seringklai di dapatkan dari suatu website dengan website yang lain juga akan menjadi berbeda tentang warna dari button CTA. Maka dari itu hal itu juga tetap membutuhkan adanya percobaan serta pembuktian dalam hal melakukan perbandingannya.

 

 

 

 

 

Groedu Inti Global Inovasi (Groedu Trainer Pelatihan Pemasaran Bisnis)

Cito Mall – Jl. A. Yani 288 (Bunderan Waru), Lantai UG, US 23, No. 3 & 5 Surabaya.

Hp : Frans : 0818521172 (XL)
Simpati  : 081-252982900
Office (only call no sms)  : 0811-3444-910
Fast Respon Email : groedu@gmail.com/groedu_inti@hotmail.com

Submit a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>