TwitterRssFacebook
Submit a New Listing

PENTINGNYA MEMILIKI KECERDASAN EMOSIONAL DALAM PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN

PENTINGNYA MEMILIKI KECERDASAN EMOSIONAL DALAM PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN

Seorang pengusaha yang profesional akan selalu bersedia untuk melalui berbagai macam jenis proses pembelajaran yang terus berkelanjutan. Meskipun dalam menjalankan usahanya dia telah memiliki karyawan, namun seorang pengusaha harus tetap bisa untuk memahami setiap proses bisnisnya termasuk juga dalam hal strategi pemasaran.

Strategi pemasaran yang disusun akan menjadi semakin lengkap jika diikuti dengan kecerdasan emosional yang baik agar dapat berjalan dengan seimbang.

kecerdasan emosionalLalu kecerdasan emosional seperti apa saja yang seharusnya dimiliki oleh seorang pengusaha ingin sukses?

1. Menentukan added value (nilai tambah) pada produk.

Faktor kejelian dalam memberikan added value atau nilai tambah pada produk yang telah dihasilkan akan sangat membantu bagi produk untuk memiliki ciri khas tersendiri, sehingga orang akan lebih tertarik atau jika tidak menutup kemungkinan akan menjadi semakin loyal terhdaap produk Anda. Penerapan added value seperti ini dapat berbentuk diskon member, penambahan fitur baru atau dengan membuat produk berkualitas lebih baik dengan harga termurah.

2. Menjadi seorang pendengar yang baik untuk sebuah saran maupun keluhan konsumen.

Untuk menjadikan strategi pemasaran Anda mampu berjalan dengan lebih efektif, maka lakukanlah pendekatan berupa survery sederhana untuk mengetahui bagaimana keinginan dan pendapat dari konsumen. Dengan demikian, maka Anda akan benar-benar dapat memahami tentang apa saja yang banyak dibutuhkan oleh target market Anda, sehingga Anda akan bisa menentukan bagaimana strategi pemasaran yang lebih tepat sasaran.

3. Perlahan namun pasti dalam mengedukasi para konsumen.

Memberikan berbagai macam informasi yang samgat bermanfaat terkait dengan produk-produk yang saat ini telah Anda, secara tidak langsung akan turut serta dalam mengedukasi para konsumen terhadap berbagai macam hal-hal baru. Misalnya: apabila produk Anda adalah sebuah produk sabun kesehatan, maka salah satu langkah untuk edukasi konsumen adalah dengan melalui gerakan awareness untuk mencegah terjadinya penyakit menular. Dengan demikian maka konsumen akan semakin tahu tentang apa saja gejala dari sebuah penyakit menular, bagaimana untuk proses penanganannya, serta apa saja langkah-langkah untuk pencegahannya. Hal ini merupakan langkah-langkah dalam promosi yang lebih smart apabila dibandingkan jika Anda secara langsung menawarkan produk Anda dengan terlalu memaksa, sehingga para konsumen akan merasa sangat terganggu.

4. Menghargai apapun pendapat konsumen.

Menarik minat para konsumen merupakan tujuan utama dalam strategi pemasaran. Pada saat calon konsumen mulai menanyakan informasi terkait dengan produk-produk Anda, maka bukan berarti orang tersebut pasti akan memilih produk tersebut. Untuk itulah maka Anda harus dapat menyikapinya dengan lebih bijak. Pelayanan yang lebih tulus dan pemahaman seputar produk yang cukup memadai akan menunjukkan betapa tingginya tingkat kompetensi Anda dan tim dalam menjalankan strategi pemasaran. Kecerdasan emosional seperti ini merupakan poin tersendiri bagi para calon konsumen dalam menilai bisnis Anda dan karena hal inilah yang akan semakin meningkatkan kredibilitas dari bisnis Anda di hadapan para konsumen, sehingga mereka tidak akan sedikitpun merasa ragu untuk merekomendasikan produk-produk milik Anda.

Ketika kecerdasan emosional tersebut sudah semakin terasah, maka Anda akan dapat semakin mendorong tim Anda untuk melakukan hal-hal yang serupa. Kerjasama dalam sebuah tim serta visi dan misi yang selaras akan semakin mendorong bisnis Anda agar bisa menjadi lebih dewasa untuk kedepannya.

 

 

 

 

 

Groedu Inti Global Inovasi (Groedu Trainer Pelatihan Pemasaran Bisnis)

Cito Mall – Jl. A. Yani 288 (Bunderan Waru), Lantai UG, US 23, No. 3 & 5 Surabaya.

Hp : Frans : 0818521172 (XL)
Simpati  : 081-252982900
Office (only call no sms)  : 0811-3444-910
Fast Respon Email : groedu@gmail.com/groedu_inti@hotmail.com

 

Submit a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>