TwitterRssFacebook
Submit a New Listing

STRATEGI MARKETING TENTANG BAGAIMANA DALAM MENGIMBANGI TREN PASAR YANG SELALU BERUBAH-UBAH

STRATEGI MARKETING TENTANG BAGAIMANA DALAM MENGIMBANGI TREN PASAR YANG SELALU BERUBAH-UBAH

Dalam dunia bisnis mengamati perkembangan pasar yang sedang menjadi tren. Yang mana sampai saat inipun pasar merupakan faktor utama yang sangat dibutuhkan oleh para pelaku bisnis. Memiliki sebuah produk yang bernilai dan berkualitas baik namun sama sekali tidak memiliki pasar yang bagus akan sia-sia saja.

tren-2018Diperlukan adanya sebuah strategi khusus dalam menjalankan sebuah bisnis agar dapat memiliki pasar yang bagus. Terlebih lagi pada saat ini untuk tren pasar sendiri juga terlalu sering berubah-ubah yang menjadikan berbagai permintaan yang berhubungan dengan produkpun juga ikut-ikutan menjadi berubah-ubah juga.

Sebagai seorang pelaku bisnis maka sudah selayaknya bagi Anda untuk mengikuti perkembangan pasar, meskipun terkadang tidak mampu untuk mengimbangi perubahan tersebut. Yang mana hal itu akan sangat bermanfaat untuk menjadikan semakin besarnya peluang bisnis yang ada untuk memenangkan ketatnya persaingan pasar. Maka untuk itulah sangat perlunya sebuah tindakan agar mampu mengimbangi untuk mengikuti perkembangan tren pasar yang selalu berubah-ubah tersebut.

Berikut ini adalah beberapa tips bagaimana dalam mengimbangi berbagai perubahan dari tren pasar yang selalu berubah-ubah.

1, Cepat mencatat berbagai kebutuhan dan keinginan dari pasar (permintaan konsumen).

Menjalankan sebuah bisnis bukan berarti harus selalu mengikuti apa yang diinginkan dari pihak konsumen. Pelaku bisnis akan selalu berupaya untuk mempelajari apa saja yang sedang dibutuhkan dan inginkan oleh pasar. Baik itu dengan cara melakukan survei secara langsung maupun memantau melalui sosial media. Kemudian akan mencatat apa saja kebutuhan dan keinginan dari pasar tersebut agar dapat membantu pelaku bisnis dalam mengetahui produk-produk seperti apa saja yang paling diminati dan sering terserap oleh pasar. Hal itu juga sebenarnya dapat dijadikan sebagai suatu bahan evaluasi tentang produk yang sedang ditawarkan pada bisnis agar dapat memberikan inovasi-inovasi yang lebih baik. Namun yang perlu untuk diingat adalah bahwa dalam menjalankan bisnis sangat penting artinya untuk memahami apa saja prioritas antara kebutuhan dan keinginan dari pasar.

2. Mengasah kemampuan kreatifitas dalam melakukan pelayanan dan pemasaran produk.

Menjadi seorang pebisnis berarti juga harus mampu untuk lebih kreatif. Yang mana seorang pebisnis bisa saja akan memiliki ciri khasnya masing-masing begitu pula dengan yang namanya kreativitas yang dilakukannya. Kreatif dalam melakukan pelayanan dan pemasaran bukan hanya sekedar didukung dengan adanya berbagai media yang dimilikinya, namun tentang bagaimana seorang pelaku bisnis dapat menyajikan pelayanan dan pemasaran dari bisnisnya. Terlebih lagi jika konsumen untuk saat ini sudah sangat pandai dalam memilih produk mana yang benar-benar kreatif dan mana yang hanya memberikan pelayanan dan pemasaran yang baik.

3. Melakukan evaluasi terhadap bisnis.

Evaluasi seperti ini harus dilakukan pada aspek bisnis secara menyeluruh seperti sebuah produk yang ditawarkan dan SDM yang ada pada bisnis tersebut. Melakukan evaluasi bisnis sangat bermanfaat untuk mengukur kemajuan apa saja yang sudah dicapai dan untuk mengetahui tentang apa saja yang masih perlu diperbaiki untuk kedepannya. Selain itu, dengan cara melakukan evaluasi akan sangat membantu kelangsungan bisnis untuk jangka panjang dalam mengetahui keinginan pasar yang selalu berubah-ubah sehingga para pelaku bisnis juga dapat mengantisipasi terlebih dahulu.

4. Menentukan segmentasi terhadap pasar.

Setiap konsumen pastinya menginginkan sebuah produk yang memiliki kualitas paling bagus dan dengan harga yang tetap terjangkau meskipun untuk tingkat kebutuhan dan keinginan mereka sendiri juga berbeda-beda.  Karena itulah, sebagai sebagai seorang pelaku bisnis harus dapat menentukan segmentasi pasar yang lebih bersifat untuk jangka panjang. Hal ini sudah menjadi sebuah keuntungan tersendiri agar secara tidak langsung akan dapat mendorong pasar agar dapat mengikuti perkembangan dari produk yang sedang ditawarkan.

5. Membedakan berbagai perubahan dari tren pasar.

Tren pasar yang lebih cenderung selalu berubah-ubah. Tentunya hal seperti ini akan menjadikan sebagai permasalahan tersendiri yang patut dipertimbangkan bagi para pelaku bisnis. Untuk itulah, sangat penting artinya sebagai seorang pelaku bisnis untuk menganalisis tentang terjadinya perubahan tren pasar, apakah perubahan tersebut dapat terjadi dalam waktu lama atau hanya sementara saja. Untuk menganalisis hal itu, maka dapat dengan cara selalu mengupdate berbagai informasi dan berinteraksi secara langsung dengan pasar. Dengan demikian maka para pelaku bisnis akan mampu membedakan apa saja yang menjadi perubahan tren dari pasar dengan dan memikirkan bagaimana cara terbaik untuk mengatasi tren pasar yang selalu berubah-ubah tersebut.

Pada dasarnya permintaan pasar akan kebutuhan dan keinginan konsumen akan terus meningkat. Sehingga hal ini juga harus dimbangi oleh para pelaku bisnis untuk tetap terus mengidentifikasikan tren pasar dan mengembangkan sebuah produk yang akan mampu menarik perhatian pasar. Selain itu juga agar mampu bersaing di tengah semakin ketatnya bisnis yang akan selalu berlomba-lomba untuk mendapatkan perhatian dari pasar.

Namun yang harus selalu diingat adalah untuk selalu menjaga kualitas produk yang ditawarkan  jauh lebih penting apabila dibandingkan jika harus terus mengikuti perkembangan dari tren pasar yang masih belum tentu membawa dampak yang positif bagi bisnis. Dari berbagai penjelasan tentang tren pasar yang selalu berubah-ubah tersebut dapat menjadi salah satu solusi bagi pebisnis dalam upaya untuk menangkap peluang dan mampu dalam meraih kesuksesan berbisnis. Semoga bisa bermanfaat dan salam sukses.

 

 

 

Groedu Inti Global Inovasi (Groedu Trainer Pelatihan Pemasaran Bisnis)

Cito Mall – Jl. A. Yani 288 (Bunderan Waru), Lantai UG, US 23, No. 3 & 5 Surabaya.

Hp : Frans : 0818521172 (XL)
Simpati  : 081-252982900
Office (only call no sms)  : 0811-3444-910
Fast Respon Email : groedu@gmail.com/groedu_inti@hotmail.com

Submit a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>