TwitterRssFacebook
Submit a New Listing

UPAYA MEMBANGUN KEUNGGULAN SEBUAH PRODUK UNTUK BERSAING DENGAN PRODUK-PRODUK LAIN YANG SEJENIS

UPAYA MEMBANGUN KEUNGGULAN SEBUAH PRODUK UNTUK BERSAING DENGAN PRODUK-PRODUK LAIN YANG SEJENIS

Setiap pengusaha biasanya akan selalu mempersiapkan strategi tertentu agar bisa menghadapi semakin ketatnya persaingan pasar dan untuk merebut para konsumen. Tentunya dengan harapan agar penjualannya dapat semakin meningkat dan disesuaikan dengan target yang telah ditetapkan.

Dan salah satu langkahnya agar suatu produk bisa menjadi nampak paling menonjol diantara yang lain di pasaran adalah dengan jalan membuat produk unggulan. Produk unggulan seperti ini memang lebih menitikberatkan kepada fitur produk dan untuk menawarkan added value dari produk tersebut. Dengan demikian maka produk tersebut bisa memiliki positioning produk yang bisa dikategorikan sebagai sebuah produk unggulan.

thumbs-upBerikut ini merupakan beberapa tips bagaimana dalam upaya untuk bisa membangun sebuah produk unggulan yang berkualitas baik.

1. Bisnis yang masih baru berjalan yang dapat tumbuh dan berkembang untuk bisa menjadi lebih besar lagi.

Jenis usaha baru jika tidak memiliki strategi yang tepat akan dengan cepat mudah hilang, karena terlalu ketatnya persaingan didunia bisnis atau karena konsumen yang sama sekali tidak mengenalinya. Memilih bidang usaha yang paling cepat tumbuh dan lebih berfokus kepada bidang tersebut adalah langkah yang jauh lebih tepat untuk mengembangkan usaha. Misalnya, pedagang mie ayam yang juga senang berjualan soto, yang mana mereka mampu membuat kuah mie sekaligus sebagai kuah soto. Tentu saja cita rasa yang nantinya akan dihasilkan menjadi semakin tidak karuan dan jika terus terjadi hal itu dipastikan akan semakin ditinggalkan oleh konsumen. maka solusinya adalah sebaiknya hanya mengelola satu jenis bidang usaha saja. Mie ayam dengan merek tersendiri atau soto yang menggunakan mereknya sendiri. Dengan demikian Anda akan bisa menjadi lebih fokus untuk semakin mengembangkannya.

2. Menanamkan branding sendiri.

Merek dalam sebuah bisnis merupakan sebuah jaminan dari kualitas dan kuantitas dari sebuah produk. Sebuah usaha bisa dikatakan settled (kuat) jika merek produknya telah diakui oleh para konsumen. Upaya untuk menanamkan merek pada konsumen seperti ini biasa disebut dengan branding. Branding yang telah sukses akan menjadikan para konsumen akan selalu ingat tentang produk Anda, misalnya, ketika ingin makan brownies yang pertama kali diingat adalah “Brownies Amanda”, jika membutuhkan peralatan rumah tangga atau adanya pertukangan, maka yang selalu diingat ialah “Ace Hardware”.

Merek-merek tersebut telah terkenal karena sudah menawarkan jenis produk yang lebih spesifik. Karena itu, meskipun dari bisnis yang sedang Anda jalankan memiliki lingkup yang jauh lebih luas, maka pilihlah salah satu yang bisa dijadikan menjadi lebih terspesialisasi dari usaha Anda. Dengan demikian, maka konsumen akan tetap mengingat usaha Anda karena ciri khas yang dimiliki.

3. Brand awareness (Kesadaran).

Dalam upaya untuk mengedukasi para konsumen melalui brand awareness memang bukanlah pekerjaan yang mudah . Diperlukan lebih banyak waktu, tenaga dan biaya agar konsumen bisa benar-benar yakin dan bersedia untuk menggunakan produk Anda.. Bisnis yang lebih spesifik pada satu bidang akan menjadi sangat membantu para pengusaha untuk dapat menanamkan brand awarenss nya pada konsumen. Produk yang lebih spesifik, ini bisa berulang kali dikomunikasikan dalam upaya untuk mengedukasi konsumen agar menjadi semakin aware (sadar) dan merasa yakin dengan produk yang Anda tawarkan. Karena hal itulah mengapa sebuah usaha yang memiliki ciri khas atau lebih spesifik dalam bidang tertentu akan bisa bertahan lebih lama di tengah semakin kuatnya gempuran dari pesaing.

4. Meningkatkan efisiensi kinerja dan semakin meningkatkan mutu produk.

Produk yang lebih berkualitas dapat dihasilkan dari bisnis yang terus tumbuh dan berkembang. Kualitas dari suatu produk tidak bisa terlepas dari adanya bahan baku yang digunakan, mulai dari proses pembuatan sampai dengan tahap akhir pengerjaan maupun finishing.

Proses produksi yang lebih efisien hanya dapat tercapai apabila usaha yang dikerjakan sudah memiliki spesialisasi (terspesialisasi), dengan demikian maka Anda akan dapat menjadi lebih fokus kepada apa yang dikerjakan. Dan karena hal inilah yang menjadi kunci utama dalam menghasilkan produk yang bermutu bagus.

Sebagian dari pelaku usaha masih ada yang merasa khawatir dengan membuat produk yang lebih spesifik akan menjadikan produk lainnya menjadi tidak laku, padahal sebenarnya tidak juga demikian. Selain dari produk unggulan yang akan bisa laku keras dipasaran karena memilki keunikan atau spesifikasi tertentu, memiliki produk unggulan artinya juga adalah bahwa Anda bisa memiliki daya ungkit dalam upaya untuk semakin mendorong terhadap penjualan produk-produk lainnya.

 

 

Groedu Inti Global Inovasi (Groedu Trainer Pelatihan Pemasaran Bisnis)

Cito Mall – Jl. A. Yani 288 (Bunderan Waru), Lantai UG, US 23, No. 3 & 5 Surabaya.

Hp : Frans : 0818521172 (XL)
Simpati  : 081-252982900
Office (only call no sms)  : 0811-3444-910
Fast Respon Email : groedu@gmail.com/groedu_inti@hotmail.com

Submit a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>