TwitterRssFacebook
Submit a New Listing

STRATEGI PEMASARAN TENTANG BAGAIMANA DALAM MEMASARKAN EBOOK MENGGUNAKAN SOSIAL MEDIA

STRATEGI PEMASARAN TENTANG BAGAIMANA DALAM MEMASARKAN EBOOK MENGGUNAKAN SOSIAL MEDIA

Pada era yang sudah serba digital seperti sekarang menjadikan teknologi yang ada saat ini banyak yang bisa kita manfaatkan melalui digital online. Dan salah satu yang sudah tren saat ini dari kecanggihan teknologi digital online adalah berupa eBook (buku digital).

Apakah Anda sudah mengetahui apa itu eBook (elektronik book)?

eBook merupakan suatu bentuk dari media baru yang berisikan tentang potongan-potongan hasil karya seseorang atau berupa tulisan dalam bentuk digital. Dan saat ini sudah menjadi semakin mudah untuk mengakses buku digital karena dengan menggunakan gadgetpun juga sudah bisa.

Buku digital dapat kita buat dengan menggunakan Microsoft Word atau Power Point yang bisa dirubah ke dalam bentuk format PDF yang kemudian akan di sebarkan melalui media online. Buku digital seperti ini terbagi menjadi dua macam berdasarkan tujuan dari si pembuatnya, terdapat buku digital yang dapat diakses secara gratis namun ada pula yang membuat buku digital menjadi berbayar untuk di jadikan sebagai sumber penghasilannya.

Strategi Dalam Berpromosi eBook (Elektronik Book)

Berbicara tentang eBook, apakah Anda sudah memiliki eBook yang menarik untuk di sebarkan?
Apakah Anda membutuhkan tips untuk mempromosikan eBook Anda tersebut?

Apabila jawabannya iya, maka teruskan membaca uraian singkat dibawah, namun jika  jawabannya adalah tidak, maka Anda tetap dapat membaca uraian ini agar semakin menambah wawasan Anda tentang bagaimana cara mempromosikan eBook.

Mengapa Harus eBook?

Tujuan sebenarnya dari eBook sendiri adalah untuk menangkap lead. Anda tentunya dapat menciptakan sebuah karya buku digital dengan mengubah konten yang sangat bernilai serta tidak dapat ditemukan dalam pencarian online manapun. Sebagian dari pemasaran konten dengan buku-buku digital, yaitu dari tahap pembuatan karya, dan sebagian lainnya adalah untuk mempromosikan buku digital untuk meningkatkan ROI.

Buku digital juga dapat dimanfaatkan sebagai lead magnet apabila Anda memiliki produk yang ingin ditawarkan dan dapat disesuaikan dengan target market Anda. Namun sebelum itu, Anda harus memastikan dulu bahwa Landing Page (Halaman Arahan) dalam mendapatkan data-data dari calon konsumen (yang biasanya berupa nama dan alamat email) yang sudah terintegrasi dengan Autoresponder.

picture13648501104531Berikut ini merupakan cara bagaimana dalam mempromosikan eBook Anda pada media sosial agar dapat menghasilkan lead.

1. Membuat Teasers Sosial.

Langkah ini biasa disebut dengan teasers karena memang bertujuan untuk menggoda para audience dengan menggunakan penggalan-penggalan inti dari ebok, serta apabila Anda memiliki keinginan yang lebih dalam membuat buzz di sekeliling konten yang ingin Anda promosikan, sehingga muncul hasrat ingin meng-klik konten yang Anda buat. Jangan lupa untuk menggunakan hashtag popular yang berkaitan dengan konten buku digital tersebut.

2. Pin Tweet.

Fitur pin pada twitter nyatanya juga sangat efektif, karena fitur ini dapat melakukan pin tweet yang Anda pilih untuk menjadi pada bagian teratas dari feed Anda. Dengan begitu tweet yang di selipkan akan menjadi post pertama yang nantinya akan banyak dilihat oleh pengunjung akun milik Anda.

Pilihlah tweet yang relevan dengan buku digital kemudian pin agar dapat menyorot pada buku digital Anda, lalu klik kanan pada tweet tersebut pada opsi lalu pilih pin ke halamam profil.

3. Desain Banner Sosial.

Salah satu yang bisa menjadi sumber perhatian saat mengunjungi halaman media sosial adalah banner. Maka dari itu hal ini juga dapat membantu Anda dalam mempromosikan eBook Anda. Anda dapat menjadikan cover eBook sebagai banner promosi Anda pada akun media sosial milik Anda seperti Facebook dan Twitter.

4. Pengaruh Influencer.

Influencer merupakan orang-orang yang memiliki banyak followers pada media sosialnya. Bukan itu saja, apapun yang di update oleh mereka biasanya akan selalu menarik perhatian followersnya dan bahkan sampai menginspirasi para followersnya di jejaring sosial.
Mereka benar-benar dapat membantu Anda dalam mempercepat dan memperlancar strategi promosi yang sedang Anda jalankan.

5. Memposting di Komunitas/Grup.

Tahukah Anda bahwa Gogle+, Slideshare, LinkedIn serta Facebook Group merupakan rumah dari berbagai jenis komunitas yang berbeda-beda yang mana para marketer berkumpul dalam membahas tren-tren tertentu.

Setelah Anda bergabung dalam suatu komunitas pada jejaring social, maka luangkan sedikit waktu Anda untuk saling mengenal para anggota lainnya sebelum Anda mulai mempromosikan eBook milik Anda. ikutlah dalam diskusi, serta memberikan like serta setiap komentar pada postingan mereka untuk membangun hubungan jangka panjang.

Lihatlah direktori group pada LinkedIn dalam menemukan kelompok yang relevan dengan industry Anda atau dengan membuat group Anda sendiri maka kemudian membicarakan tentang isi dari eBook Anda kepada para audiens yang mungkin bisa tertarik dengan eBook Anda.

Pada Google+, Anda juga masih dapat menemukan ratusan komunitas yang bisa dimasuki. Platform Google+ membuatnya menjadi sangat mudah dalam mempromosikan konten dengan menggunakan pilihan untuk dapat menyertakan link, gambar serta video dalam postingan Anda.

6. Membayar untuk Melakukan Iklan.

Untuk menjamin agar eBook Anda bisa mendapatkan banyak sekali perhatian di depan audiens yang merasa tertarik dengan konten milik Anda, maka cobalah untuk mempertimbangkan kembali untuk membayar posting yang diiklankan oleh sebuah platform seperti Facebook.
Postingan Anda akan langsung muncul di news feed dan slidebars pada Facebook. Anda tentunya bisa menambah kesempatan seperti ini dalam mendapatkan lebih banyak lagi klik apabila menggunakan cara seperti yang satu ini.

Pastikan iklan yang Anda buat bisa mampu mengundang orang lain untuk mengklik postingan Anda tersebut. Gunakan gambar yang lebih menarik dari eBook serta termasuk potongan dari salinan persuasive. Selain Facebook, Anda juga bisa menggunakan Twitter untuk mempromosikan konten-konten milik Anda.

Nah, setelah kita membahas tentang bagaimana strategi dalam mempromosikan eBook pada media sosial, sekarang giliran Anda sendiri yang menentukan, apakah Anda merasa tertarik untuk mencobanya?

eBook merupakan cara yang lebih unik agar bisa stand-out dengan menampilkan keahlian yang Anda miliki dalam membuat sebuah karya serta dapat menjadikannya sebagai sebagai sebuah lead magnet. Dengan cara menerapkan beberapa strategi di atas semoga dapat semakin membantu Anda dalam meningkatkan jumlah pelanggan yang akan mendownload eBook karya Anda. terimakasih dan salam sukses.

 

 

 

Groedu Inti Global Inovasi (Groedu Trainer Pelatihan Pemasaran Bisnis)

Cito Mall – Jl. A. Yani 288 (Bunderan Waru), Lantai UG, US 23, No. 3 & 5 Surabaya.

Hp : Frans : 0818521172 (XL)
Simpati  : 081-252982900
Office (only call no sms)  : 0811-3444-910
Fast Respon Email : groedu@gmail.com/groedu_inti@hotmail.com

 

Submit a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>