TwitterRssFacebook
Submit a New Listing

STRATEGI-STRATEGI PEMASARAN MELALUI JARINGAN MEDIA SOSIAL

STRATEGI-STRATEGI PEMASARAN MELALUI JARINGAN MEDIA SOSIAL

Salah satu diantara negara berkembang yang memiliki pengguna situs jejaring sosial terbesar di dunia adalah Indonesia. Bagi masyarakat Indonesia (khususnya para remaja) jejaring sosial seperti: facebook, youtube, twitter bahkan aplikasi yang berbasis messenger seperti: whatsapp, line, BBM, Kakao dan lain sebagainya bukanlah suatu hal yang tabu di kalangan remaja Indonesia. Maka dari itu sangat tidak mengherankan apabila jejaring sosial untuk saat ini lebih sering digunakan sebagai salah satu alternatif bagi setiap pemilik bisnis untuk memasarkan produknya atau sekedar untuk memperkenalkan bisnisnya.

social-media-marketing-1080x675Apabila Anda sangat berkeinginan kuat untuk melakukan pemasaran dengan memanfaatkan jejaring sosial, maka tentunya Anda juga harus membangun strateginya terlebih dahulu. Untuk saat ini sosial media lebih sering dijadikan sebagai salah satu tools marketing yang dirasa lebih efektif dan tentunya (gratis) untuk membantu strategi pemasaran pada sebuah bisnis.

Berikut merupakan strategi pemasaran yang bisa dengan mudah dilakukan melalui media sosial yang dapat Anda coba terapkan dalam upaya untuk semakin menambah wawasan Anda dalam menyusun berbagai strategi marketing untuk pemasaran bisnis milik Anda.

1. Membangun Jaringan Bisnis Melalui Fans Club/Fans Page.

Jika bisnis Anda sudah memiliki banyak sekali pelanggan, maka tidak ada salahnya untuk menilai tentang seberapa besar respon dari para konsumen terhadap produk Anda. untuk bisa mengetahui apakah produk Anda menurut mereka terbilang bagus atau tidak, maka Anda perlu untuk melakukan sebuah survey. Namun dalam hal ini bisa saja terdapat adanya kemungkinan yang bisa jadi tidak kita inginkan seperti: diantara beberapa pelanggan ada yang merasa tidak tertarik bahkan sama sekali tidak ingin untuk mengisi survey. Untuk mengatasi masalah ini namun Anda tetap bisa mendapatkan testimonial dan feedback dari pelanggan terkait dengan produk Anda, maka sebaiknya Anda membuat sebuah perkumpulan/komunitas khusus untuk mengumpulkan seluruh konsumen agar mereka bisa mengeluarkan segala keluhan serta apa yang diinginkan terkait dengan produk Anda pada satu tempat yang sama.

2. Bereaksi secara lebih efektif.

Apabila Anda ingin lebih berfokus teehadap pemasaran produk pada media internet, maka hal yang terpenting dan harus segera dilakukan adalah dengan bereaksi secara lebih efektif. Bereaksi secara efektif ini berarti bahwa Anda harus berusaha untuk memberikan respon dari berbagai macam pertanyaan yang berhubungan tentang produk Anda dengan secepat mungkin. Kemudian apabila Anda memiliki akun media sosial seperti: twitter, facebook dan lain sebagainya, usahakan untuk melakukan update status secara berkala. Buatlah para pengikut akun media sosial bisnis Anda tetap percaya bahwa akun tersebut benar-benar nyata dan aktif milik perusahaan Anda.

3. Mendengarkan apapun yang disampaikan oleh konsumen.

Berbagai jenis dari situs jejaring sosial merupakan salah satu tempat terbaik bagi Anda untuk mengidentifikasikan keinginan konsumen. Contohnya apabila bisnis Anda lebih banyak bergerak pada bidang kuliner, lalu suatu ketika Anda melihat jejaring sosial dan disana terdapat seorang atau bahkan beberapa konsumen yang membutuhkan makanan seperti yang Anda jual namun konsumen tersebut tidak mampu untuk menjangkau secara langsung, maka dari pengamatan tersebut, hal yang mungkin dapat Anda tambahkan pada bisnis Anda adalah berupa layanan delivery order yang bertujuan untuk memberikan solusi kepada konsumen yang menginginkan produk seperti yang Anda jual namun sulit sekali untuk menjangkaunya.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat yang dapat Anda ambil dengan melakukan sharing secara langsung terhadap konsumen, selain itu Anda juga bisa membangun sebuah hubungan yang lebih baik terhadap konsumen apabila Anda menjalin komunikasi yang baik dengan mereka. Dan untuk kedepannya konsumen tersebut bisa saja akan menjadi konsumen yang lebih loyal terhadap bisnis Anda.

4. Mengkomunikasikan pesan-pesan promosi yang baik.

Mungkin saja sesekali Anda dapat menulis sesuatu pada jejaring sosial Anda yang berhubungan dengan promosi produk. Seperti yang sudah direncanakan dari awal bahwa penggunaan jejaring sosial ini memang bertujuan untuk melakukan pemasaran produk. Sehingga dalam hal itu Anda tidak perlu lagi untuk menunggu berbagai intruksi dari siapapun karna secara otomatis Anda sudah melakukan promosi produk dengan sendirinya. Namun yang harus selalu diingat adalah, pada saat Anda melakukan promosi tentang produk yang telah Anda jual, maka pilihlah waktu yang lebih tepat. Usahakan untuk tidak meng update status yang berisi tentang promosi produk Anda setiap hari, karena hal itu dapat menjadikan para followers Anda semakin bosan dan akan merasa jenuh lalu keluar meninggalkan fans page produk Anda.

5. Menjalin hubungan relasi dengan konsumen.

Tidak bisa disangkal lagi bahwa pada saat Anda lebih aktif dalam memanfaatkan jejaring sosial, maka nantinya Anda pasti akan bisa berkomunikasi dengan banyak sekali orang baik yang berasal dari mancanegara. Dalam upaya untuk lebih mengoptimalisasi bisnis Anda agar dapat berkembang pesat di media sosial, maka Anda dapat menambahkan atau sedikit lebih memperluas jaringan relasi Anda. Maka dengan begitu besarnya kemungkinan bagi Anda untuk bertemu dengan para calon investor yang merasa tertarik dengan bisnis Anda.

Dan itulah beberapa strategi yang bisa coba Anda terapkan atau untuk sedikit menambah wawasan Anda tentang bagaimana strategi pemasaran dalam dunia bisnis melalui media online yang sesungguhnya. Semoga bisa bermanfaat dan salam sukses.

 

 

 

 

Groedu Inti Global Inovasi (Groedu Trainer Pelatihan Pemasaran Bisnis)

Cito Mall – Jl. A. Yani 288 (Bunderan Waru), Lantai UG, US 23, No. 3 & 5 Surabaya.

Hp : Frans : 0818521172 (XL)
Simpati  : 081-252982900
Office (only call no sms)  : 0811-3444-910
Fast Respon Email : groedu@gmail.com/groedu_inti@hotmail.com

 

Submit a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>