TwitterRssFacebook
Submit a New Listing

PERBEDAAN MENDASAR ANTARA STRATEGI PEMASARAN DAN STRATEGI PENJUALAN

PERBEDAAN MENDASAR ANTARA STRATEGI PEMASARAN DAN STRATEGI PENJUALAN

Pemasaran dan penjualan seringkali terdengar menjadi suatu hal yang sangat penting dalam menjalankan sebuah bisnis. Yang mana kedua hal itu memiliki kolerasi yang sangat kuat untuk menentukan kesuksesan dari bisnis yang sedang dijalankan. Dengan begitu peran pemasaran dan penjualan seperti ini juga harus diketahui, terlebih lagi jika kondisi perekonomian dunia saat ini sedang mengalami perubahan yang begitu pesat karena beberapa faktor, seperti: globalisasi dan teknologi yang terus mendorong untuk terjadinya persaingan dalam dunia bisnis yang semakin ketat. Sehingga sebagai seorang pelaku bisnis yang menginginkan kesuksesan dan agar mampu bertahan di tengah semakin ketatnya persaingan terhadap dunia bisnis yang sedang dijalankan, maka sudah seharusnya untuk mengetahui tentang apa itu pemasaran dan apa sebenarnya penjualan.

indexLalu apa yang dimaksud dengan pemasaran dan penjualan?

Pemasaran sendiri merupakan suatu kegiatan atau proses sosial yang mana seseorang akan mendapatkan apa yang dibutuhkan dan diinginkan kemudian akan menciptakan dan mempertukarkan produk dengan seseorang lainnya. Yang mana pelaku bisnis harus melakukan pemasaran terkait dengan produk yang ditawarkan berdasarkan dengan kebutuhan atau keinginan dari konsumen, yang nantinya antara pelaku bisnis dan konsumen akan menukarkan produk dengan nilai dari produk tersebut.

Pada pemasaran sendiri perlu dilakukan adanya suatu perencanaan yang lebih matang, mengingat hal seperti inipun menyangkut dengan urusan hasil penjualan produk yang ditawarkan. Sehingga biasanya pelaku bisnis akan melakukan perencanaan yang lebih berorientasi kepada hasil untuk jangka panjang. Proses pemasaran produk pun terdapat beberapa tahapan, seperti pelaku bisnis harus menentukan atau mengetahui tentang apa saja yang diinginkan dan dibutuhkan oleh konsumen, kemudian memproduksi atau mencari solusi yang terkait dengan bagaimana dalam memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen.

Dengan demikian maka dapat dikatakan bahwa pemasaran seperti ini terkait pada tingkat kepuasan konsumen dan pemasaran akan menjadi penentu utama terkait dengan kebutuhan dan keinginan dari pasar (konsumen)  serta pada pemberian keputusan yang diinginkan dengan lebih efektif untuk menghindari terjadinya ketertinggalan dengan para pesaingnya.

Sedangkan penjualan sendiri merupakan suatu kegiatan yang lebih teratur untuk mengembangkan rencana-rencana yang strategis dan lebih berfokus untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan dari pembeli, agar mendapatkan penjualan produk dan mampu menghasilkan keuntungan. Dimana pada penjualan disini memang lebih menekankan terkait dengan urusan produk yang sedang ditawarkan oleh para pelaku bisnis, dan memikirkan strategi tentang bagaimana produk tersebut dapat terjual.

Untuk perencanaan penjualan seperti ini memang lebih pada orientasi untuk jangka pendek berdasarkan produk dan bagaimana kondisi pasar. Selain itu, penjualan seperti ini memang lebih menekankan pada kebutuhan dari pelaku bisnis, karena pelaku bisnis juga harus mampu untuk menjual produk yang ditawarkan.

Dari berbagai penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa pemasaran dan penjualan seperti ini sangat perlu adanya kemajuan bisnis dan keduanya harus memiliki hubungan yang lebih kuat. Dimana dengan melakukan pemasaran akan semakin mendorong untuk terjadinya penjualan yang lebih efektif, sehingga akan mampu mendatangkan keuntungan dari produk yang sedang ditawarkan.

Lalu langkah seperti apa untuk melakukan pemasaran dan penjualan yang lebih efektif?

Sebenarnya untuk melakukan pemasaran dan penjualan seperti ini dapat memberikan keuntungan dan kesuksesan tersendiri pada bisnis yang sedang dijalankan. Sehingga untuk melakukannya harus lebih memperhatikan beberapa langkah atau strategi khusus yang terkait urusan pemasaran dan penjualan seperti penjelasan berikut:

1. Lebih memperhatikan kebutuhan dan keinginan konsumen.

Dalam memperhatikan kebutuhan dan keinginan para konsumen ini menjadi poin terpenting untuk melakukan pemasaran dan penjualan produk yang sedang ditawarkan dengan lebih efektif. Yang mana telah dijelaskan sebelumnya bahwa pemasaran yang baik dapat dilakukan jika lebih menekankan kepada kebutuhan dan keinginan dari konsumen. Karena hal ini sudah menjadi acuan utama bagi para pelaku bisnis untuk menciptakan produk yang benar-benar sesuai dengan yang konsumen inginkan dan kemudian produk tersebut dapat terjual dengan baik dan mampu mendatangkan keuntungan tersendiri. Akan tetapi, jika pelaku bisnis tidak mampu memperhatikan kebutuhan dan keinginan dari konsumen pada saat memproduksi suatu solusi, maka dapat dipastikan bahwa mereka akan mengalami kendala terkait dengan urusan pemasaran dan penjualan produk yang sedang ditawarkan.

2. Melakukan survei terhadap pasar.

Setelah memperhatikan berbagai kebutuhan dan keinginan dari konsumen, ini maka hal yang selanjutnya harus dilakukan adalah melakukan survei pasar. Melakukan survei pasar ini bertujuan untuk membantu para pelaku bisnis dalam mengetahui apakah produk yang ditawarkan sudah memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen atau tidak dan cukup berguna untuk melakukan evaluasi atau perbaikan terkait urusan produk yang ditawarkan. Tentunya jika hal seperti ini dilakukan maka akan sangt membantu para pelaku bisnis untuk membuat produk yang lebih baik dari sebelumnya.

3. Melakukan pemasaran melalui beberapa jenis media.

Melakukan strategi pemasaran dapat dilakukan dengan beberapa macam cara, baik itu adalah secara tradisional maupun dengan cara lain seperti memanfaatkan media sosial. Media-media pemasaran seperti ini harus diperhatikan oleh para pelaku bisnis. Karena dengan memanfaatkan media pemasaran yang lebih tepat, maka akan mampu mendatangkan ketertarikan tersendiri dari para konsumen terhadap produk yang sedang Anda tawarkan. Sehingga sebagai seorang pelaku bisnis harus memanfaatkan media seperti brosur, banner, maupun media sosial seperti instagram, website-website lainnya.

4. Menentukan harga jual yang sebanding dengan harga pasar.

Harga jual akan sangat menentukan tingkat pemasaran dan penjualan dari produk yang lebih optimal. Hal ini dikarenakan jika harga yang ditentukan mampu sebanding dengan harga pasar dan disesuaikan dengan kualitas maupun sistem pelayanan yang diberikan oleh pelaku bisnis, maka hal ini akan mampu mendorong adanya angka penjualan yang lebih tinggi. Sebaliknya jika harga tidak sebanding dengan harga pasar dengan kualitas atau pelayanan yang buruk, maka angka penjualanpun akan semakin rendah.

Karena konsumen sekarang sudah menjadi semakin pandai dalam memilih produk dengan baik, terutama dalam urusan kualitas, harga dan pelayanan yang akan diberikan. Selain itu, untuk mendukung target pemasaran dan penjualan yang lebih optimal, maka sebaiknya menentukan harga bukan hanya harus sesuai dengan kualitas dan pelayanan, akan tetapi juga harus sesuai dengan target pasarnya.

Demikianlah penjelasan singkat terkait dengan perbedaan antara pemasaran dan penjualan beserta langkah-langkah dalam melakukannya agar dapat berjalan dengan lebih efektif. Semoga bisa bermanfaat dan salam sukses.

 

 

 

 

Groedu Inti Global Inovasi (Groedu Trainer Pelatihan Pemasaran Bisnis)

Cito Mall – Jl. A. Yani 288 (Bunderan Waru), Lantai UG, US 23, No. 3 & 5 Surabaya.

Hp : Frans : 0818521172 (XL)
Simpati  : 081-252982900
Office (only call no sms)  : 0811-3444-910
Fast Respon Email : groedu@gmail.com/groedu_inti@hotmail.com

Submit a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>