TwitterRssFacebook
Submit a New Listing

HAL-HAL YANG PALING MENDASAR YANG MAMPU MENJADIKAN KONSUMEN MERASA ENGGAN UNTUK MEMBELI PRODUK ANDA

HAL-HAL YANG PALING MENDASAR YANG MAMPU MENJADIKAN KONSUMEN MERASA ENGGAN UNTUK MEMBELI PRODUK ANDA

Banyak diantara pengusaha yang rela mengeluarkan seluruh kemampuannya hanya untuk mencari tahu tentang bagaimana perilaku konsumen yang sebenarnya. Hal itu harus dilakukan dengan satu tujuan, yaitu agar produknya dapat laku. Dan salah satu teori dari perilaku konsumen yang terpenting adalah untuk mengetahui mengapa saat sedang menawarkan poduk, konsumen tidak ingin membelinya. Dan berikut ini merupakan empat hal yang paling mendasar yang bisa menjadikan konsumen merasa enggan untuk membeli produk Anda:

6a00d83451b74a69e20133ec92e0c0970b-pi1. Menawarkan sesuatu yang sama sekali tidak dibutuhkan konsumen.

Hal terpenting yang mampu mendorong konsumen untuk membeli produk adalah karena mereka membutuhkannya. Semakin penting posisi produk tersebut di pasaran, maka akan menjadi semakin mudah bagi konsumen untuk ingin membelinya. Seperti contoh: bisnis pembuatan gerobak. Pada kondisi ekonomi yang seperti sekarang ini, dimana PHK untuk upaya perampingan perusahaan semakin tidak terhindarkan lagi, maka banyak orang yang lebih memutuskan untuk menjadi pengusaha mandiri. Dan salah satu peluang terbesar terhadap bisnis yang tidak kenal krisis ini adalah jenis usaha kuliner, yang mana mereka sangat membutuhkan adanya gerobak sebagai sarana untuk berjualan. Nah, itu artinya bisnis untuk pembuatan gerobak tersebut sangat dibutuhkan oleh konsumen. Tentunya Anda tidak mungkin bisa memaksa seseorang untuk membeli produk Anda jika mereka merasa sama sekali tidak terlalu membutuhkannya.

2. Tidak mampu memberikan penawaran yang lebih baik daripada yang biasa diterima oleh konsumen.

Menjual dan menawarkan produk yang dibutuhkan oleh konsumen sebenarnya masih belum cukup. Anda juga harus mengetahui bahwa saat ini konsumen sudah menjadi semakin cerdas dan selalu mencari nilai tambah yang bisa mereka dapatkan dari suatu transaksi. Bukan pekerjaan yang mudah untuk membuat konsumen dapat berpaling dari pemasok mereka, kecuali jika Anda mampu memberikan penawaran yang jauh lebih baik dan sangat menguntungkan mereka. Konsumen akan dapat beralih terhadap Anda jika Anda jauh lebih baik, lebih cepat, lebih mudah, dan juga termasuk lebih murah dalam hal penyediaan produk yang mereka butuhkan.

3. Tidak mampu menyediakan lebih banyak pilihan pada konsumen.

Pada saat konsumen sudah mulai mendatangi produk Anda, maka mereka akan segera membandingkan apakah Anda mampu menawarkan produk atau memberikan produk ”yang lebih banyak pilihan (varian)” atas berbagai kebutuhan mereka jika dibandingkan dengan competitor Anda. Tentu saja konsumen juga akan membandingkan harga, kualitas, maupun servis Anda dengan yang biasanya mereka dapatkan dari para kompetitor. Semakin banyak yang bisa Anda sediakan bagi konsumen dengan harga dan kualitas yang jauh lebih baik, maka konsumen juga akan terus mendatangi Anda.

4. Pelayanan terhadap konsumen yang terlalu buruk.

Begitu konsumen sudah mulai datang kepada Anda, maka biasanya mereka akan segera menilai apakah pelayanan yang telah Anda diberikan terbilang baik atau tidak, menjadikan mereka merasa nyaman atau justru malah sebaliknya. Seringkali terjadi hal yang menyebabkan konsumen malah berubah pikiran atau tidak jadi membelanjakan uang mereka, karena pelayanan dari customer servis, sales, bahkan dari pemilik yang sangat buruk. Ketika Anda ingin menawarkan produk, maka secara otomatis konsumen juga akan mulai melihat dan menilai bagaimana dabn seperti apa pelayanan yang mampu Anda ditawarkan.

Keempat poin diatas faktor utama sebagai penentu dari keberhasilan Anda dalam menjual dan menawarkan produk. Jika Anda sedang menghadapi permasalahan seputar penjualan, maka cobalah untuk menelusuri dan memahami dari keempat poin diatas. Sehingga Anda akan dapat segera melakukan perbaikan-perbaikan dan akan mampu mendatangkan konsumen sebanyak-banyaknya.

 

 

 

Groedu Inti Global Inovasi (Groedu Trainer Pelatihan Pemasaran Bisnis)

Cito Mall – Jl. A. Yani 288 (Bunderan Waru), Lantai UG, US 23, No. 3 & 5 Surabaya.

Hp : Frans : 0818521172 (XL)
Simpati  : 081-252982900
Office (only call no sms)  : 0811-3444-910
Fast Respon Email : groedu@gmail.com/groedu_inti@hotmail.com

 

Submit a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>