TwitterRssFacebook
Submit a New Listing

KOMPONEN DASAR DAN MANFAAT DARI CUSTOMER INSIGHT BAGI PROSES PEMASARAN PRODUK

KOMPONEN DASAR DAN MANFAAT DARI CUSTOMER INSIGHT BAGI PROSES PEMASARAN PRODUK

Customer insight merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh perusahaan dalam mempelajari dan memahami bagaimana dan apa saja pola dari kebutuhan para pelanggan. Dengan demikian maka diharapkan akan adanya hubungan baik yang saling menguntungkan diantara para pelanggan dan produsennya.

Customer-InsightMelalui customer insight ini pula akan terbentuk adanya satu interaksi yang lebih konsisten dengan para konsumen, baik itu adalah dalam hal pemasaran, penjualan, dan juga pelayanan, yang sudah sangat terintegrasi kepada jalur penyampaian dari layanannya.

Pada dasarnya customer insight yang terdiri dari lima macam komponen dasar yang meliputi:

1. Pengumpulan data.
2. Analisis data.
3. Optimalisasi.
4. Manajemen kampanye.
5. Personalisasi.

Dengan adanya kelima komponen tersebut, maka perusahaan dapat menentukan para pelanggan mana yang harus segera dihubungi, bagaimana dalam berkomunikasi dengan mereka, sehingga akan mendapatkan respon yang diharapkan dan mampu memberikan nilai yang lebih maksimal.

Customer insight merupakan salah satu hal terpenting dalam hal memahami hubungan antara perusahaan dengan para pelanggannya. Sehingga semakin memungkinkan untuk dilakukannya identifikasi para pelanggan yang lebih loyal atau potential buyer, untuk selanjutkan menentukan kebijakan terhadap mereka masing-masing. Dalam hal ini perusahaan akan lebih mengacu kepada posisi strategisnya, market maturity, dan juga keuntungan yang akan didapatkan.

Sebuah perusahaan yang memiliki database customer yang lebih besar pada pasar yang sudah mature (dewasa) biasanya akan lebih memilih untuk mendongkrak pendapatan per pelanggan dan lebih memperpanjang hubungan baiknya dengan para konsumen. Sedangkan bagi perusahaan yang terbilang masih baru, mereka akan mencari adanya peluang untuk semakin memperbesar customer basenya.

Salah satu tujuan utama dari customer insight ini adalah agar dapat menjual sebuah brand dengan lebih mudah, dimana brand tersebut dapat memenuhi segala insight (wawasan) dari para konsumen dengan menyediakan benefit yang selama ini telah ditawarkan. Cara yang paling tepat untuk mengetahui customer insight seperti ini adalah dengan berada sedekat mungkin dengan para konsumen, meminta masukan (wawancara) dengan mereka dan mengamati tentang apa yang ingin dilakukan oleh para konsumen.

Karena itu perusahaan juga harus secara kontinyu memeriksa dan mendengarkan tentang apa saja yang diinginkan oleh para konsumen agar dapat menjaga tingkat kepuasan para konsumen. Penerapan customer insight pada perusahaan merupakan satu bentuk investasi yang akan mampu menghasilkan profit yang lebih signifikan.

Adapun beberapa manfaat dari adanya proses customer insight seperti ini adalah:

• Untuk lebih meningkatkan jumlah para pelanggan.
• Meningkatkan pendapatan untuk per pelanggan.
• Menekan segala biaya akuisisi pelanggan, layananan dan administrasi dengan adanya proses efisiensi.
• Memperpanjang periode hubungan baik dengan para pelanggan.

Penerapan customer insight pada budaya perusahaan akan semakin memperkaya perusahaan tersebut dengan berbagai ide-ide segar yang memang berasal dari berbagai divisi. Setiap bagian dalam perusahaan hendaknya harus lebih jeli lagi dalam hal menangkap dan memperhatikan berbagai keinginan dari para konsumen, motivasi konsumen, dan dari ketidakpuasan para konsumen.

 

 

Groedu Inti Global Inovasi (Groedu Trainer Pelatihan Pemasaran Bisnis)

Cito Mall – Jl. A. Yani 288 (Bunderan Waru), Lantai UG, US 23, No. 3 & 5 Surabaya.

Hp : Frans : 0818521172 (XL)
Simpati  : 081-252982900
Office (only call no sms)  : 0811-3444-910
Fast Respon Email : groedu@gmail.com/groedu_inti@hotmail.com

 

Submit a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>