TwitterRssFacebook
Submit a New Listing

BEBERAPA POIN TERPENTING YANG MENJADI PENILAIAN CUSTOMER TERHADAP SEBUAH PRODUK

BEBERAPA POIN TERPENTING YANG MENJADI PENILAIAN CUSTOMER TERHADAP SEBUAH PRODUK

Semakin banyaknya produk yang beredar di pasaran menjadikan terjadinya berbagai persaingan antar produsen yang menjadi lebih sengit dan tidak mungkin akan dapat terhindarkan lagi. Selain itu, perilaku konsumen yang juga selalu mengalami berbagai perubahan. Konsumen yang saat ini sudah menjadi semakin cerdas dan lebih teliti dalam memutuskan untuk membeli sebuah produk.

phpowmfo__resizedPertimbangan dari segi mutu, harga, bentuk, dan manfaat merupakan faktor-faktor yang akan mempengaruhi terjadinya berbagai pertimbangan dari para konsumen dalam membeli produk. Dan karena hal inilah yang semakin mendorong untuk terjadinya pertempuran persaingan diantara sesama produsen dengan produk yang sejenis untuk memperebutkan persepsi para pelanggan. Berbagai cara yang dilakukan oleh para produsen tersebut agar dapat memenangkan mereknya di mata para konsumen.

Sedangkan di sisi lain, konsumen yang semakin cerdas memiliki ekspektasi yang lebih tinggi lagi dari sebuah produk, salah satunya adalah untuk mendapatkan kepuasan dari produk yang ingin digunakannya. Konsumen akan merasa jauh lebih puas jika apa yang telah diharapkan pada suatu produk dapat segera dipenuhi disesuaikan dengan kenyataannya. Namun jika ternyata produk tersebut tidak sesuai dengan yang telah diharapkan, konsumen akan merasa lebih kecewa dan malah akan meninggalkan produk tersebut. Ekspektasi dari para konsumen ini bisa berdasarkan dari pengalaman mereka pada saat akan menggunakan produk, berbagai informasi dari pihak lain, atau iklan yang dibuat oleh perusahaan terkait. Pemenuhan terhadap kepuasan konsumen seperti ini memang sangat penting karena akan sangat mempengaruhi kelangsungan dari usaha.

Tentu saja dalam hal pemenuhan kepuasan para pelanggan ini bukanlah suatu pekerjaan yang mudah. Setiap individu harus memiliki kebutuhan dan penilaian yang selalu beragam. Karena itu perusahaan juga harus menyadari hal tersebut agar dapat menyesuaikannya dengan berbagai harapan para pelanggan dan mampu untuk menghadirkan produk dengan karateristik yang banyak dibutuhkan oleh para konsumen.

Agar perusahaan mampu memenuhi apapun yang menjadi harapan para konsumen, maka perusahaan juga harus memperhatikan beberapa poin penting berikut ini sebagai dasar utama dari penilaian customer dalam memilih produk:

1. Memahami apapun kebutuhan para konsumen dan telah menyediakan apa yang menjadi kebutuhan mereka adalah menjadi dasar terpenting bagi para konsumen dalam memilih produk.

2. Yang dimaksudkan dengan ketahanan disini adalah dari umur ekonomis sebuah produk. Misalnya, sebuah produk dengan harga yang premium tentunya diharapkan mampu memiliki kelengkapan fitur yang cukup memadai serta daya tahan yang lebih tinggi sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lebih panjang.

3. Produk yang digunakan juga memiliki konsistensi dalam hal mutu dan performa. Mutu dan kinerja yang ditunjukkan oleh sebuah produk juga tidak mengalami penurunan/perubahan. Sehingga para konsumen akan dapat terus menggunakannya tanpa adanya rasa kekhawatiran tetang adanya penurunan mutu produk.

4. Tersedianya dukungan dari para produsen terhadap produk yang telah dihasilkan. Misalnya dalam hal layanan pelanggan yang selalu terupdate dari produk terbaru, layanan keluhan-keluhuan pelanggan, atau untuk layanan maintenance.

5. Kesesuaian dengan spesifikasi. Produk yang telah dihasilkan dan disesuaikan dengan iklan atau informasi yang telah diberikan, baik itu dalam hal spesifikasi produk serta sudah sangat teruji.

Untuk itu produsen harus lebih memahami tentang apa saja yang menjadi dasar utama bagi para konsumen dalam memilih produk, sehingga produsen dapat menentukan sendiri target pasar dan membuat produk yang jauh lebih tepat. Dengan demikian maka perusahaan diharapkan dapat memberikan kepuasan bagi para konsumennya. Konsumen yang merasa puas akan lebih mudah untuk memutuskan produk mana yang nanti akan  mereka beli.

 

 

 

 

Groedu Inti Global Inovasi (Groedu Trainer Pelatihan Pemasaran Bisnis)

Cito Mall – Jl. A. Yani 288 (Bunderan Waru), Lantai UG, US 23, No. 3 & 5 Surabaya.

Hp : Frans : 0818521172 (XL)
Simpati  : 081-252982900
Office (only call no sms)  : 0811-3444-910
Fast Respon Email : groedu@gmail.com/groedu_inti@hotmail.com

Submit a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>