TwitterRssFacebook
Submit a New Listing

STRATEGI-STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PROFIT PENJUALAN BISNIS KULINER

STRATEGI-STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PROFIT PENJUALAN BISNIS KULINER

Pada dasarnya, semua orang yang menjalankan bisnis sangat menginginkan bahwa bisnis yang sedang dijalankannya dapat menjadi lebih sukses untuk kedepannya dengan harapan agar mampu dapat menghasilkan pendapatan yang akan terus meningkat. Hal itu juga berlaku bagi segala jenis bidang usaha yang dijalankan oleh para pengusaha tanpa adanya pengecualian, termasuk juga dengan bidang bisnis yang berjualan makanan.

tips-memulai-bisnis-kulinerBaik itu berupa jualan makanan jenis makanan-makanan berat seperti halnya nasi goreng, makanan khas daerah, kue, maupun untuk aneka jenis makanan lainnya. Yang mana seperti yang kita ketahui bersama bahwa menjalankan bisnis makanan atau kuliner memiliki tantangan tersendiri. Karena bisnis seperti ini merupakan salah satu bidang bisnis yang sangat banyak dilakukan dan juga memiliki banyak sekali pesaing. Sehingga ketika Anda sebagai seorang pebisnis makanan atau bisnis kuliner dan menginginkan agar bisnisnya tetap dapat berjalan dengan lancar, serta lebih sukses, maka sangat perlu uuntuk melakukan strategi bagaimana agar dapat semakin meningkatkan omset penjualan makanannya.

Dalam upaya untuk semakin meningkatkan omset penjualan makanan ini juga tidaklah gampang, Anda sebagai seorang pelaku bisnis harus tetap memperhatikan segala aspek yang ada pada bisnis makanan tersebut yang mungkin saja akan dapat menjadi sebuah peluang tersendiri untuk meningkatkan omset penjualan makanan.

Karena itulah, maka berikut ini merupakan tatacara tentang bagaimana dalam upaya untuk semakin meningkatkan omset penjualan terhadap bisnis makanan yang sekiranya masih dapat Anda coba terapkan:

1. Tetap Menjaga Kualitas Makanan yang di Sajikan.

Dalam menjalankan bisnis makanan, sangat diutamakan dalam menjaga kualitas makanan agar tetap terus dilakukan. Terlebih lagi jika kualitas makanan ini dapat menjadi bahan penilaian bagi para konsumen dan sangat mempengaruhi terhadap berbagai keputusan dari para konsumen apakah akan kembali lagi untuk membeli makanan tersebut atau tidak lagi.karena saat ini konsumen dapat dengan mudah untuk menilai setiap keunggulan dan kekurangan dari makanan-makanan yang kita tawarkan.

Hal seperti itulah yang menjadikan para konsumen dapat membanding-bandingkan antara makanan yang satu dengan makanan yang lainnya. Sehingga bagi Anda yang ingin semakin meningkatkan omset penjualan makanan, maka dapat memperhatikan kualitas makanan agar tetap terjaga dengan baik, baik itu adalah dari sisi rasa, kebersihan, tampilan, cara penyajian dan bahkan terhadap kenyamanan serta kebersihan dari tempat makan tersebut. Ketika Anda telah dapat menjaga bagaimana kualitas dari makanan yang Anda tawarkan, maka bukan hanya akan semakin meningkatkan omset penjualan, akan tetapi juga dapat memberikan pengaruh yang lebih besar terhadap integritas dari bisnis Anda. Selain itu, ketika Anda semakin berupaya untuk menaikkan harga makanan, maka tidak akan menjadi masalah bagi para konsumen asalkan masih tetap menjaga kualitas dari makanan tersebut.

2. Rajin Dalam Melakukan Promosi.

Usaha untuk semakin meningkatkan omset penjualan makanan dengan melakukan promosi seperti ini memang sudah menjadi salah satu hal terpenting yang lain untuk dilakuukan. Anda sebagai seorang pelaku bisnis makanan harus mampu dalam memahami apa saja kelebihan-kelebihan dari promosi tersebut. Dimana dengan jalan melakukan promosi, maka produk makanan Anda akan semakin lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Anda dapat melakukan berbagai promosi melalui berbagai macam media yang dapat memberikan hasil yang jauh lebih efektif dan efisien, yaitu dengan jalan menggunakan media sosial. Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa saat ini banyak diantara para pelaku bisnis yang melakukan promosinya melalui media sosial. Yang mana dengan jalan memanfaatkan media sosial, maka produk makanan yang ingin Anda tawarkan akan dapat menjadi lebih mudah untuk bisa sampai di masyarakat dan semakin mampu dalam menarik perhatian mereka.  Sehingga secara tidak langsung hal itupun akan semakin meningkatkan omset penjualan bisnis makanan (kuliner) Anda.

3. Memberikan Pelayanan yang Terbaik.

Dalam memberikan pelayanan terbaik pada saat sedang menjalankan bisnis seperti ini, maka juga memiliki hubungan dengan menjaga kualitas makanan. Yang mana ketika bisnis cukup mampu dalam memberikan pelayanan yang terbaik, maka secara langsung juga akan semakin meningkatkan kualitas dari makanan tersebut. Hal seperti itu dikarenakan para konsumen akan merasa lebih nyaman untuk kembali menikmati makanan yang ada. Seperti misalnya ketika karyawan Anda atau Anda sendiri mampu bersikap ramah terhadap para konsumen, maka konsumenpun akan menjadi tidak segan-segan untuk menjadi pelanggan setia dari bisnis kuliner Anda dan secara otomatis akan mampu semakin meningkatkan omset penjualan makanan yang Anda tawarkan tersebut.

4. Memberikan Berbagai Promo dan diskon.

Dengan jalan memberikan promo dan diskon seperti ini pada dasarnya berhubungan langsung dengan melakukan promosi. Memberikan promo dan diskon ini merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk dapat semakin meningkatkan omset penjualan dari bisnis kuliner Anda. Anda sebagai sebagai seorang pelaku bisnis dapat memberikan promos dan diskon pada saat-saat terdapat kegiatan atau event-event tertentu yang memiliki peluang bagus dalam mendatangkan konsumen. Dengan cara begitu, maka aka nada banyak konsumen yang merasa lebih tertarik dan akan membeli produk makanan yang telah Anda tawarkan, sehingga dapat semakin meningkatkan omset penjualan Anda.

5. Melakukan Proses Evaluasi Terhadap Bisnis Kuliner Anda.

Cara yang terakhir dalam upaya untuk smakin meningkatkan omset penjualan dari bisnis kuliner adalah dengan jalan melakukan evaluasi bisnis secara berkala. Dengan jalan melakukan proses evaluasi bisnis, maka Anda akan dapat mengetahui tentang apa saja yang dirasa masih sangat kurang maupun yang masih belum benar dalam memberikan pelayanan, melakukan promosi dan lain sebagainya yang mungkin saja akan dapat menghambat keinginan Anda untuk lebih meningkatkan omset penjualan. Setelah itu, Anda harus dapat dengan cepat memperbaikinya karena para pelaku bisnis lainpun juga ingin sekali meningkatkan omset penjualan dari bisnis kulinernya. Sehingga jika Anda tidak begitu tanggap dan mampu bertindak lebih cepat dari mereka, maka akan membawa dampak yang lebih buruk lagi bagi bisnis kuliner Anda, seperti semakin tertinggal dalam persaingan bisnis kuliner.

Dari beberapa cara tersebut diatas dalam upaya untuk semakin meningkatkan omset penjualan dari bisnis kuliner di atas, maka bisa dikatakan bahwa ketika Anda sebagai seorang pelaku bisnis yang ingin agar bisnisnya dapat berjalan lebih lancar dan semakin sukses, maka harus bisa memberikan yang terbaik bagi konsumen. baik itu adalah dari segi kualitas ataupun dari strategi-strategi pemasaran khusus dalam berbisnis kuliner. Semoga bisa bermanfaat, terimakasih dan salam sukses.

 

 

 

 

 

 

Groedu Inti Global Inovasi (Groedu Trainer Pelatihan Pemasaran Bisnis)

Cito Mall – Jl. A. Yani 288 (Bunderan Waru), Lantai UG, US 23, No. 3 & 5 Surabaya.

Hp : Frans : 0818521172 (XL)
Simpati  : 081-252982900
Office (only call no sms)  : 0811-3444-910
Fast Respon Email : groedu@gmail.com/groedu_inti@hotmail.com

Submit a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>