TwitterRssFacebook
Submit a New Listing

TESTIMONI DAN ULASAN KONSUMEN SEBAGAI SARANA TERBAIK UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMASARAN BISNIS

TESTIMONI DAN ULASAN KONSUMEN SEBAGAI SARANA TERBAIK UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMASARAN BISNIS

Salah satu hal yang harus selalu diperhatikan oleh seorang pebisnis, terutamanya dari pebisnis online adalah untuk mendapatkan kepercayaan sebanyak-banyaknya dari para konsumen. Bagi seorang pebisnis yang sudah sangat lama menekuninya bidangnya, hal seperti itu akan menjadi lebih mudah karena sudah memiliki track record yang lebih baik.

testimoni-Qnc-Jelly-GamatNamun akan menjadi lain halnya dengan mereka yang masih baru dalam membuka usaha berbisnis online, yang mana mereka harus berusaha ekstra keras agar bisa mendapatkan dan meyakinkan para konsumen terhadap produk yang sedang dipasarkannya.

Testimoni maupun review, atau berupa ulasan-ulasan dari para customer merupakan satu hal yang paling penting bagi para pelaku usaha online. Melalui berbagai testimoni, review, atau berupa ulasan yang telah diberikan oleh customer diharapkan akan semakin mampu untuk lebih meningkatkan kredibilitas dari bisnis tersebut dan akan menjadi semakin lebih menarik banyak konsumen.

Selain itu masukan dari para customer yang merupakan dasar untuk proses mengevaluasi kinerja dari bisnis online Anda. Namun sayangnya juga tidak mudah untuk membuat para customer bersedia untuk memberikan ulasan atau berupa sedikit review. Karena itu Anda sebagai seorang pelaku usaha akan semakin dituntut untuk berpikir lebih kreatif dan harus mengetahui bagaimana caranya agar para customer bersedia dalam memberikan testimoni atau berupa ulasan-ulasan tentang bisnis Anda.

Berikut ini merupakan beberapa jurus yang mungkin bisa Anda lakukan dalam upaya untuk menarik minat dari para customer agar mereka bersedia untuk memberikan testimony terhadap bisnis Anda:

1.Mempermudah agar para konsumen memberikan review terhadap bisnis Anda.

Seringkali para konsumen ingin memberikan review atau ulasan balik yang lebih bersifat negatif atau yang bernada positif terkait dengan produk-produk dari bisnis online tersebut. Namun mereka merasa kesulitan dalam menemukan fitur-fitur seperti apa yang digunakan untuk memberikan masukan tersebut. Karena itulah, menyediakan fitur yang lebih bersifat user friendly memang sangat direkomendasikan bagi seorang pelaku usaha online. Misalnya saja dengan mengirimkan ulasan melalui email atau dengan memberikan komentar dari sosial media.

2. Alternatif dalam memberikan ulasan

Menyediakan platform sebagai salah satu alternatif agar para customer cukup mudah dalam memberikan review. Namun jangan hanya mengarahkan para konsumen untuk memberikan review atau testimoni dari situs bisnis Anda saja. Melainkan customer juga masih dapat memberikan review melalui akun dari media sosial, forum online atau dari situs-situs direktori usaha lainnya.

3. Menyampaikannya dengan lebih efektif.

Anda tidak hanya akan berdiam diri dan menunggu para customer untuk datang memberikan reviewnya saja. Anda harus dapat menyampaikan bagaimana keinginan Anda tersebut agar bisa langsung tersampaikan kepada para konsumen dengan lebih efektif. Yang perlu untuk diingat adalah jangan sampai hal seperti itu malah menjadikan para konsumen merasa semakin lebih tertekan atau mereka malah terpaksa dalam memberikan reviewnya. Strategi lain yang mungkin masih bisa Anda coba lakukan adalah dengan memberikan gift atau berupa souvenir yang dapat berupa voucher untuk potongan harga atau berupa merchandise promo bagi para customer yang bersedia untuk memberikan ulasannya. Dalam menerapkan strategi tersebut, Anda juga dapat menyesuaikan dengan budget yang saat ini masih Anda miliki.

4. Tetap bersikap terbuka terhadap adanya review negatif.

Dalam memberikan review, para konsumen sebenarnya juga tidak hanya akan memberikan review yang positif saja, namun ada juga yang merasa harus memberikan review negatif. Dengan mendapatkan review negatif, maka Anda akan dapat mengevaluasi sendiri tentang bagaimana kinerja dari bisnis Anda tersebut. Terlebih lagi jika Anda mampu menyelesaikan permasalahan yang sedang dialami oleh para konsumen yang nantinya akan memberikan review negatif tersebut, maka hal seperti itu bisa Anda jadikan sebagai salah satu bahan pertimbangan untuk mengadakan berbagai perbaikan-perbaikan dalam upaya untuk semakin meningkatkan kredibilitas dari bisnis Anda. Keberhasilan Anda dalam menangani dan mengelola semua review negatif dari para klien dengan baik dan lebih profesional akan semakin menarik minat dari para calon konsumen terhadap bisnis Anda.

5. Menyesuaikan dengan target market.

Agar tujuan Anda untuk mendapatkan review dari para pelanggan bisa menjadi lebih tepat sasaran, maka Anda harus terlebih dahulu mempelajari tentang demografi dari target market Anda. Misalnya, jika target market Anda adalah dari kalangan anak-anak muda atau yang lebih dewasa, maka Anda akan dapat meminta mereka untuk memberikan ulasan karena mereka sudah lebih familiar dengan teknologi internet. Lain halnya jika target market Anda tersebut adalah dari kalangan orang-orang tua, yang nantinya akan merasa kesulitan jika harus memberikan ulasan secara online terhadap bisnis Anda.

 

 

 

 

 

Groedu Inti Global Inovasi (Groedu Trainer Pelatihan Pemasaran Bisnis)

Cito Mall – Jl. A. Yani 288 (Bunderan Waru), Lantai UG, US 23, No. 3 & 5 Surabaya.

Hp : Frans : 0818521172 (XL)
Simpati  : 081-252982900
Office (only call no sms)  : 0811-3444-910
Fast Respon Email : groedu@gmail.com/groedu_inti@hotmail.com

Submit a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>