TwitterRssFacebook
Submit a New Listing

STRATEGI UNTUK MENAIKKAN HARGA TANPA HARUS TAKUT UNTUK DITINGGALKAN PELANGGAN SETIA

STRATEGI UNTUK MENAIKKAN HARGA TANPA HARUS TAKUT UNTUK DITINGGALKAN PELANGGAN SETIA

Persaingan dalam bisnis yang semakin lama semakin bertambah ketat seperti ini. Mekanisme pasar yang juga seringkali tidak menentu dan tanpa bisa tertebak. Berbagai kebijakan-kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah yang terkaitpun terkadang malah menjadikan para pengusaha harus lebih keras lagi dalam memutak otak dan menguras tenaganya, seperti halnya kebijakan seputar kenaikan harga BBM. Begitulah dunia bisnis yang sesungguhnya. Namun bagi mereka yang sudah bermental entrepreneur sejati, hal-hal itu tidak akan mampu melunturkan semangat mereka untuk memperjuangkan bisnisnya agar dapat diterima oleh para konsumen dan memiliki kebermanfaatan bagi masyarakat.

menaikkanhargaMenaikkan harga merupakan salah satu langkah yang memang seringkali harus dilakukan ketika Anda telah dihadapkan pada tingkat biaya produksi yang semakin meningkat atau karena keinginan untuk memperoleh keuntungan/margin yang jauh lebih besar lagi. Demi mempertahankan atau mengembangkan bisnis, mungkin dengan jalan menaikkan harga dirasa adalah sebagai pilihan yang paling tepat untuk dilakukan. Tentu saja dengan berbagai pertimbangan antara baik dan buruknya.

Efek dari menaikkan harga seperti ini bisa jadi akan menjadikan para konsumen merasa ingin beralih ke produk lain yang sejenis dan jauh lebih murah. Untuk sebagian besar golongan menengah kebawah, memang tidak bisa disangkal lagi bahwa mereka memang lebih senang untuk memilih produk dengan mengutamakan pertimbangan harga terlebih dahulu daripada kualitas. Namun bagi Anda tidak perlu merasa terlalu khawatir akan ditinggalkan oleh para konsumen karena disebabkan oleh hal seperti ini.

Berikut ini merupakan beberapa tips yang akan membantu Anda dalam mengatasi permasalahan seperti ini:

1. Memperbaiki Kualitas Produk.

Jika segmentasi produk Anda adalah untuk kalangan kelas menengah ke atas, maka tidak perlu merasa khawatir untuk kehilangan konsumen ketika Anda ingin menaikkan harga. Dengan catatan bahwa produk Anda memang produk yang berkualitas dan memiliki branding yang cukup kuat. Mereka tidak akan mempermasalahkan tentang harga. Kualitas bagi mereka sudah menjadi yang nomer satu. Namun akan menjadi lain ceritanya jika bisnis Anda memang lebih mensasar untuk kelas menengah kebawah, memperbaiki kualitas juga sangat perlu untuk dilakukan. Jangan sampai terlalu direpotkan dengan menjelaskan alasan-alasan secara panjang lebar sampai harus menaikkan harga. Berikan penjelasan yang sesingkat-singkatnya terhadap mereka manfaat-manfaat seperti apa saja yang nantinya akan mereka dapatkan dengan kualitas yang Anda miliki saat ini.

2. Memberikan Masa Tenggat Waktu.

Sebaikkan Anda harus mengumumkannya terlebih dahulu terhadap para konsumen Anda tentang rencana Anda untuk menaikkan harga agar konsumen tidak merasa terlalu kaget dengan hal ini. Bisa Anda pajang di lokasi-lokasi strategis dari penjualan produk-produk Anda, atau bisa juga sekaligus sebagai salah satu bahan iklan Anda. Jangan lupa untuk menambahkan keuntungan-keuntungan apa saja yang akan mereka dapatkan dengan harga terbaru tersebut,  seperti yang sudah dijelaskan pada poin nomor 1. Sehingga mereka akan bisa mempersiapkan diri untuk menghadapi kenaikan harga dari produk Anda.

3. Menyiapkan Strategi Penjualan.

Pernahkan Anda pergi untuk berbelanja ke swalayan dan mendapati produk yang telah menawarkan harga paket beli dua dapat tiga. tambahan satu? Atau beli tiga namun harganya akan terlihat seperti lebih murah jika membeli satuan? Bisnis makanan juga seringkali membuat pilihan untuk paket-paket yang dirasa cukup murah daripada harga satuan. Strategi penjualan tersebut terbilang memang masih cukup efektif untuk membuat konsumen membelinya karena merasa semakin lebih diuntungkan. Dari sisi penjual juga tentu saja cukup menguntungkan karena kuantitas penjualannya dapat menjadi naik daripada hanya menjual satuan saja.

4. Memaintenance Para Pelanggan.

Konsumen memang terkadang saling silih berganti, ada yg pergi untuk beralih, namun ada pula konsumen lain yang datang. Akan tetapi sangat penting artinya bagi Anda untuk me-maintenance para konsumen-konsumen yang masih tetap setia (pelanggan) yang menggunakan produk Anda. Sasar pula konsumen-konsumen yang cukup potensial untuk menjadi pelanggan untuk segera di maintenance. Dengan begitu Anda juga tidak perlu merasa takut untuk ditinggalkan oleh konsumen setia Anda, meskipun sebenarnya harganya telah Anda naikkan karena sudah adanya ikatan baik yang terjalin dengan Anda.

 

 

 

 

Groedu Inti Global Inovasi (Groedu Trainer Pelatihan Pemasaran Bisnis)

Cito Mall – Jl. A. Yani 288 (Bunderan Waru), Lantai UG, US 23, No. 3 & 5 Surabaya.

Hp : Frans : 0818521172 (XL)
Simpati  : 081-252982900
Office (only call no sms)  : 0811-3444-910
Fast Respon Email : groedu@gmail.com/groedu_inti@hotmail.com

Submit a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>