TwitterRssFacebook
Submit a New Listing

MEMPERBAIKI STRATEGI PEMASARAN DENGAN CARA MENGENALI SECARA LEBIH MENDALAM TENTANG BAGAIMANA PERILAKU PARA KONSUMEN

MEMPERBAIKI STRATEGI PEMASARAN DENGAN CARA MENGENALI SECARA LEBIH MENDALAM TENTANG BAGAIMANA PERILAKU PARA KONSUMEN

Sebagai seorang pengusaha sekaligus sebagai pemilik toko ritel modern tentunya kita harus lebih mengenal tentang bagaimana perilaku dari para konsumen, memahami tentang apa saja yang mereka inginkan dan tentang bagaimana mereka dalam bertindak merupakan salah satu bagian terpenting dalam menjalankan sebuah usaha toko ritel modern.

Perilaku KonsumenBanyak cara yang sebenarnya masih dapat kita lakukan agar bisa mengetahui bagaimana sesungguhnya tentang perilaku para konsumen yang seringkali berubah-ubah, tergantung dalam bidang mana yang menurut mereka cukup menarik. Dengan jalan mengenali sedini mungkin bagaimana perilaku konsumen, maka tentu saja akan semakin meningkatkan usaha dan keuntungan bagi Anda. Mengenali bagaimana perilaku dari para konsumen sebenarnya juga tidaklah mudah, terkadang mereka secara terus terang dan blak-blakan ingin menyatakan apa saja kebutuhan dan keinginannya mereka, namun sebagian dari mereka juga sering bertindak yang sebaliknya.

Tidak diragukan lagi, bahwa konsumen adalah tergolong salah satu asset paling berharga untuk semua jenis usaha. Tanpa adanya dukungan langsung mereka, sebuah usaha tidak akan bisa bisa tetap bertahan lama. Dan sebaliknya, jika usaha kita telah sukses dan mampu dalam memberikan pelayanan yang terbaik, maka konsumen tidak hanya akan sangat membantu usaha untuk semakin tumbuh dan berkembang menjadi lebih besar lagi. Karena lebih daripada itu semua, mereka biasanya akan menjadikannya sebagai sebuah rekomendasi bagi teman-teman dan relasinya.

Jika Anda memang bersungguh-sungguh ingin mendengarkan apa yang dikatakan para konsumen, maka mereka akan menjelaskan tentang apa yang Anda kehendaki dan tentang bagaimana sebaiknya Anda dalam memberikan pelayanan terbaik bagi mereka. Jangan melupakan bahwa yang telah “membayar” gaji kita dan memungkinkan selama ini usaha Anda dapat berjalan dengan baik adalah dari para konsumen.

Konsumen memiliki kebiasaan dan tingkah laku yang berbeda-beda. Seperti perbandingan antara konsumen yang berada di desa akan berbeda dengan kebiasaan-kebiasaan dari konsumen yang berada di kota, tergantug pada setiap masing-masing jumlah pendapatan mereka.

Terdapat beberapa cara yang mungkin masih dapat dilakukan agar dapat memahami bagaimana perilaku dari para konsumen, yaitu:

1. Selalu berusaha untuk menempatkan diri pada posisi para konsumen.

Mulailah dengan mencermati segala hal yang sering dilakukan dengan bisnis seolah-olah Anda sendiri adalah seorang konsumen. Anda akan menjadi lebih terkagum-kagum bahwa cara seperti itu mampu membuka kesadaran Anda sendiri tentang mereka.

2. Lebih sering berbicaralah dengan para konsumen.

Sesibuk apapun yang ingin Anda lakukan, maka luangkanlah sedikit waktu Anda untuk sekedar berbicara dengan para konsumen. Kenali bagaimana karakter mereka dengan lebih dekat dan mengapa mereka lebih memilih bisnis kita daripada bisnis yang lain. Meluangkan beberapa menit untuk sekedar berbicara dengan para konsumen akan dapat memberikan Anda banyak sekali berbagai informasi. Anda membutuhkan setidaknya umpan balik dari para konsumen Anda.

3. Apa sebenarnya yang paling diharapkan oleh konsumen dari bisnis Anda.

Cara terbaik lainnya untuk mengetahui bagaimana harapan dari para konsumen Anda adalah dengan bertanya secara langsung kepada mereka. Mintalah para konsumen untuk memberikan penilaian dari yang sangat penting sampai dengan yang tidak begitu penting. Semakin banyak survei yang Anda lakukan terhadap mereka, maka akan semakin akurat pula informasi yang akan Anda dapatkan dari mereka.

 

 

 

 

Groedu Inti Global Inovasi (Groedu Trainer Pelatihan Pemasaran Bisnis)

Cito Mall – Jl. A. Yani 288 (Bunderan Waru), Lantai UG, US 23, No. 3 & 5 Surabaya.

Hp : Frans : 0818521172 (XL)
Simpati  : 081-252982900
Office (only call no sms)  : 0811-3444-910
Fast Respon Email : groedu@gmail.com/groedu_inti@hotmail.com

Submit a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>