TwitterRssFacebook
Submit a New Listing

MEMPERHATIKAN BUDAYA PELAYANAN YANG BAIK DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PARA KONSUMEN TERHADAP PRODUK ANDA

MEMPERHATIKAN BUDAYA PELAYANAN YANG BAIK DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PARA KONSUMEN TERHADAP PRODUK ANDA

Menjalankan sebuah bisnis juga tidak bisa terpisahkan dari berbagai tantangan dan hambatan yang harus bisa dihadapi. Dengan semakin tumbuh suburnya berbagai macam jenis bisnis saat ini, Anda tidak mungkin hanya akan berdiam diri saja dan tidak mengambil action apapun untuk menjadi seorang pemenang dalam persaingan dunia bisnis saat ini. Dengan semakin ketatnya persaingan dalam dunia bisnis, tentu saja para pengusaha juga harus bekerja ekstra keras dalam mendapatkan loyalitas dari para konsumennya.

imagesDengan cara memberikan produk yang berkualitas baik bagi para konsumen merupakan sebuah komitmen utama bagi setiap pengusaha untuk bisa memuaskan para pelanggannya. Dengan memberikan produk yang terbaik pula, maka akan dapat semakin meningkatkan loyalitas mereka terhadap produk Anda.

Selain harus menyajikan kualitas produk yang terbaik, agar mampu bersaing untuk mendapatkan loyalitas dari para konsumen, maka sebuah bisnis sudah semestinya harus menerapkan budaya melayani yang baik. Namun sayangnya, banyak diantara para pelaku usaha yang masih mengabaikan hal-hal penting seperti ini.

Lantas apa yang harus dilakukan oleh pengusaha dalam menerapkan budaya melayani yang baik seperti ini?

1. Mengadakan sosialisasi tentang visi dan misi dalam hal pelayanan bagi konsumen.

Menyampaikan visi dan misi tersebut kepada semua orang yang berada dalam organisasi perusahaan Anda (organisasi internal perusahaan). Tekankan kepada mereka bahwa pelayanan yang terbaik memang sangat dibutuhkan dalam rangka untuk mempertahankan para konsumen. Karena dari konsumenlah sebuah usaha dapat berjalan dengan baik.

2. Mensosialisasikan budaya melayani yang baik dan benar.

Sebagai pemilik usaha, Anda memang harus mampu dalam men-sosialiasikan budaya melayani seperti ini kepada semua bagian-bagian dalam internal perusahaan. Bekerja dengan baik sesuai dengan prosedur masih belum cukup jika tidak diikuti dengan memberikan pelayanan yang baik. Karena dengan memberikan pelayanan yang baik yang harus dilakukan dengan sepenuh hati akan mampu memberikan hasil yang lebih maksimal.

3. Tetap konsisten dalam penerapan budaya melayani.

Ketika budaya melayani ini sudah mulai berjalan dengan baik pada organisasi Anda, maka tugas Anda selanjutnya adalah untuk selalu mempertahankannya agar bisa tetap konsisten dalam hal penerapannya. Jangan sampai budaya yang sudah susah payah Anda bangun seperti ini malah hancur sia-sia begitu saja.

4. Mensurvey kepuasan konsumen untuk membuat standar layanan yang benar.

Tanyakan kepada beberapa konsumen setiap Anda tentang bagaimana ekspektasi dari standar pelayanan yang mereka inginkan. Masukan dari para konsumen ini dapat menjadi input yang sangat berharga sebagai dasar utama dalam menentukan standar layanan kepada para konsumen.

5. Memberikan reward bagi mereka yang menjadi The Best Employee.

Jika karyawan Anda sudah melakukan atau mampu mengimplementasikan budaya pelayanan terbaik seperti ini], maka tidak ada salahnya bukan jika owner sendirilah yang akan memberikan reward. Reward, meskipun sangat sederhana. Namun akan bisa menjadi pemacu utama sebagai penyemangan bagi para karyawan Anda. Dengan demikian, maka karyawan akan semakin memahami seperti apa arti penting dari memberikan pelayanan yang lebih maksimal kepada para konsumen. Begitu juga sebaliknya, jika terdapat karyawan yang berani melanggar komitmen perusahaan untuk melayani, maka Anda juga harus mampu dalam memberikan punishment. Punishment ini bisa saja dalam bentuk teguran sebagai pembinaan terhadap mereka.

Dengan cara menerapkan budaya melayani dalam usaha, maka diharapkan akan dapat memenuhi standar pelayanan seperti yang diharapkan oleh konsumen. Jika konsumen merasa seperti diperhatikan dan selalu diangggap sebagai bagian yang penting dari usaha Anda, maka tidak menutup kemungkinan bahwa mereka akan menjadi semakin loyal terhadap produk Anda.

 

 

 

 

 

Groedu Inti Global Inovasi (Groedu Trainer Pelatihan Pemasaran Bisnis)

Cito Mall – Jl. A. Yani 288 (Bunderan Waru), Lantai UG, US 23, No. 3 & 5 Surabaya.

Hp : Frans : 0818521172 (XL)
Simpati  : 081-252982900
Office (only call no sms)  : 0811-3444-910
Fast Respon Email : groedu@gmail.com/groedu_inti@hotmail.com

Submit a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>