TwitterRssFacebook
Submit a New Listing

CARA TEPAT BAGAIMANA UNTUK MENDAPATKAN KARYAWAN BERKUALITAS

CARA TEPAT BAGAIMANA UNTUK MENDAPATKAN KARYAWAN BERKUALITAS

Bisa sukses atau tidaknya suatu bisnis sangatlah dipengaruhi oleh karyawan yang dimiliki oleh bisnis tersebut. Hal tersebut jelas menggambarkan betapa pentingnya kehadiran dan peran seorang karyawan yang berkualitas bagi perusahaan. Sayangnya untuk mendapatkan seorang karyawan yang berkualitas di zaman serba cepat ini terbilang semakin sulit. Tidak semua calon karyawan yang menunjukan CV bagus itu terbukti sebagai kandidat calon karyawan yang cocok untuk perusahaan.

Karena itulah berikut adalah beberapa langkah yang mungkin Anda gunakan untuk dapat menjaring karyawan yang berkualitas, silahkan Anda tips berikut ini :

  1. Kategorikan Profil Pribadi Karyawan

Hal ini harus Anda lakukan untuk mendapatkan profil kandidat yang sesuai dengan kebutuhan sebenarnya dari perusahaan Anda. Lakukan evaluasi terhadap karyawan yang saat ini sudah ada (di bidang yang dimaksud). Cari tahu siapa saja yang telah menunjukkan performa terbaik mereka, menengah/biasa-biasa saja, dan kurang atau sangat kurang. Dari informasi tersebut, maka simpulkan ciri/skill apa saja yang dimiliki para karyawan terbaik dan tidak dimiliki karyawan yang biasa saja dan kurang/sangat kurang. Fokuskan ciri/skill dari karyawan terbaik tersebut untuk membuat deskripsi kerja yang lebih tepat dalam lowongan pekerjaan.

 

  1. Buatlah Deskripsi Kerja Yang Jelas

Hal ini terlihat sangat umum, namun banyak sekali perusahaan yang telah gagal untuk mendapatkan kandidat yang sesuai karena menampilkan deskripsi pekerjaan yang kurang tepat pada lowongan pekerjaan. Untuk itu, pastikan deskripsi kerja (job description) yang Anda sebarkan di media menampilkan peran pekerjaan yang dimaksud, keterampilan/skillyang dibutuhkan, kepribadian yang sesuai dengan bidang pekerjaan tersebut serta detail pengalaman kerja yang dibutuhkan.

 

  1. Jobs And Network (Pekerjaan

 Dan Jaringan)

Gunakanlah media iklan yang langsung menyasar kepada target kandidat lowongan Anda secara efektif. Beberapa media iklan tersebut antara lain :

  • LinkedIn premium
  • Jobs marketplace seperti JobsDB
  • Iklan di website university

 

  1. Referral (Penyerahan)

Meminta rekomendasi dari karyawan terpercaya di perusahaan Anda adalah salah satu langkah terbaik untuk mendapatkan karyawan yang berkualitas. Hal ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan calon yang sudah melewati tahap seleksi awal karena setidaknya kandidat tersebut sudah dikenali dan dipahami oleh karyawan Anda. Selain itu juga, karyawan Anda cenderung akan merekomendasi orang yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan karena mereka sudah mengalami dan memahami sendiri kultur perusahaan Anda serta merasa memiliki tanggung jawab akan performa kandidat tersebut nantinya.

Selain rekomendasi dari karyawan, manfaatkan juga rekomendasi dari networking, misalnya rekan bisnis dan teman main yang berkecimpung di industri yang relevan dengan bisnis Anda. Rekomendasi tersebut jauh lebih profesional dan terjamin akan kualitasnya.

 

  1. Review CV Yang Telah Masuk Dengan Teliti

Cara cepat pertama untuk menyeleksi CV yang masuk adalah dengan menyisihkan yang tidak memenuhi kriteria utama. Jika Anda mencari kandidat lulusan minimal S1, langsung lewatkan CV pelamar lulusan SMA (sederajat), kecuali jika isi surat lamarannya berkesan sekali bagi Anda. Jika kriteria utama saja mereka tidak masuk dan tetap melamar, itu berarti pelamar tersebut tidak memerhatikan dengan baik lowongan yang telah Anda publikasikan. Sifat tersebut sudah cukup untuk memberitahukan Anda bahwa pelamar itu tidak memenuhi kriteria kompetensi perusahaan.

 

  1. Cek Latar Belakang Dan Reputasi Pelamar

Saat ini socialmediaLinkedIn menjadi salah satu alat utama dalam perekrutan. Anda bisa mendeteksi karakter dan reputasi kandidat melalui aktivitasnya di LinkedIn. Selain itu juga, jangan lupa untuk mencari nama mereka di search engine, siapa tahu ada berita terkait kandidat yang bisa memengaruhi pertimbangan Anda.

 

  1. Adakan Tes Saat Interview Tatap Muka

Tes memang memakan waktu agak lama, namun sangat efektif untuk dapat mengenali calon kandidat karyawan dengan sangat maksimal. Adakan serangkaian tes, mulai dari tes kepribadian hingga tes keterampilan. Jika hasil tes telah menunjukan potensi yang baik, baru lakukan interview tatap muka untuk tahapan selanjutnya.

 

Kesimpulannya

Seorang karyawan adalah kunci vital bagi kesuksesan bisnis Anda. Mendapatkan karyawan berkualitas memang tidak mudah, namun dapat dilakukan apabila Anda telah mengetahui cara-caranya dengan tepat.

 Cukup sekian semoga dapat bermanfaat bagi Anda sekalin, dan terima kasih salam sukses.

 

  

Sumber :http://www.agateseo.com/tips-mendapatkan-karyawan-berkualitas/

Submit a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>