TwitterRssFacebook
Submit a New Listing

PERGUNAKAN 5 TIPS INI JIKA PENGALAMAN KERJA TIDAK CUKUP UNTUK MELAMAR PEKERJAAN

PERGUNAKAN 5 TIPS INI JIKA PENGALAMAN KERJA TIDAK CUKUP UNTUK MELAMAR PEKERJAAN

Anda tentunya sudah tahu bahwa sebuah pekerjaan adalah peran yang harus dijalani, namun ternyata pengalaman kerja yang dimiliki masih sangat minim. Jangan takut.

Anda bisa tetap menjalankan peran Anda dengan baik melalui tips yang diberikan oleh para manager perusahaan berikut ini.

Fokuskan Kepada Skill,Dan Bukan Pengalaman.

Persyaratan kerja terkadang hanyalah sesuatu yang diharapkan dimiliki oleh kandidat. Begitu pula dengan persyaratan pengalaman kerja. Jika Anda menunjukkan bahwa Anda mampu melakukan pekerjaan tersebut, kemungkinannya Anda akan tetap sukses menghadapinya. Tentu Anda ingin memiliki CV yang fungsional. Daripada menggaris bawahi kronologis pengalaman kerja, CV Anda sebaiknya berfokus pada skill. Namun jangan sama sekali menyembunyikan timeline dari track record pengalaman kerja Anda meskipun itu tidak berkaitan, namun tuliskan dengan singkat saja sebagai referensi skill lainnya.

Tonjolkan Kepada Pengalaman Volunteer dan Organisasi.

Pengalaman kerja baik yang berbayar maupun volunteer tidaklah terlalu bermasalah. Pengalaman Anda dalam dunia not-for-profit justru mungkin yang dicari oleh tim perekrut. Atau project kampus yang pernah Anda tangani menunjukkan bahwa Anda mampu mengelola budget, memberikan insights pada marketing media sosial atau membantu mempersiapkan business plan. Yang penting adalah pengalaman Anda dalammengatur event, bertanggungjawab membuat kegiatan sosial, atau membuat majalah kampus.

Temporary Work.

Jika Anda belum juga ada pengalaman kerja temporary sebaiknya segera coba lakukan. Meskipun bermula dari posisi terbawahpun, Anda akan tetap melakukan kontak dengan organisasi dan industri yang akan menambah pengalaman yang bernilai. Jika belum memungkinkan coba ajukan aplikasi untuk magang pada sebuah perusahaan ternama dengan reputasi yang baik.

Fokuskan Kepada Project Sekolah atau K

Jika kamu pernah menjadi project manager dalam acara sekolah atau kampus, menciptakan sebuah produk untuk dijual di sekolah Anda berarti memiliki pengalaman kerja lebih dari yang Anda pikirkan. Bahas juga tentang pencapaian Anda selama bersekolah atau kuliah.

Tekankan Value Lain Jika Perusahaan Mempekerjakan Anda.

Apakah Anda orang yang fleksibel? Atau bisa bekerja saat akhir pekan? Apakah Anda menyiapkan rencana studi saat waktu luangmu? Mungkin Anda memiliki skill lain yang tidak disebutkan dalam kriteria utama yang bisa saja bermanfaat bagi perusahaan. Kreativitas, skill komputer dan teknologi akan menjadi nilai yang jauh lebih bernilai dalam dunia kerja. Skill presentasi, public speaking biasanya akan menjadi nilai plus bagi kandidat.

 CV. Groedu Inti Global Inovasi ( Groedu Trainer Pengembangan SDM)

Cito Mall – Jl. A. Yani 288 (Bunderan Waru), Lantai UG, US 23, No. 3 & 5 Surabaya.

Telepon : 031-33311179
Hp : 0818521172 / 085851515656
CP : Frans / Burhan

 

Sumber Utama : http://blog.jobs.id/pengalaman-kerja-tidak-cukup-gunakan-5-cara-ini/

Submit a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>