TwitterRssFacebook
Submit a New Listing

MAU MEREKRUT KARYAWAN? SEBAIKNYA PERHATIKAN PENJELASAN BERIKUT INI

MAU MEREKRUT KARYAWAN? SEBAIKNYA PERHATIKAN PENJELASAN BERIKUT INI

Dalam dunia bisnis menyeleksi kandidat atau pelamar kerja, dari sebagian perusahaan saat ini ada yang sampai melakukan background checking (memeriksa latar belakang). Salah satu yang banyak “diintip” dalam background checking tersebut adalah akun media sosial pelamar/kandidat.

Namun penelitian terbaru dari Stoughton, Thompson dan Meade (2013) menyarankan agar, perusahaan sebaiknya tidak melakukan itu. Khususnya terhadap situs media sosial yang tidak berhubungan langsung dengan dunia pekerjaan seperti Facebook.

Hasil temuan yang dipublikasikan Springer Science+Business Media New York akhir November lalu seperti menjawab kegalauan yang dirasakan perusahaan selama ini. Masih dalam perdebatan mengenai apakah perusahaan sebaiknya mengecek akun media sosial karyawan atau calon karyawan terkait isu privasi mereka.

Hasil studi menemukan bahwa screening karyawan melalui situs jejaring sosial menyebabkan calon pelamar merasa privasi mereka telah dilanggar, yang pada akhirnya berakibat pada menurunnya daya tarik perusahaan di mata mereka.

Turban dan Keon (1993) Highhouse et al (2003) membagi organizational attraction (tarik organisasi) dalam 3 bagian, yaitu :

  1. Daya Tarik Organisasi Secara Umum (General Attractiveness).
  2. Minat Untuk Bekerja kepada Perusahaan itu.
  3. Persepsi Tentang Prabawa (Prestige) dari Organisasi tersebut.

Dalam studi ini daya tarik perusahaan yang dimaksud adalah daya tarik secara umum, dimana termasuk di dalamnya adalah sikap awal seseorang terhadap sebuah perusahaan sebagai calon tempat bekerja.

Pada akhirnya laporan itu menyarankan perusahaan sebaiknya mempertimbangkan untung rugi dalam melakukan screening melalui social media ini karena hal ini dapat mengurangi daya tarik perusahaan.

Sebagai tambahan, hasil riset itu juga menyarankan pelamar kerja juga perlu mengubah konsep mereka tentang situs jejaring sosial, dan mempertimbangkan melihat keberadaan mereka di aku media sosial tersebut dari kaca mata calon pemberi kerja.

 

 

 CV. Groedu Inti Global Inovasi (Groedu Trainer Pengembangan SDM)
Cito Mall – Jl. A. Yani 288 (Bunderan Waru), Lantai UG, US 23, No. 3 & 5 Surabaya.

Telepon : 031-33311179
Hp : Frans : 0818521172 / Burhan : 087854250666
Email : groedu_inti@hotmail.com

 

Sumber Utama : http://www.portalhr.com/people-management/resourcing/perusahaan-sebaiknya-tidak-mengintip-facebook-pelamar-kerja/

Submit a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>