TwitterRssFacebook
Submit a New Listing

BERAPA BANYAK PELANGGAN YANG LARI DARI ANDA? SEGERA DAPATKAN MEREKA KEMBALI DENGAN INI

BERAPA BANYAK PELANGGAN YANG LARI DARI ANDA? SEGERA DAPATKAN MEREKA KEMBALI DENGAN INI

Gimana ya? Hmm, coba Anda pertimbangkan kalimat berikut ini : “Pelanggan pergi kemana mereka merasa telah di inginkan dan menetap dimana mereka dihargai oleh produsen.” Dari beragam pengamatan dan riset, biaya yg dibutuhkan untuk mendapatkan pelanggan baru 7x lipat lebih tinggi daripada meningkatkan penjualan dari pelanggan yg sudah ada. Kehilangan pelanggan dapat mempengaruhi reputasi perusahaan, kredibilitas, referal-referal, penjualan dan keuntungan yang Anda miliki secara drastis.

“Menurut majalah Harvard Business Review, 87 persen dari para pelanggan yang mencoba supplier baru berkomentar bahwa mereka merasa jauh lebih puas dengan supplier sebelumnya! Secara rata-rata, sebagian besar perusahaan Amerika kehilangan setengah dari pelanggan mereka setiap 5 tahun sekali. Lalu mengapa pelanggan yang sudah merasakan kepuasan, malah berhenti melakukan bisnis dengan Anda?”

Berikut ini adalah Bagaimana Cara untuk Mendapatkan Kembali Pelanggan Berharga Anda :

  1. Jangan pernah beranggapan bahwa Anda selalu merasa seolah tahu hal apa yang sangat diinginkan oleh pelanggan.

Bertanyalah kepada mereka! Seperti melakukan survei-survei kepada para pelanggan adalah suatu cara yang sangat baik untuk memahami kebutuhan mereka dan menemukan berbagai cara-cara inovatif untuk memberikan solusi atas berbagai masalah mereka atau bahkan hingga melebihi harapan-harapan mereka.

  1. Ukur dan berikanlah suatu nilai lebih tinggi terhadap kepuasan pelanggan.

Seandainya jika kepuasan pelanggan sungguh-sungguh sebuah prioritas di dalam bisnis Anda, maka tunjukanlah hal-hal tersebut kepada tim Anda. Kembangkan suatu metode untuk mengukurnya, buat berbagai target untuk perbaikan dan berikan penghargaan kepada tim Anda, bila target tersebut tercapai.

  1. Ketika Anda memperkerjakan orang lain untuk berinteraksi dengan pelanggan-pelanggan Anda, pastikan mereka memiliki berbagai skill pelayanan pelanggan yang baik, seperti empati, fleksibilitas, dan kecakapan komunikasi verbal.

Setiap kontak anara para pelanggan dengan tim Anda adalah sebuah kesempatan untuk meningkatakan atau menghancurkan reputasi Anda.

  1. Ucapkanlah terima kasih.

Hal ini memang terdengar sangat lumrah dan umum akan tetapi coba pikirkan ini lagi. Kapan terakhir kalinya Anda menerima sebuah catatan kecil, tanda ucapan terima kasih dari sebuah perusahaan partner bisnis Anda? Strategi sederhana ini dapat benar-benar memberikan sebuah dampak yang cukup besar, dan menggambarkan seberapa banyak tentang perusahaan Anda dan nilai yang Anda tempatkan diatas pelanggan-pelanggan Anda.

  1. Teruslah berusaha dalam menjalin hubungan yang baik dengan para pelanggan-pelanggan setia Anda baik itu sekedar berbasa-basi atau menanyakan kabar via telpon, surat atau email.

Meskipun frekuensinya memang boleh bervariasi (jangan terlalu sering dan juga jangan terlalu jarang), namun setidaknya setiap pelanggan dikontak setiap dua atau tiga bulan sekali.

  1. Buatlah para pelanggan-pelanggan berharga Anda merasa lebih dihargai dibandingkan dengan yang bukan pelanggan atau prospek Anda.

Meskipun terbilang pelanggan baru, namun akan menjadi sangat vital bagi pertumbuhan bisnis Anda, selalu pastikan bahwa pelanggan yang sekarang mendapatkan perlakuan layaknya VIP, misalnya dengan berbagai program, penawaran atau promo yang diperuntukkan hanya bagi pelanggan yang sudah ada saja.

  1. Carilah kesempatan untuk menjual berbagai macam produk atau jasa kepada pelanggan yang sudah ada dalam menciptakan persepsi sebagai one-stop solution supplier.

Penelitian menunjukkan bahwa melakukan hal ini ternyata mampu dalam membangun loyalitas dan retensi bagi para pelanggan. Cara ini juga merupakan sebuah cara yang hebat untuk meningkatkan pendapatan dan keuntungan perusahaan Anda.

  1. Buatlah suatu pelayanan pelanggan sebagai tanggung jawab dari semua orang terutama di sebuah bisnis kecil yang anggota timnya sudah menggunakan banyak “topi”.

Latihlah tim Anda dalam hal perbaikan-perbaikan pelayanan pelanggan. Mulai dari resepsionis hingga tukang kirim, tim Anda akan memberikan sebuah kesan terbaik mereka kepada para pelanggan Anda. Seperti apa kesan yang terjadi kepada mereka (pelanggan) baik atau buruk, itu tergantung kepada Anda dan tim Anda sendiri.

 

 CV. Groedu Inti Global Inovasi (Groedu Trainer Pengembangan SDM)
Cito Mall – Jl. A. Yani 288 (Bunderan Waru), Lantai UG, US 23, No. 3 & 5 Surabaya.

Telepon : 031-33311179
Hp : Frans : 0818521172 / Burhan : 088217561006
Fast Resopon Email : groedu_inti@hotmail.com

 

Sumber Utama : http://actioncoachsouthjakarta.com/siap-kehilangan-pelanggan/

Submit a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>