TwitterRssFacebook
Submit a New Listing

ANDA PENSIUNAN NAMUN MASIH PRODUKTIF DAN INGIN BERKARYA? RASANYA PILIHAN INI SANGAT COCOK UNTUK ANDA

ANDA PENSIUNAN NAMUN MASIH PRODUKTIF DAN INGIN BERKARYA? RASANYA PILIHAN INI SANGAT COCOK UNTUK ANDA

Apakah Anda seorang karyawan yang sudah pensiun? Atau mendekati masa pensiun? Atau barangkali Anda adalah anak yang ingin berbakti sehingga sekarang sedang berusaha menjaga semangat orang tua Anda dengan mencarikan rekomendasi jenis usaha yang sesuai untuk orang tua yang sebentar lagi akan memasuki usia pensiun?

Siapapun Anda, jika sudah memasuki usia senja namun masih merasa kuat untuk berkarier, maka berarti asumsinya Anda adalah termasuk salah satu orang yang tidak mau berhenti berkarya meskipun institusi tempat Anda bekerja selama ini tidak lagi bisa mengerti bahwa Anda masih sangat produktif dan masih mampu dalam berkarya dan menghasilkan uang sendiri tanpa harus bergantung kepada orang lain untuk menggaji Anda lagi. Jika Anda merasa masih mampu untuk menghasilkan uang sendiri, mengapa harus bekerja demi gaji? Maka ber-wiraswastalah Anda, menjadi seorang pimpinan atas diri sendiri dengan kemungkinan memperkerjakan orang lain untuk Anda, itulah sebaik-baiknya pekerjaan sejati.

Pengaruh Usia dan Pengambilan Keputusan

Semakin usia kita matang, maka akan semakin banyak pula yang menjadi bahan pertimbangan ketika hendak memutuskan untuk tindakan tertentu. Ada satu kehati-hatian dan keengganan meninggalkan rasa aman karena biasanya menerima perintah dan gaji yang ‘pasti’. Itu bagus, karena artinya kita akan mempertimbangkan segala kemungkinan.

Yang menjadi tidak bagus adalah, karena terlalu lama dan terlalu banyak menimbang, seringkali kita kalah start oleh mereka duluan yang lebih nekat, lebih berani berspekulasi. Juga ada hambatan soal selera ketika kita menentukan produk. Orang berumur cenderung merasa sulit untuk mau mencoba menyesuaikan diri dengan selera pasar. Karena ingatan mereka tentang definisi produk yang bagus menurut pengalaman. Padahal, sebenarnya, mereka yang berpikiran seperti itu juga karena memang mempunyai pasarnya tersendiri. Yaitu mereka yang seumuran dengan yang akan atau sudah pensiun tersebut. Dan jumlahnya sangat besar sekali.

Orang Berusia Pensiun : Pasar

Pada usia pensiun, rata-rata orang sudah mulai mapan dengan keadaan ekonominya. Ada dukungan (atau rong-rongan) dari anak cucu. Dan enggan untuk mencoba hal-hal baru karena kenangan atas gengsi dan power diwaktu masih aktif bekerja. Bisa membayangkan betapa prospektifnya pasar usia ini? Gengsi! Itu sangat bisa dimanipulasi untuk bahan jualan. (jahat banget ya…)

Nah, untuk sekarang mengapa tidak mencoba melakukan bisnis dengan pasar orang-orang yang berusia seperti ini? Soal layanan atau barang apa yang dijual itu terserah Anda. Silahkan melakukan market research terlebih dahulu.

Lalu yang menjadi pertanyaan adalah : bisnis apa cocok dilakukan untuk mengisi masa pensiun Anda?

Ada banyak sekali pilihan jenis usaha. Dan itu sangat membingungkan. Ketika kita sudah mulai bingung, orang lain sudah berjalan bahkan berlari menjalankan usaha tersebut. Karakteristik pilihan usaha yang cocok bagi para pensiunan adalah sektor usaha yang tidak berisiko tinggi, tidak membutuhkan aktivitas fisik yang berlebihan, bisa dijalankan dari rumah saja atau sembari jalan-jalan, memanfaatkan jaringan relasi yang sudah terbentuk, tidak perlu mengerjakan hal-hal rumit dan njelimet karena proses, mudah dijalankan, dan menyenangkan.

  1. Bisnis di Sektor Pertanian, Perkebunan dan Peternakan

Jenis sektor ini merupakan pilihan bisnis utama yang sangat tepat bagi para pensiunan. Sektor pertanian, perkebunan dan peternakan biasanya disenangi sebagian besar orang tua. Terlebih lagi kebutuhan akan hasil pertanian dan peternakan sangatlah besar, sementara produsen yang ada belum menyerapnya secara lebih maksimal.

Seperti : Bisnis peternakan ayam kampung, beternak lele atau ayam kate, membudidayakan ikan hias, bisnis makanan organik, bisnis tanaman hias.

  1. Bisnis di Sektor Properti

Pilihan lain yang lebih cocok bagi pensiunan adalah bidang property. Bisnis ini merupakan salah satu dari kebutuhan yang diperlukan oleh banyak orang dan enaknya lagi, Anda dapat menjalankannya dengan santai dari rumah saja. Investasi properti tidak ada ruginya, karena nilai jualnya selalu meningkat setiap tahun. Atau berbisnis kost-kostan dirumah atau lahan kosong yang Anda miliki juga sangat berpeluang, apalagi lokasinya di daerah kampus dan perkantoran pasti akan sangat banyak yang membutuhkannya.

Seperti contoh : Bisnis Kontrakan/Guest house, Bisnis Kost-kostan, Lahan yang Anda punya bisa dijadikan tempat penitipan kendaraan bermotor.

  1. Bisnis di Sektor Sarana Transportasi

Sarana transportasi merupakan kebutuhan penting bagi masyarakat sekarang ini. Membuka bisnis sarana transportasi juga merupakan pilihan bisnis yang menjanjikan bagi para pensiunan. Sama seperti bisnis properti, bisnis ini pun dapat Anda jalankan dari rumah saja.

Seperti contoh : Bisnis jasa antar jemput anak sekolah, bisnis penyewaan mobil, motor, sepeda maupun bus.

  1. Bisnis yang Sesuai dengan Hobi Anda

Tentunya bisnis ini akan Anda jalankan dengan hati senang karena bisnis jenis ini sesuai dengan hobi Anda. Misalnya : Anda senang menulis, Anda bisa mencoba menulis buku atau jika Anda hobi membaca dan mempunyai koleksi buku yang lumayan banyak, Anda bisa memulai bisnis membuka taman bacaan atau perpustakaan pribadi yang disewakan kepada orang lain.

 

CV. Groedu Inti Global Inovasi (Groedu Trainer Pengembangan SDM)
Cito Mall – Jl. A. Yani 288 (Bunderan Waru), Lantai UG, US 23, No. 3 & 5 Surabaya.

Telepon : 031-33311179
Hp : Frans : 0818521172 / Burhan : 088217561006
Fast Resopon Email : groedu_inti@hotmail.com

 

Sumber Utama : http://dee-belajar.blogspot.co.id/2014/04/jenis-usaha-yang-cocok-untuk-pensiunan.html

Submit a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>