TwitterRssFacebook
Submit a New Listing

TAHUKAH ANDA SEPERTI APA PERBEDAAN ANTARA PEMASARAN DAN PASAR BISNIS?

TAHUKAH ANDA SEPERTI APA PERBEDAAN ANTARA PEMASARAN DAN PASAR BISNIS?

Tentunya Anda sudah sangat tahu bahkan mungkin sangat familiar dengan istilah “pasar” dan “pemasar” bukan? Namun belum paham betul tentang perbedaan antara Pasar dan Pemasaran. Jadi Pasar merupakan konsumen pribadi atau organisasi perusahaan yang mempunyai kebutuhan dan keinginan yang berwujud sebagai permintaan terhadap barang atau jasa.


Pemasaran merupakan kegiatan pemasar untuk menjalankan suatu bisnis (profit atau nonprofit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang dan atau jasa, untuk menetapkan harga, untuk mendistribusikan, serta untuk mempromosikannya melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.

Bauran Pemasaran (marketing mix)

Definisi Bauran Pemasaran

Bauran pemasaran merupakan seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran dalam memenuhi target pasarnya masing-masing.

Empat variabel bauran pemasaran

Bauran pemasaran memiliki empat variabel yang dikenal dengan istilah “4 P” (product, price, promotion, and place) yang saling berkaitan satu sama lain. Maka penjelasan mengenai variabel-variabel bauran pemasaran adalah sebagai berikut:

  • Produk (Product)

    Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk diperhatikan, yang diperoleh digunakan atau dikonsumsi sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.

  • Harga (Price)

    Harga merupakan sejumlah uang yang harus dibayarkan oleh konsumen untuk mendapatkan suatu produk yang mereka inginkan/butuhkan. Maka dari itu harga dapat diukur dengan nilai yang dirasakan dari produk yang ditawarkan jika tidak maka konsumen akan membeli produk lain dengan kualitas yang sama dari penjual saingannya. Karena harga adalah satu-satunya alat bauran pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai sasaran pemasarannya secara lebih efektif.

  • Tempat (Place)

    Tempat termasuk sebagai salah satu sarana beraktivitas bagi perusahaan dalam hal membuat produk yang tersedia untuk dijual bagi para sasaran konsumen. Serta untuk mengambil berbagai keputusan mengenai tempat yang sangat penting agar konsumen dapat memperoleh produk yang mereka butuhkan tepat pada saat dimana ketika di

  • Promosi (Promotion)

    Promosi merupakan kegiatan yang selalu dilakukan oleh setiap perusahaan dalam menginformasikan setiap manfaat dari produk atau jasa dan meyakinkan sasaran konsumen tentang produk yang telah mereka hasilkan.

Demikianlah Perbedaan antara Pasar dan Pemasaran, semoga dapat bermanfaat dan terima kasih.

 

CV. Groedu Inti Global Inovasi (Groedu Trainer Pengembangan SDM)
Cito Mall – Jl. A. Yani 288 (Bunderan Waru), Lantai UG, US 23, No. 3 & 5 Surabaya.

Telepon : 031-33311179
Hp : Frans : 0818521172 / Burhan : 088217561006
Fast Resopon Email : groedu_inti@hotmail.com

Sumber Utama : http://si-akuntansi.blogspot.co.id/2016/01/perbedaan-antara-pasar-dan-pemasaran.html

Submit a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>