TwitterRssFacebook
Submit a New Listing

BISNIS KECIL-KECILAN, BISNIS RUMAHAN APAKAH PERLU STRATEGI MARKETING? INI JAWABANNYA

BISNIS KECIL-KECILAN, BISNIS RUMAHAN APAKAH PERLU STRATEGI MARKETING? INI JAWABANNYA

Seperti menjadi sebuah kodrad dunia bisnis bahwa suatu bisnis tidak akan mungkin bisa bertahan lebih lama, apabila tanpa adanya strategi-strategi pemasaran. Begitu juga tidak jauh berbeda dengan bisnis rumahan, walaupun Anda sudah menjalankan bisnis kecil-kecilan dari rumah. Namun bukan berarti Anda tidak membutuhkan strategi pemasaran untuk mengenalkan bisnis Anda kepada masyarakat luas.

Ketika memulai bisnis rumahan memang terbilang cukup mudah apabila dibandingkan dengan bisnis bermodal besar (distributor,industri dan lain-lain), terutama dalam hal modal usaha. Karena peluang bisnis ini dapat dimulai dengan cepat dan permodalan yang sangat minim, dari memanfaatkan potensi yang ada di rumah untuk menekan biaya produksi.

Namun, kemudahan dalam memulai bisnis ini, sangat berbanding terbalik dengan beberapa kendala sulitnya pemasaran bisnis yang sering dihadapi oleh para pelaku usaha tersebut. Padahal, bisa dikatakan pemasaran bisnis adalah kunci utama dari kesuksesan sebuah bisnis agar mampu berkembang untuk mencapai kesuksesannya masing-masing.

walaupun sebenarnya Anda telah menjalankan bisnis kecil-kecilan dari rumah. Tetapi bukan jaminan Anda tidak membutuhkan strategi pemasaran dalam mempromosikan bisnis Anda kepada masyarakat luas. Lalu, yang menjadi pertanyaan pentingnya adalah : bagaimana caranya strategi  pemasaran produk bisnis rumahan yang paling tepat?

Memasarkan produk bisnis rumahan bisa Anda mulai dengan mempromosikannya secara mudah hanya membutuhkan kenalan dan kepandaian dalam menyempaikan promosi dari mulut ke mulut. Cara  yang murah (tanpa biaya) dan sangat efektif ini bisa dimulai dengan menginformasikan keberadaan bisnis Anda kepada keluarga besar Anda, para tetangga sekitar, maupun teman-teman dekat. Perkenalkanlah produk atau jasa Anda, disaat terdapat acara kumpul-kumpul keluarga, atau pada waktu kegiatan arisan rutinan. Agar konsumen dapat mengetahui produk yang sedang Anda pasarkan, dan akhirnya mereka akan penasaran serta merasa tertarik untuk mencoba membeli produk Anda. Dari pemberitaan itulah awal mula kepercayaan mereka datang, maka jangan sia-siakan hal ini untuk menyiapkan performa terbaik Anda dalam strategi pemasaran dan kualitas produk Anda. Strategi ini terbukti sangat efektif dan sering disebut sebagai gethok tular” (dari mulut ke mulut), berita tersebut akan tersebar luas dengan waktu yang relatif singkat.

Setelah sedikit banyak mereka tahu tentang produk Anda dan pernah membeli, langkah selanjutnya Anda bisa menggunakan media iklan untuk menarik minat lebih banyak konsumen untuk membeli produk/jasa Anda. Meskipun bisnis Anda terbilang kecil, dan hanya dilakukan di rumah. Namun berpromosi dengan menggunakan media iklan, cukup penting untuk menarik minat konsumen. Untuk meminimalkan biaya, Anda bisa memilih promosi dengan memasang spanduk, banner, atau neon box di depan rumah Anda. Tuliskan nama usaha dan produk-produk/jasa yang Anda tawarkan di media tersebut. Jadi, masyarakat yang melewati rumah Anda akan bisa mengetahui keberadaan produk/jasa Anda. Selanjutnya Anda juga bisa membuat pamflet, kartu nama, dan brosur yang bisa Anda bagikan kepada para konsumen.

Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan media internet sebagai pendukung bentuk pemasaran produk/jasa Anda. Kebanyakan pelaku bisnis rumahan mengaku dirinya gaptek (gagap teknologi) dan merasa malas untuk  belajar internet marketing. Padahal untuk memenangkan persaingan pasar, Anda pun harus selalu inovatif dalam mengikuti perkembangan pasar. Cobalah untuk memperluas jangkauan pasar Anda, dengan cara memasarkan produk rumahan secara online. Misalnya saja dengan membuat website, blog, atau memanfaatkan jejaring sosial seperti facebook dan twitter. Sudah banyak pelaku bisnis rumahan yang menerima permintaan produk dari luar negeri, karena bantuan internet. Sehingga tidak menutup kemungkinan, bisnis dari rumah pun bisa mengekspor produk ke pasar mancanegara, asik bukan? Hehe.

Terakhir, agar dapat banyak membantu pemasaran, Anda bisa juga dengan membuka kerjasama keagenan atau reseller produk. Ajaklah beberapa konsumen yang cukup potensial, untuk menjadi agen atau reseller produk Anda. Berikan potongan harga tertentu atau prosentase pembagian untung yang cukup menarik, pada konsumen yang ingin membantu pemasaran produk Anda. Cara ini dapat memberikan keuntungan kedua belah pihak, baik konsumen maupun pelaku bisnis rumahan. Yang terpenting adalah : selalu menjaga kualitas produk Anda. Agar konsumen juga tertarik dengan produk yang sedang Anda tawarkan.

Cobalah untuk menggabungkan beberapa strategi pemasaran yag telah kita bahas diatas, dan jangan lupa untuk selalu menjaga kualitas produk yang Anda tawarkan. Ini akan membantu konsumen dalam mengenal dan mengingat produk bisnis rumahan Anda. Selamat mencoba dan salam sukses para pebisnis sekalian.

CV. Groedu Inti Global Inovasi (Groedu Trainer Pengembangan SDM)
Cito Mall – Jl. A. Yani 288 (Bunderan Waru), Lantai UG, US 23, No. 3 & 5 Surabaya.

Telepon : 031-33311179
Hp : Frans : 0818521172 / Burhan : 088217561006
Fast Resopon Email : groedu_inti@hotmail.com

Sumber Utama : http://bisnisukm.com/strategi-pemasaran-produk-bisnis-rumahan.html

Submit a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>